Hawai Waterpark Malang

August 05, 2015

Pada suatu siang, salah satu temen aku berniat memberikan treatment sehari untuk merayakan hasil penjualan bulan ramadhan kemarin. Akhirnya diputuskan untuk mencoba Hawaii Waterpark Malang yang ada di daerah karangploso. Ini wahana terbaru dan klaim mereka sih 'terbesar' di Indonesia (nantinya). Kenapa judulnya Hawai? Karena temanya memang berbau hawai gitu ceritanya. Untuk alamat lebih lengkapnya silakan lihat di peta ya!



Hawai Waterpark Malang (kita singkat jadi 'hwm' aja ya shay) beroperasi dari pukul 10.00 WIB - 17.00 WIB. Berhubung wahananya masih belum lengkap dan kayaknya memang masih banyak tanah kosong di sekitar wilayah hwm, jadi lah harganya masih harga promo, yaitu Rp 50.000. Well, walaupun wahananya sedikit tapi ternyata banyak juga loh kalo misal kalian mau cobain semua.
Keliatannya harganya murah ya? Tapi kalian tetep harus bawa uang lumayan banyak. Kenapa? Karena setiap kali kalian menyewa sesuatu ada yang namanya 'deposit'. Ribet banget ya pake desposit segala, ini karena mereka menggunakan gelang berisi chip yang digunakan sebagai tiket masuk, membeli, dan menyewa segala hal yang ada di dalam hwm. Walau begitu, misal kalian bertiga, gelang chip itu cuma dikasih satu aja, jadi deposit untuk gelang chip hanya bayar 1x.

Rincian tarif yang kemarin aku pake:
Tiket Masuk 50.000
Deposit Gelang 40.000
Sewa Loker (biasa) 15.000
Sewa Loker (keluarga) 20.000 atau 25.000 (maap lupa)
Sewa Baju Renang 15.000
Sewa Handuk 10.000
Deposit loker 60.000
Sewa Ban (double) 20.000
Sewa Ban (single) 10.000
Deposit Ban 20.000


Jadi setelah parkir, kita menuju ke lobby utama dimana kita harus membeli tiket. Nantinya kalian di berikan gelang yang sudah ada chip di dalamnya (satu rombongan satu gelang). Untuk memasuki kawasan wahana, kalian tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar (harus beli dari stand-stand yang ada di dalam). Untuk menyewa dan membeli, kalian diharuskan untuk mengisi uang di dalam gelang (top up). Top up bisa dilakukan di setiap tempat tujuan sewa dan beli. Misal, sewa loker, nanti disamping counter sewa loker ada counter top up, begitu pula dengan yang lainnya. Aku saranin sih, kalian mending top up yang banyak deh sekalian supaya gak perlu lagi bawa-bawa uang disekitar kolam. Kalau pun sisa, nanti bisa dikembalikan di counter redeem di lobby utama.

Hawai Waterpark Malang Map

Setelah kita berhasil masuk ke tempat wahana. Kita pun menuju ke loker (kalo dari lobby utama, lurus dikit trus belok kiri). Ada 2 counter, seperti yang udah dijelaskan, yaitu counter penyewaan dan counter top up. Counter penyewaan disini tidak hanya menyewakan loker, tapi ada juga baju renang dan handuk (dengan deposit yang berbeda-beda). Entah kenapa, deposit loker mahal banget 60k (apakah harga kunci semahal itu ya, hahaha). Waktu itu aku pergi bertiga dan hanya menyewa 1 loker yang biasa (sangat nge-pas banget isinya, tapi sendal/sepatu udah masuk semua kok). Kekurangannya disini adalah ANTRI. Mungkin antrinya ada kali 10 menitan hanya untuk sewa loker. Yah, agak maklum sih karena masih baru, counter sewa cuma satu dan belum jadi semua juga. Lucunya, walau udah pake chip masih aja ada bon hasil kita sewa. 1) Buang-buang kertas 2) Gak penting (pasti bakal dibuang juga). Kalau mau mending sekalian kayak yang di timezone/amazone/dsb tinggal taro langsung keliatan deh saldonya. Nah, yang lebih lucu lagi, itu bon diminta pas kita mau balikin (apapun itu, loker, ban, dsbnya) tapi gak wajib kok, kalian ilangin juga gapapa cuma buat di jepret pake strepless dengan bon pengembalian. 

