Sulitnya Menyembuhkan Jerawat

October 01, 2015
Bermasalah dengan jerawat? Ya! Saya juga bahkan sampai sekarang masih hanya saja sudah bisa dijinakkan walau belum sepenuhnya hilang. Jerawat itu ada beberapa macam, mulai dari blackhead, whitehead, papula (benjolan merah), pustula (benjolan merah dengan titik putih diatasnya), jerawat batu (cystic acne), rosacea, dsb. Well, yang nempel di muka aku adalah jerawat biasa (papula & pustula), komedo (blackhead & whitehead), dan jerawat batu! Untuk jerawat lainnya itu biasanya untuk kasus-kasus tertentu saja. Bagaimana pun jerawat batu atau cystic acne itu termasuk jerawat parah dan aku ada keturunan untuk mendapatkan jerawat jenis ini.

Penyebab jerawat aku antara lain adalah sebagai berikut:
1. Hormon
2. Kurang tidur
3. Kurang minum air
4. Kurang olahraga
5. Males bersihin muka
6. Ganti-ganti produk wajah
7. Makanannya berminyak dan kurang sayur
8. STRES
SEMUA HAL ITU SANGAT BERPENGARUH PADA KEMULUSAN WAJAH.

Prolog kemunculan jerawat 
Fyi, aku udah memiliki jerawat sejak kelas 6 SD dan masih ada hingga sekarang. Kata salah satu dokter sih, hormon mulai stabil pada waktu umur 25 tahun, jadi yang bisa dilakukan sekarang ada membuat mereka lebih jinak, sekian. Aku udah mencoba cukup banyak produk, tapi Aku memang gak pernah mencoba produk yang benar-benar mahal sih, hanya dokter dan obat yang ada di pasaran.
Mulai dari SMP, Aku itu menggunakan sabun muka b**** kalo gak salah tapi gak ada efeknya. Akhirnya, mama aku membawa aku ke teman sejawatnya alias dokter kulit di Bogor. Dari situ aku tahu bahwa kulit aku bebel banget. Kenapa? Jadi ceritanya waktu pertemuan kedua, aku melakukan peeling dimana kata terapisnya bakal membuat kulit aku mengelupas, tapi kenyatannya KULIT AKU BIASA AJA HAHAHA. Sebenernya sih lumayan cocok, tapi karena jauh di bogor jadi agak malas juga kesananya. Time goes by~

Pengalaman dengan krim gajebo
Waktu SMA, di kantor nyokap kedatengan mantan terapis facial dokter gitu. Akhirnya dia buka facial sendiri dengan obat yang dia ambil dari dokternya. Aku belum rajin make sih, jadi masih banyak jerawat nempel sana sini tapi aku cuek aja, walau kusem nan dekil hahaha. NAH waktu kuliah aku baru rajin make krimnya dan juga rajin fitnes, disini kulit aku mulus banget dan putih. Saking mulusnya, bedak aja gak nempel bok. Waktu itu aku masih gak tahu yang namanya krim abal dan lain-lain. Setelah krim aku abis, dia ganti krim aku jadi krim putih-kuning, tadinya krim putih dua-duanya, langsung deh muka aku jadi parah banget jerawatnya, soalnya waktu itu aku lagi sibuk banget yang membuat aku gak rajin make krim, padahal pas pake krim putih-putih itu juga gak terlalu rajin sih. Di pipi tuh bener bener ramai jerawat langsung muncul berjamaah. Akhirnya dikasih krim putih lagi tapi udah gak ngefek soalnya si kuning kayaknya lebih keras. Pusing juga, aku pun stop dan udah gak berani make krim dari terapis facial itu lagi.
Dari referensi temen aku, akhirnya aku mencoba lar*s*a. Sebenernya dibilang bagus juga biasa aja, dibilang jelek juga ngga. Memang sih aku udah gak terlalu jerawatan, tapi gak bisa menghilangkan bekas jerawat aku juga dan krim malamnya malah bikin muka aku item. aku gak paham juga kenapa bisa begitu, akhirnya aku stop dan mencoba-coba produk lokal (produk lokal yang merek luar gak ada yang cocok sama sekali, semua bikin break out!).

Pemakaian produk lokal
Akhirnya aku memutuskan, KENAPA AKU GAK PAKE PRODUK LOKAL AJA? Aku pun memilih Viva sebagai percobaan aku. Awalnya cuma cleansing milk dan toner, berhubung aku pemalas akhirnya aku membeli yang cleansing mask warna ijo buat kulit berminyak. COCOK! Kulit lokal emang udah deh pake produk lokal aja hahaha. Akhirnya aku pun hanya memakai viva dengan pelembab yang gonta ganti gak jelas. Walau begitu, ada satu ketidakpuasan aku. Jerawat batu masih selalu keluar di dagu. Capek aja gitu, udah gitu selalu membesar dan memberikan bekas jerawat yang gak banget.

Penyembuhan jerawat batu
Inilah cerita percobaan akhir aku. Hasil browsing sana sini, akhirnya aku mencoba Mediklin ungu untuk mengobati jerawat batu. Berhubung Mediklin ungu mengandung tretinoin alhasil breakout banget, semua jerawat keluar. Pada saat yang bersamaan, aku tertarik mencoba pembersih dari Clean n Clear (aku bingung yang mana penyebab break out-nya hahaha). Setelah sebulan mengalami pasang surut jerawat dengan tretinoin. AKHIRNYA AKU STOP, baik Mediklin dan cleansing milk itu, aku pikir udah cukup lah perawatan tretinoin dan clyndamicyn (antibiotik yang ada kandungannya di dalam mediklin). Aku pun kembali menggunakan viva dan beneran berhenti loh. Jerawatnya gak balik lagi, sempet beberapa bulan aku sama sekali gak ada jerawat. Berhubung aku males facial jadi masih ada deh bekas jerawat dimana-mana hehe. (Selama pemakaian aku memakai sunblock parasol 33, lumayan bisa buat alas bedak juga loh.)

