Ad Code

Nonton Film Ini Membuat Kalian Bertanya-tanya, Nomor 5 bikin Halu

Akhir-akhir ini aku lagi suka banget nonton film drama misteri yang mempunyai cerita penuh plot twist dan membuat kita menduga-duga sepanjang film. Biasanya lebih seru kalo nonton bareng dan memberikan teori masing-masing, di akhir film baru deh bisa diketahui teori siapa yang benar. Aku akan rekomendasikan beberapa film yang sudah aku tonton dan membuat dugaan aku sering meleset. Judul blog kali ini, dibuat seperti artikel click bait karena beneran yang Nomor 5, bikin aku galau jadi ikutan Halu 😂

Rekomendasi Film yang Membuat Kalian Bertanya-tanya

1. Gone Girl

.

Film ini menceritakan mengenai permasalahan rumah tangga yang berujung pada drama mencekam. Bisa dibilang ini definisi drama queen tingkat tinggi. Bagaimana seorang wanita yang obsesif dan memiliki cinta yang sebegitu dalam, bisa sebegitu mengancam dan membuat seorang pria tidak bisa berkutik lagi ketika kemarahan sudah menyelimuti jiwa. Kalau di film ini, kita sebagai penonton, lumayan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, tapi yang tidak habis pikir itu adalah kelakuan gila, impulsif, dan manipulatif dari wanita yang marah, kecewa, cinta, dan sekaligus berusaha untuk memperbaiki pernikahannya dengan cara yang ekstrim.

Nick Dunne, seorang mantan wartawan yang baru kehilangan pekerjaan, tinggal bersama istrinya dan memutuskan untuk kembali ke kampung halaman. Kehidupan yang sepi di pedesaan membuat sang istri sedikit frustasi karena tentu saja sangat berbeda dengan suasana di New York. Kehidupan terasa semakin tidak menyenangkan karena hubungan keduanya yg mulai retak, bahkan suaminya berselingkuh. Konflik diawali dengan hilangnya sang istri secara tiba-tiba, petunjuk yang ditemukan pihak kepolisian merujuk pada Nick Dunne sebagai dalang dari penyebab hilangnya sang istri. Kita akan menikmati alur cerita dari pandangan sang istri, dan keduanya di akhir film.

2. A Simple Favor

Pada kisah ini, kita disugukan kepribadian seorang wanita manipulatif nan licik, yang mungkin bisa saja ada di sekitar kehidupan kita. Awalnya, kita akan berpikir film ini menceritakan persahabatan dua wanita, yaitu Stephanie, seorang Food Vlogger dan Emily, seorang direktur humas disebuah perusahaan fashion. Mereka bertemu di sekolah, dimana anak mereka bersekolah disana. Ternyata, kedua anak mereka memang bersahabat sehingga mereka pun bersahabat karib dan saling membantu satu sama lain.

Suatu hari, Emily berkata pada Stephanie bahwa dia perlu menitipkan anaknya karena ada perjalanan bisnis keluar negeri. Stephanie pun dengan senang hati membantu Emily. Kecurigaan muncul, setelah Emily tidak kunjung kembali. Stephanie yang merupakan Vlogger meminta bantuan subscribers-nya untuk membantu mencari Emily. Tidak hanya itu, dia pun melakukan penyelidikannya sendiri berbekal dari apa yang dia ketahui tentang Emily. Fakta demi fakta akhirnya terungkap dan menunjukkan siapa Emily yang sebenarnya.

3. Shutter Island

Shutter Island adalah cerita mengenai eksperimen penyembuhan kesehatan jiwa dengan cara yang tidak biasa. Tokoh utama dalam film ini adalah Edward "Teddy" Daniels, seorang perwira U.S Marshal yang sedang menyelidiki fasilitas psikiatri bernama Shutter Island karena salah satu pasien, Rachel Solando menghilang. Solando berada di fasilitas tersebut dikarenakan mengenggelamkan ketiga anaknya hingga meninggal. Teddy menyelidiki kasus ini bersama rekan barunya, Chuck Aule. Mereka tiba di Shutter Island tepat sebelum badai menyerang yang menyebabkan mereka harus bertahan disana selama beberapa hari.

