Ad Code

[REVIEW] Benzolac CL, Kecil tapi Ampuh Mengusir Jerawat Membandel

Hello guys, kalian pernah bermasalah sama jerawat hormon? Itu adalah makanan aku sehari-hari, sedihnya. Umur aku makin bertambah tapi hormon aku berasa gak habis-habis. Masalah jerawat sering on off, kelamaan menyisakan jerawat dagu yg selalu muncul setiap bulan hingga bulan kemarin yang awalnya jerawat Cystic cuma 1 tiba-tiba beranak jadi 5 dalam jangka waktu beberapa hari. Serius, rasanya cenat cenut banget!
Aku coba cure obat jerawat yg  biasa aku pake dari skingame, tapi untuk jerawat yg super besar, yang berasa mau meledak, dan selalu tumbuh berulang kali di tempat yg sama tidak seberapa ngefek. Semacam penyembuhan sama kemunculan jerawat baru, lebih cepat kemunculannya. 


Saat, teman dekat aku mulai berkomentar 'Kayaknya kamu perlu ke dokter deh' tapi aku malas, akhirnya aku mencoba obat jerawat apotek saja. Pilihan aku jatuh ke Benzolac-CL karena dia ada kandungan antibiotik dan digunakan untuk jerawat parah.

Apa itu Jerawat Kistik (Cystic Acne)?

Prolog sebelumnya aku mention soal jerawat cystic yang melanda wajahku kemarin. Mungkin kalo bukan pengamat jerawat, kalian akan berpikir, "Memang ada berapa tipe jerawat?". Bisa aku bilang Cystic acne itu jerawat yg paling parah.

Jerawat kistik atau cystic acne adalah jenis jerawat yang terbentuk dari penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati di jaringan kulit paling dalam, bahkan jauh di dalam folikel rambut. Peradangan yang terjadi pada jaringan kulit dalam ini menyebabkan terbentuknya benjolan besar. Jerawat yang membesar juga dapat dipengaruhi oleh infeksi bakteri yang ada di lapisan teratas kulit. Kondisi inilah yang membuat jerawat terlihat besar memerah, hingga bernanah. Nah, jika jerawat batu dibiarkan tanpa pengobatan yang benar, peradangan pada jaringan kulit bisa menyebabkan pori-pori pecah sehingga terus menyebar ke jaringan kulit sekitarnya. (Source: sehatq.com)

Jerawat Cystic memiliki kemiripan dengan Jerawat Nodule, perbedaannya jerawat nodul membesar tapi tidak memiliki cairan atau nanah yg muncul kepermukaan jadi bentuknya firm kalo kita pegang dan tingkat nyerinya itu menurut aku pribadi masih dibawahnya Cystic. Jerawat Nodule relatif tidak menyebar seperti Jerawat Cystic tapi bisa bertahan hingga bulanan di kulit dan menurut aku sih jangan di pencet ya, sabar aja nunggu kempes. Aku juga pernah kena jerawat Nodule dan memang lama banget berbulan-bulan tapi akhirnya kempes juga, sambil aku olesin obat jerawat dari skingame. Kesamaan dari dua jerawat ini, kemungkinan besar dipengaruhi oleh hormen Androgen, sepertinya harus mulai diet untuk mengontrol hormon ya, wkwk.

Kalian udah terbayangkan betapa parahnya jerawat yang melanda dagu aku. Oh iya, aku kasih aja fotonya, jangan jadi jijik ya kak. Itu kalo di zoom, bagian dagu jendol semua, lalu yang tadinya jendol kecil jadi jendol raksasa dan sakit banget, euy.

Kenapa memilih Benzolac-CL?

Aku melakukan google terkait obat yang cocok untuk jerawat cystic. Ada beberapa rekomendasi, seperti Benzoil Peroksida, Antibiotik, Retinoid, Isotretinoin, Spirololactone, dan Steroid. Kalo dilihat itu kebanyakan obat keras, yang paling ringan dan relatif aman di kacamata aku adalah Benzoil Peroksida. Nah, kita googling merk apa yang paling gampang ditemukan dengan komposisinya adalah Benzoil Peroksida, produk itu adalah Benzolac.
Benzolac punya beberapa jenis produk, yaitu benzolac 2½, benzolac 5, dan benzolac CL. Sejauh yang aku baca, benzolac 2½ dan 5 digunakan untuk jerawat ringan hingga sedang, sedangkan untuk Benzolac CL yang memiliki kandungan antibiotik Clindamycin digunakan untuk jerawat parah. Berhubung jerawat aku udah jalan lebih dari seminggu dan belum ada tanda kesembuhan karena selalu tumbuh di tempat yang sama, aku memutuskan untuk menggunakan Benzolac CL.

Cara kerja Benzolac CL

Clindamycin topical bekerja dengan menekan pertumbuhan Proplonibacterium acnes. Benzoil Peroksida bekerja sebagai anti bakteri pada acne vulgaris. Benzoil Peroksida mempunyai efek pengelupasan kulit.