Perawatan harian
Setelah aku deklarasi dan memutuskan bahwa jerawat batu aku udah sembuh, aku pun berpikir perawatan apa yang bisa aku lakukan untuk muka aku sehari-hari. Secara, aku belum punya krim malam dan pelembab. Akhirnya aku memutuskan untuk membeli FTE secret key (produk versi murah mirip-mirip SK II) dan mencoba minyak zaitun EVOO di malam hari sebelum tidur. Well, it's working~ aku gak pernah pake obat jerawat lagi kalo ada jerawat, lama-lama kering sendiri. Kalo lagi males cuci muka atau hormon lagi gak stabil (pms, stres, dsbnya) ya tetep muncul sih itu jerawatnya hahaha. Sekarang tinggal menghilangkan bekas jerawat dan komedo hiks. SEMANGAT!
Urutan perawatan:
Pagi; cuci muka pake air - cuci muka pake viva cleansing mask - FTE secret key - sunblock
Sore: cuci muka pake air atau viva juga boleh~
Malam: cuci muka pake viva - minyak zaitun - cream malam (kalo ada)

Kurang lebih begitu-lah pengalaman menyembuhkan jerawat yang aku lakukan. Semoga sharing-nya bermanfaat ya buat kalian semua. Kalo ada pertanyaan atau mau sharing silakan komen! Yeay~

Update
Perawatan ini udah gak terlalu ngefek di aku dan akhirnya aku jerawatan lagi~ viva juga udah gak seberapa berpengaruh dan aku ngerasa muka aku agak kusam plus jerawat. Akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan Acnes. Dari analisis yang aku lakukan, ternyata sepertinya aku tidak cocok dengan skin care yang mengandung salicilyc acid makanya waktu itu aku break out banget waktu pake Clean n Clear.
Produk Acnes yang aku gunakan antara lain, Creamy Wash,Powder Lotion, dan UV Tint. Ini untuk perawatan wajah sehari-hari. Aku udah jarang banget pake make up, kalaupun perlu bedak aku cuma pake bedak dari Acnes juga, karena aku baru sadar setiap aku pake bedak agak lama agak nongol jerawat satu dua dan waktu nyoba beda dari Acnes aku gak ada jerawat, jadi aku simpulkan kalo aku cocok pake beda ini.
Untuk obat jerawat aku tetep pake Mediklin yang warna ungu, karena dari sekian obat jerawat ini yang paling berpengaruh buat aku. Aku udah nyoba juga rangkaian obat jerawat yang dari Acnes tapi gak terlalu ngefek makanya aku prefer pake Mediklin. Untuk sekarang aku pake Mediklin gak ada breakout sama sekali yang ada cuma mengeringkan jerawat dan area yang aku kasih obat.
Untuk mencerahkan wajah dan meredakan jerawat aku menggunakan beberapa masker dari Acnes dan Viva. Untuk masker Acnes, fungsinya untuk meredakan jerawat aku, aku suka banget sama Oil Control Mask dan Tea Tree Oil Clay Mask. Aku recommend Oil Control Mask banget sih, ini bikin kemerahan mereda dan muka juga jadi lebih cerah, tapi clay masknya juga enak banget kok. Untuk Viva aku pake rutin masker bengkoang, ini bikin cerah dan menyenangkan kalo liat kaca. Aku kalo lagi banci masker bisa maskeran 2-3 kali seminggu tapi beda-beda produk.
Oh iya, sekarang aku lagi suka double cleansing pake coconut oil. Coconut oil ini efek ngeringin jerawatnya lebih cetar dari EVOO sih menurut aku, trus lebih enak juga kalo buat pijet muka pake cleansing pad (tapi harus rajin bersihin cleansing pad-nya ya kalo ngga masih bikin jerawatan).
Untuk review detailnya menyusul ya, makasih :)

3 comments:

  1. wah nice informasinya bermanfaat banget, jerawatku dulu parah banget sampe ak ketemu produk yang top saran dari temen akhirnya jerawat aku ilang. Nih foto jerawatnya :3

    ReplyDelete
  2. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG

    Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
    Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
    saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
    saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
    mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
    dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
    kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah menjelang beberapa hari datanglah
    tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
    dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
    dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH.Fhatulla Harun,
    konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
    dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH.Fhatulla Harun,
    ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
    dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
    sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
    segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
    terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
    penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
    saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari,
    syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
    saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
    7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN.
    Yang diberikan KH.Fhatulla Harun benar2 nyataSemua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN. dan ISLAMI serta tidak musyrik,
    Saya sangat berterima kasih kepada KH.Fhatulla Harun yg sudah bantu saya dan
    jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
    saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

    Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
    jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH.Fhatulla Harun krn ini pesugihan putih
    yang islami. dan persugian KH.Fhatulla Harun bisa di ikuti semua agama..
    dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor Beliau.085-217-085-317
    ATau Kunjungi Situs Beliau Klik=>> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semoga Jadi Pemenang Berikutnya, AMin . Wassalam.Kesaksian Kisah Nyata 2017

    ReplyDelete

Powered by Blogger.