Well, akhirnya urusan loker selesai kita pun menuju wahana permainan. Awalnya sih kesannya dikit. Jadi hanya ada 4 bagian utama dari wahana yang ada. 1) Water Zone 2) Hawai Water House 3) Rainbow Fall 4) Ekolu Slide. Hanya saja, setiap bagian memiliki lebih dari satu permainan.
Water Zone. Ini adalah zona dimana kalian berniat untuk bersantai dan juga ada yang khusus untuk anak-anak. Ada beberapa bagian di disini, yaitu water plaza, wakiki beach, mavi island, dan waimea stream river (kolam arus). Well, mari kita jelaskan satu per satu. Water plaza itu berapa di depannya hawai water house, itu tuh semacam air mancur gitu banyak gitu. Wakiki beach adalah tempat dimana kita berenang-berenang biasa kayak di kolam renang. Mavi island ini adalah tempat khusus anak-anak, kayaknya ada mainannya sedikit dan tempatnya bersebelahan dengan Wakiki beach. Waimea Stream River adalah kolam arus yang biasa kita temuin di berbagai waterpark, tapi ini lumayan seru sih kolam arusnya (aslinya biasa aja kayaknya, tapi agak-agak berkhayal di sungai beneran), ombaknya lumayan besar (pas kelar aku pusing juga setelah dua kali muter, akibat sok berenang di ombak), ada goa yang ada suara-suara misterius tapi gak serem dan yang jelas semprotan air yang keras tapi bikin seru sih, serasa di goa apalah. Sangat disarankan (hampir wajib) untuk menggunakan ban di kolam arus ini, kalo berenang fix you'll getting dizzy lah!

Ini Wakiki Beach, nah sebelahnya itu adalah Mavi Island
Kolam Arus

Hawai Water House. Ini adalah wahana yang terdiri dari banyak hal, slide, tembakan air, gentong-gentong air, dsbnya. Untuk slider di wahana ini aja ada banyak banget! Paling rekomen tentu yang paling tinggi, warna ijo dan kuning. Bedanya kalo kuning terbuka semua, kalo ijo tertutup semua.

Water House (Maaf gelap udah sore xD)

Rainbow Fall. Ini wahana lumayan seru sih, pas aku naik teriaknya dari atas sampe kelar (lebay sih). Soalnya waktu pertama kali tuh gak kebayang kalo segitunya. Jadi ada lintasan yang tertutup dan terbuka, nah bagian 'agak estrim' ada di dua-duanya sih, pokoknya bagian yang turunnya derajatnya kacau deh (tapi ada yang lebih kacau lagi daripada ini). Asiknya ini terdiri dari 6 slide, jadi kalian bisa barengan tuh kalo lagi rame-rame kesananya.

Rainbow Fall, Yipi!

Ekolu Slide. Ini terdiri dari 4 jenis wahana (yang aku gak tau namanya apa aja). Pertama adalah wahana dengan slide warna warni dan terdiri dari 3 slide. Ini semacam berayun-ayun gitu kali ya, pokoknya tahapan ekstrimnya nyicil deh tapi seru kok. Kedua adalah wahana super ekstrim (menurut aku), ini serasa jatoh aja gitu, slidenya warna hijau dan fix cepet banget nyampe di bawah tapi serasa bunuh diri (hahaha!). Ketiga adalah slide warna putih pink yang puterannya banyak banget, bentuknya spiral gitu tapi lumayan sih, tapi agak lambat dibandingkan yang lain-lain. Keempat adalah wahana yang menggunakan ban (bisa single maupun double) dengan slide warna putih biru. Wahana ini rasanya sama seperti wahana di waterboom atau tempat lain yang menggunakan ban, rasanya cuma lumayan seru aja dan bisa menikmati berdua di ban.

Ekolu Slide Tampak Samping
Ekolu Slide Tampak Depan

Ada juga sebenernya kolam ombak tapi belum jadi alias masih tahap percobaan. Udah gitu kayaknya sih aliran listriknya belum seimbang soalnya generatornya masih suka ngambek (tiba-tiba mati lampu). Namanya juga masih pre-launching, jadi ya di nikmati saja yang ada ya, hihi.

Tsunami (Sekarang udah jadi)

Untuk kalian yang gampang lapar, di setiap sudut ada yang jual makanan (seperti pop mie, siomay, dan sebagainya) dan juga minuman, baik dingin maupun hangat. Bayarnya ya pake gelang kalian yang sudah di top up itu. Tempatnya sampah juga ada sih kalau kalian mencari, jadi jangan buang sampah sembarangan ya! Di depan juga ada foodcourt tapi masih sedikit banget (gak melihat lebih dekat juga sih).

Kalau kalian sudah selesai main, segera kembalikan ban yang kalian sewa ke tempat semula supaya uang deposit kalian kembali lagi. Nah, setelah itu baru kalian boleh menuju loker, mandi, dsbnya. Untuk tempat mandinya, aku rasa sih agak kurang ya mengingat ini masih pre-launching dan belum begitu banyak yang dateng, udah rame waktu mau pulang kudu ngantri kurang lebih 20 menit (pas udah jam mau tutup sih). Semua pasti bakal pulang di akhir-akhir jam tutup kan, nah jadi lah antrian yang lumayan panjang. Jadi ada 2 tipe, yaitu shower dan wc. Sayangnya, kok kayaknya gak ada tempat ganti baju biasa ya (soalnya tadi pas aku ganti baju tuh di wc gitu) atau aku yang gak liat kali ya. Setelah selesai mandi, jangan lupa kembalikan kunci loker, nanti di kasih bon. Nah, karena ini adalah bon terakhir lebih baik disimpan untuk dikembalikan di lobby utama (sebagai bukti aja sih dan verifikasi jumlah pengembalian, gak wajib di simpan kok). Jangan lupa siapin uang parkir sebelum keluar, hihihi.