Cara Pemakaian

Oleskan tipis 1-2 kali sehari pada area yang berjerawat. Aku pake setelah moisturizer sebelum menggunakan sunblock. Kalian oleskan bener-bener super tipis aja ya. Aku pernah sih pake obat ini lalu tetap pake make up, so far ga ada masalah. Obat ini khusus dewasa atau at least di atas 12 tahun (tapi better not deh menurut aku).
Kalo liat dari interaksi obat, ada beberapa kandungan obat jerawat lain yg kontradiktif dengan obat ini, misal salycilic acid atau sulfur, jadi kalian perlu perhatikan kandungan skincare lain yang lagi kalian pakai ya.

Review Benzolac CL pada Jerawat Kistik

Sebelum aku beli produk ini, tentu saja aku udah google review lainnya. Kebanyakan bilang kalo ini ampuh tapi meninggalkan bekas jerawat hitam dan mengelupas parah.
Aku waktu pertama mencoba obat ini, rasa dagu aku lagi cenat cenut banget sama 4 jerawat yg lg berkembang kayak roti di panggang. Berhubung pada bilang kalo mengelupas parah, aku mengoleskannya beneran tipis banget. Kalo pagi, aku tunggu dia meresap baru aku timpa sama sunblock.
Obat ini memiliki tekstur seperti salep tapi sangat ringan dan cepat meresap ke kulit, baunya juga tidak menyengat yang menggangu gitu. Cukup nyaman dipakai sih menurut aku.

Dalam waktu kurang dari seminggu, jerawat aku udah kempes semua, tentu dengan bekas jerawat ya, tp sungguh wajar karena sebelumnya jerawat aku udah on off dan udah meledak beberapa kali. Kmrn juga ada tumbuh satu jerawat pustule deket hidung, aku olesin obatnya dan lama-lama mengering dalam waktu 2 hari. Menurut aku, obat ini ampuh banget buat jerawat sejenis yang aku alami, hanya saja dari yang aku baca obat ini tidak untuk digunakan secara jangka panjang. Jadi, aku akan mencoba merawat kulit lebih rajin lagi supaya ga perlu pake Benzolac CL lagi dan lagi, semangat! 😂

Itu dia foto before afternya, untuk bagian after jerawat aku udah kempes semua jadi tinggal hilangkan bekas jerawat aja. 
Jadi menurut aku pribadi, Benzolac  CL ini worth it banget karena harganya yg ga terlalu mahal tapi efek yg didapatkan untuk aku lumayan signifikan. Btw, harganya sekitar 30-40k ya, tergantung kalian beli dimana. Obat ini juga gampang banget di cari, walau better kalo kalian belinya setelah konsultasi ke dokter. (Berhubung mama aku dokter jadi aku sempet nanya Beliau dulu sih sekilas sebelum beli)
Kalian ada pengalaman soal jerawat? Boleh share di kolom komentar yaa!

Posting Komentar

18 Komentar

  1. waah kelihatan perubahannya, terimakasih rekomendasinya kak, saya juga mengalami jerawatan berkat ini boleh ni dicoba makasih ya kak

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah pakek benzoil peroxide, ini lagi pakek haum BHA. Next saya coba juga deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo BHA kayaknya bagus buat perawatan kak. Slow but sure gitu. Kalo ini lebih kayak buat cure gitu sih sepertinyaa

      Hapus
  3. Kayaknya masalah kita sama kak. Jerawat hormon yang terus-menerus muncul padahal baru sembuh eh...muncul yang baru lagi. Padahal udah menginjak kepala dua. Ampe kesel kadanga mau pake produk yg mana buat nyembuhin. Anw, thanks for reviewing this product.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa galau banget.. Ternyata kudu pake obat buat jerawat parah baru calming lagi dagu aku huhu

      Hapus
  4. Aku belom pernah coba benzolac ini sih. Tapi keliatan yaa kak perubahannya. Bisa jadi referensi saya kedepannya. Thanks yaa sudah sharing

    BalasHapus
  5. Wah keliatan banget bedanya ya. Bisa buat dicoba nih

    BalasHapus
  6. kalo untuk ibu hamil bisa gak ini kak ? aman gak ? untuk direkomendasi ke istri soalnya nyari obat jerawat dari kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, kalo menurut aku jangan deh soalnya itu lumayan keras obatnya. Kalo ibu hamil better konsultasi ke dokter kak, supaya baby aman jugaa.

      Hapus
  7. Untuk pemakaian seminggu perubahannya sudah segitu, boleh juga di pertimbangkan jika nanti ada jerawat yang bandel kak. tapi alhamdullilah dan semoga jangan deh ada jerawat Cystic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, aku juga ga expect kak. Tapi ikhtiar aja saking udah cenat cenut, ternyataaa works!

      Hapus
  8. Ini mas-mas seperti saya apakah bisa? kalau bisa, manteb bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, skincare kan ga mengenal gender aslinyaaa, hehe

      Hapus
  9. saya sangat gelisah dengan adanya jerawat yang membuat saya tidak nyaman ketika bertemu sahabat sahabat. kayaknya produk ini sangat cocok untuk saya coba. makasih kak info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, jerawat kadang bikin insecure ya pak.. Boleh dicoba kalo ada jerawat serupa, hehe

      Hapus
  10. Saya pernah dpt rekomendasi benzolac dari adek saya, memang ampuh..

    BalasHapus
  11. Aq jg pernah jerawat cystic, mana terus2an numpuk disitu jerawatnya, jadilah bopeng, huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan kak, emosi ga sembuh2 memang harus pake obat jerawat yang agak ekstrim hahaha

      Hapus

Ad Code