Ketika melakukan penyelidikan, Teddy merasa bahwa staff disana kurang kooperatif untuk membantu penyelidikannya. Sementara itu, Teddy mulai merasakan keanehan. Dia sering merasakan pusing dan mendapatkan mimpi-mimpi yang cukup mengganggu. Salah seorang pasien memberikan peringatan untuk segara keluar dari pulau itu, tetapi Teddy yang penasaran sekaligus ingin menyelesaikan tugasnya, tetap berusaha menemukan Rachel Solando. Semakin lama, kebenaran semakin terkuak, kenyataan seperti ilusi, ilusi seperti kenyataan. Film ini cukup mencekam dan membuat kita bimbang ketika menontonnya, sungguh worth it untuk dinikmati dan dikejutkan dengan akhir ceritanya.

4. Prisoners

Film ini menceritakan perjuangan seorang Ayah dalam mencari anaknya yang hilang. Berawal dari gathering antar tetangga yang bersahabat. masing-masing keluarga tersebut memiliki seorang gadis kecil yang tentunya saling bersahabat pula, mereka bernama Anna & Joy. Anna mengajak Joy untuk bermain ke rumahnya untuk mencari pluit merah kesayangannya. Mereka pun meminta ijin ke orangtuanya dan orangtuanya menyuruh untuk mengajak kakak mereka. Beberapa jam telah berlalu, tetapi kedua anak itu tidak kembali dan tidak ditemukan dimana pun. Ternyata mereka tidak mengajak kakak mereka ketika Anna ingin pulang ke rumah.

Para orangtua ini pun akhirnya lapor ke polisi. Ayah Anna mencurigai pria yang ada di dalam Van yang terparkir di depan rumah mereka, dia mengaku bernama Alex. Polisi melakukan wawancara dengan Alex dan Alex tampak seperti pria dewasa dengan pikiran seperti anak kecil sehingga membuat para polisi merasa Alex tidak akan bisa menyakiti kedua gadis kecil tersebut, walaupun begitu Alex tetap dikurung di penjara. Detektif yang bertugas memberi tahu ayah Anna terkait hasil wawancara tersebut, tentu saja Ayah Anna tetap yakin bahwa Alex mengetahui sesuatu dan meminta detektif untuk tidak membebaskan Alex. Setelah 2 hari, tersiar kabar bahwa Alex dilepaskan, ternyata yang melepaskan adalah kepala polisi setempat. Hal itu, membuat ayah Anna marah, dia pun pergi ke kantor polisi dan sempat bertatap muka dengan Alex yang ditemani oleh tantenya ketika keluar dari penjara. Alex mengatakan sesuatu yang membuat ayah Anna semakin curiga. Polisi mengatakan bahwa Alex menderita kelainan otak dan informasi itu diberikan dan dikonfirmasi oleh tantenya Alex yang selama ini merawat Alex. Berhubung detektif tidak bisa berbuat apa-apa untuk memasukkan Alex kembali ke penjara, ayah Anna pun memakai intuisinya untuk menyekap Alex hingga dia memberikan informasi terkait keberadaan para gadis kecil itu. Siapakah yang akan mengetahui kebenarannya terlebih dahulu? Itu yang akan menjadi perjalanan dalam film ini. Acting yang epic membuat film ini terasa mencekam dan terasa putus asa. Film ini, memiliki dark ending yang sedikit ambigu, walau diberikan secercah harapan agar menjadi good ending di otak para penonton.

5. Fractured

Fractured adalah film yang menggoyahkan ketetapan pikiran kalian akan kebenaran cerita. Awalnya, aku yakin banget bahwa si cowok ini halu, tapi sepanjang film aku jadi merasa "eh, ini beneran ya atau khayalan ya" dan kita dibuat terombang-ambing hingga akhir cerita.

Cerita diawali perjalanan sebuah keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu, dan seorang anak perempuan menuju ke rumah kakeknya. Kita akan diperlihatkan percakapan yang menunjukkan bahwa sang Ayah tidak begitu diterima oleh sang Kakek. Hubungan antara kedua suami istri itu juga terlihat tidak harmonis dan canggung. Lalu, mereka berhenti sejenak di dekat area konstruksi untuk mencari barang anaknya yang hilang. Ketika sang Ayah sibuk mencari dan Ibu pergi sebentar untuk keperluan lain, anak perempuan mereka berhadapan dengan seorang anjing yg terlihat mengancam. Sang Ayah berusaha menyelamatkan, tetapi keduanya terjatuh dari ketinggian 3-4 meter. Ada sebuah scene dimana sang Istri marah ke suaminya setelah itu lalu istrinya terjatuh, tetapi beberapa saat kemudian scene berubah menjadi sang Istri yang tidak marah dan berusaha menyelamatkan anaknya yang patah tulang. Mereka pun menancapkan gas untuk menuju ke rumah sakit terdekat.