Total Biaya Bertiga:
Tiket masuk: 150.000
Sewa ban: 20.000
Sewa loker: 15.000
Pop mie dan minum: sekitar 25.000
Deposit: 40.000+20.000+60.000
Total pengeluaran: 220.000
Total uang yang harus dibayarkan: 340.000 (sisanya dikembalikan kok)

Kritik dan Saran.
1. Bangunan pasti akan diperbaiki lebih lanjut.
2. Generator dan aliran listrik pasti juga akan diperbaiki lebih lanjut.
3. Counter loker minimal 2 (melihat dari antrian yang ada).
4. Tidak perlu menggunakan bon (hemat kertas), cukup gunakan scanner yang kayak di timezone itu  (gak perlu banyak juga kok).
5. Ruang ganti kering sebaiknya diadakan.
6. Segala peraturan dituliskan di papan besar.

Ini dia gelang senilai deposit 40.000
*untuk uang deposit yang bejibun itu menurut aku masih gapapa sih, toh juga akan dikembalikan.

Tips.
1. Jangan membawa makanan dan minuman dari luar (daripada disita dan ditaruh luar).
2. Gunakan pakaian renang (karena di wahana tertentu tidak boleh pake kaos).
3. Siapkan uang yang agak lebih (jangan hanya membawa Rp 50.000)
4. Bawa kamera dengan casing anti air kalau mau foto-foto.
5. Budayakan ANTRI!

Penilaian.
Overall, ini lumayan sih secara di Malang belum ada juga yang seru-seru gitu. Cuma kekurangannya ya dibagian manajerial aja, soal antrian dan hal-hal yang 'agak kurang penting'. Belum ada papan peraturan yang bisa di baca oleh orang-orang. Bagian counter (terutama loker) jadi lambat soalnya banyak banget pengunjung yang bertanya-tanya, mendingan kasih customer care buat urusan nanya-nanya, jadi di depan counter tinggal transaksi aja (minimal papan peraturan deh, wajib banget itu). But, i'm sure that it will be a great waterpark. Fyi, insinyur-nya dari jepang dan kayaknya sih pake konsultan dosen teknik brawijaya, soalnya ada wajah-wajah familiar waktu kesana. Untuk permainan dan perkiraan perancangannya cukup bagus kok. Oh iya yang perlu di apresiasi adalah mba dan mas-nya tuh ramah-ramah walau banyak banget orang yang nanya soal peraturan dsb, mereka tetep aja menjelaskan berulang-ulang dan yang pasti tersenyum ya. Kalau melihat yang kemarin sih, penilaiannya masih berada di 2.7/5, tapi untuk ukuran soft-opening, keliatannya niat, dan satu-satunya di Malang (untuk hiburan sejenis), 3.2/5 kali ya...

Ayo Kemari!

*Entah liat dimana kemrin tapi kayaknya bakal ada wahana yang rafting gitu bisa naik turun, dsbnya (wajib pake ban yang dua orang), harus nyoba lah kalo beneran udah ada.

Update!
Mulai 11 agustus 2015 ada perubahan harga tiket:
Weekday Rp 75.000
Weekend, High Season (Musim Liburan) & Tanggal Merah Rp 100.000

Ada yang pernah kesini atau punya update terbaru atau ada kesalahan ditulisan ini? Komen yuk hihi.



Hawai Waterpark Malang
Website: https://www.hawaiwaterpark.com/
Aplikasi: android & iOS



Sumber: untuk gambar ada dari pribadi dan google (soalnya gak banyak foto).

8 comments:

  1. Maaf mba itu ada yg salah dgn bacaannya :) thanks

    ReplyDelete
  2. Kalo yg laki laki GK boleh pakek kaos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa semuanya harus pake baju renang ya disana. Kalo mau ga telanjang dada, harus pake baju yg bahannya dari baju renang itu sih..

      Delete
  3. nice info buat aku orang jakarta yg mau kesana hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah have fun yaaa. Boleh kalo mau share update-nya gimana sekarang disana hehehe.

      Makasih udah baca ya sis :)

      Delete
  4. Awalnya punya persepsi bahwa ini cuman kolam renang biasa, wahana air biasa. Ternyata ada gelombang 3 meternya alias Tsunami! Keren abis, soalnya baru kali ini ada wahana seperti itu di daerah Jawa Timur. Rombongan saya juga sangat puas dengan pelayanan dari officer Hawai Waterpark Malang. Top Markotop lah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tsunami udah jadi yaaa. mantab kalo memuaskan! makasih yaaa info-nyaa :)

      Delete

Powered by Blogger.