Ketika di rumah sakit, kita disugukan dengan pelayanan yang aneh, dimana sang Ayah berusaha mendaftarkan anaknya yang ingin mendapatkan perawatan, tetapi perawatnya justru menanyakan tentang data pribadi dan riwayat penyakit sang Ayah, bahkan menanyakan soal donor organ. Waktu berlalu, akhirnya sang Anak mendapatkan perawatan dan dibutuhkan rotgen untuk tangannya, anak itu pun diajak ke ruang rotgen ditemani oleh ibunya. Sang Ayah menunggu di Lobby untuk waktu yang  lama, merasa ada sesuatu yang tidak beres dan sepertinya rumah sakit menghilangkan astri dan anaknya. Kita akan disugukan pemainan psikologis dari sutradara yang membuat kalian bisa main tebak-tebakan dengan partner nonton kalian sepanjang film berlangsung.

6. The Invisible Guest

Film ini menceritakan bagaimana kasih sayang orangtua mampu mengungkapkan kebenaran yang terjadi atas pembunuhan anak mereka. Seorang pria muda kaya dan sukses bernama Adrian Doria, tertuduh dalam pembunuhan seorang wanita bernama Laura, hubungan keduanya adalah sepasang kekasih. Berhubung Adrian sudah memiliki keluarganya sendiri maka bisa dibilang hubungan keduanya adalah hubungan terlarang alias perselingkuhan. Laura ditemukan terbunuh di kamar hotel yang tertutup rapat, kejadian ini pun menjadi masalah besar dalam kehidupan Adrian yang sudah nyaris sempurna. Para saksi mengatakan bahwa tidak ada orang lain yang keluar dari kamar tersebut setelah Laura terbunuh, membuat Adrian yang berada di TKP menjadi tersangka utama.

Adrian yang menyatakan diri tidak bersalah, meminta bantuan pada pengacara handal, Felix, yang merekrut seorang ahli untuk witness preparation, Virginia Goodman, untuk mempersiapkan Adrian pada sidang yang akan di gelar. Sesi persiapan yang Adrian pikir akan berjalan santuy dan lancar, justru mengungkap fakta baru satu per satu yang selama ini disembunyikan atau bahkan diubah demi keselamatan Adrian. Awal dari scene film ini adalah kedatangan Virginia Goodman ke apartemen Adrian untuk memulai sesi persiapan. Adrian menceritakan kronologi seperti yang sudah dia rencanakan, tetapi Virginia dengan lihai melakukan counter dan membuat banyak kemungkinan yang terjadi hingga akhirnya Adrian pun mengungkap kebenaran kronologi yang sebenarnya terjadi. Setiap kronologi yang diungkapkan akan digambarkan dalam scene by scene agar kita sebagai penonton bisa ikut berpikir, kronologi manakah yang sebenarnya terjadi? Akhir dari film ini memiliki plot twist yang hampir tidak terpikir oleh kita, para penonton.

7. The Weekend Away

Film ini menceritakan mengenai persahabatan, pernikahan, kepercayaan, dan kepekaan hati. Berawal dari seorang wanita bernama Beth yang melakukan perjalanan liburan selama akhir pekan ke Kroasia untuk menemui sahabatnya yang baru saja bercerai, yaitu Kate. Beth sudah  memiliki suami dan anak, kita ditunjukkan dengan beberapa adegan video call. Dari scene video call tersebut ada pandangan yang membuat kita berpikir bahwa suami Beth tidak menyukai Kate karena Kate dianggap sahabat yang egois dan manipulatif. Bisa dibilang kedua sahabat ini memiliki kepribadian yang cukup berbeda, Beth yang seperti wanita baik-baik dan Kate yang terkesan liar.

Liburan pun di mulai, mereka menyewa kamar dari airbnb dan hire supir taksi untuk mengantarkan mereka. Mereka makan malam bersama dan diakhiri dengan clubbing, tentu saja Kate yang memaksa. Di dalam club mereka berkenalan dengan dua orang pria dan lebih parahnya dibawa pulang sama Kate. Beth tidak sadar setelah minum satu gelas alkohol, tidak mengetahui bahwa sahabatnya itu membuat dua pria asing ke kamar mereka. Ketika Beth terbangun, Kate hilang. Beth ke kantor polisi untuk melaporkan orang hilang, tetapi tidak ditanggapi serius karena belum 24 jam. Akhirnya, karena dia tidak mengenal siapapun, Beth pun menghubungi supir taksi yang mereka hire sebelumnya untuk membantu pencarian. Pencarian dan pengejaran pun dilakukan hingga akhirnya Kate ditemukan meninggal, Beth yang awalnya kehilangan teman sekarang dipojokkan sebagai tersangka. Kita akan ikut terbawa untuk menebak siapa yang sebenarnya membunuh Kate karena beberapa orang diantara mereka memang mempunyai motif yang cukup kuat. Film ini cukup seru dan mempunyai plot twist di akhir film.

Well, itu dia rekomendasi film yang akan membuat kalian bertanya-tanya selama menonton. Sebenarnya untuk film misteri sejenis yang bagus masih banyak lagi, kayak Knives Out, Sherlock Holmes, atau Hercule Poirot, tapi film-film itu lebih memperlihatkan kacamata detektifnya karena mereka yang berhasil memecah kebenarannya, sedangkan kalo film yang aku rekomendasi ini yang lebih menonjol pandangan dari sisi korban atau pelaku yang mengungkap apa yang terjadi sebenarnya. Ada film yang bikin kalian ikutan halu? Yuk, sharing di kolom komentar! 😉

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Wah, menarik banget nih. Mungkin bisa coba nonton film terbarunya Hercule Poirot, lebih seru dari yang pertama.

    BalasHapus
  2. ihhh massss pinter banget mas bikin ulasan-ulasan beginiann. bikin jadi pengen nonton. padahal aku ga suka holywood. aku suka genre mistery thriller tapi yang Drakor. ini jadi beneran pengen nonton deh. ada di netflix kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ah bisa aja kak haha, jadi happy nih kalo bikin pengen nntn ekeke. Sejauh aku cek sih, ada semua kak kecuali Prisoners. Gasken nonton kak!
      Aku juga suka film Korea kakk, boleh share rekomendasinya disini kak hehehe

      Hapus
  3. Paling gak nyangka sich nonton The Simple Favor, awalnya dikira kisah drama biasa doank, ehhh ternyata, sukaa bangeddd Blake Lively disiniii 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa kak, aku pikir drama komedi atau apa ya ternyata kok semi thriller gini dan seru bgt yaa hahaha

      Hapus
  4. saya juga ingin bertanya juga ni kak, kok saya baru tau kalau ada film sekeren ini, waah saya harus menontonnya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gas kan mas, ada di Netflix semua ituu kecuali Prisoners, hehehe

      Hapus
  5. Bawaanya jadi mrengut gak sih?saya lebih prefer yang ringan ringan saja sih ceritanya, komedi, atau keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe masalah selera aja sih mas. Kalo aku sendiri tergantung mood aja, lagi mau mikir atau lagi mau santuy. Kalo suka film keluarga dan suka main game boleh coba nonton Brave Father Online, menarik bgt filmnya.

      Hapus
  6. Blm pernah nnton satu pun,, tpi pengen juga stelelah baca review ini hehe

    BalasHapus
  7. The Invisible Guest itu paling diingat sih kak karena filmnya susah di tebak, jadi waktu nonton itu suka mengira-ngira ending gimana. memang film yang disutradarai oleh Oriol Paulo itu rata-rata menarik.

    BalasHapus
  8. Ini film mystery semua ya kayanya. Hehehe.. aku belum nonton semua sih, auto cari filmnya.. 😊

    BalasHapus
  9. Cocok nih buat temen weekend..

    BalasHapus
  10. Wah, boleh dicoba ni nontonya. Film2 di atas ada di disney hotstar y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan di Netflix kak.. Kadang kalo ga Nemu aku suka google aja sih "streaming sub indo" hehehe

      Hapus
  11. Thanks kak infonya. Bisa jadi list film berikutnya nih

    BalasHapus
  12. Wah kok belum saya tonton semua, saya kemana saja yaa.. terima kasih infonya yaa

    BalasHapus
  13. gone girl, invisible guest, shutter island, pecah. bikin kepala bekerja keras hehe

    BalasHapus
  14. Wah aku juga udah nonton beberapa judul di atas nih mbak, emang keren banget

    BalasHapus
  15. Wahhh.. Kerennn.. Bisa kujadiin daftar film kuuu.. Soalnya susah banget nyari referensi dari orang orang.. Eh nemu ini dan menarik semua... Makasi kakk atas sharingnyty

    BalasHapus

Ad Code