Ad Code

(Hampir) Belanja & Cara Penarikan (Refund) Poin di Elevenia


Akhir Mei 2016, aku lagi browsing gitu lalu liat iklan tentang secret key STE yang di jual di Elevenia. Harganya hanya sekitar 117.000, karena murah akhirnya aku buka iklan itu dan daftar jadi member Elevenia. Beberapa hari aku browsing nyari yang lebih murah dan tidak ada lagi yang lebih murah daripada itu. Ok dong, aku beli. Waktu itu aku pesen tanggal 2 Juni 2016 (Maksimal batas pembayaran kalo gak salah 1 hari), berharap cepet dikirim ternyata balasan yang ada adalah Keterlambatan pengiriman. WHAT? Dia udah promosi segencar itu tapi barang yang di promote gak ada stok? Tidak tanggung-tanggung dong telatnya sampe tanggal 17 Juni 2016. Well, tapi aku gak berniat cancel soalnya juga gak terlalu urgent butuhnya.

Keterlambatan Pengiriman oleh Seller

Seminggu sebelum tanggal 17 Juni 2016, aku nanya lagi ke penjual. Jadi kita bisa nanya dengan klik "Tanya Pengiriman". Mereka selalu bilang, "sorry dear atas keterlambatannya, latest kita usahain minggu depan yaaa", yah baiklah mau bilang apa ya kan. Lalu tanggal 17 Juni 2016 tiba, dan itu barang belum berubah juga statusnya jadi pengiriman. Akhirnya aku kirim lagi pesan ke mereka dan jawabannya "sorry ya dear, nanti kalo udah ada pasti kita kirim ke dear di hari yang sama waktu kita nerima". Nah, aku udah pasrah dan ternyata gak langsung di cancel kalo udah lewat dari janji pengiriman. Akhirnya aku mau ngetes sistem, berapa lama dia bakal cancel setelah lewat dari 'janji' pengiriman. Well, ternyata baru dibatalkan sama sistem sekitar seminggu lebih. (???!!!), yaitu tanggal 28 Juni 2016. Padahal katanya ketentuannya itu (katanya) 5 hari kalo domestik, dan 7 hari kalo luar negeri. Setelah aku hitung, 17 Juni 2016 sampai ke 28 Juni 2016 sama dengan 7 hari kerja. Padahal ini toko dari dalam negeri, tapi supplier dari luar negeri. Berarti dia ngeliat dari suppliernya.


Status Pembatalan oleh Sistem
Peraturan  Pembatalan Pesanan Otomatis (Domestik)

Peraturan Pembatalan Pesanan Otomatis (Luar Negeri)

Berhubung udah dibatalkan dan mendadak males belanja yang lain disini, akhirnya aku memutuskan untuk refund dana aku ke rekening bank. Untuk refund dana, kalian harus buka dari website. Bagaimana caranya?
1. Login akun Elevenia kalian via Website
2. Di bagian atas ada tanda orang, dropdown (klik)
3. Pilih My Elevenia
4. Di bagian kiri ada Daftar Pembelian, kalian pilih yang penarikan Poin
5. Masukkan keterangan, usahakan jangan sampai ada yang salah (Nama, Nomor, dan Cabang)
6. Klik Ajukan Penarikan Poin
Kurang lebih waktu penarikan sekitar 2x24 jam. Untuk penarikan poin, memang benar 2x24 jam (lebih sedikit sih) karena aku mengajukan siang sekitar jam 2, tapi baru sampe 2 hari setelahnya di malam hari.


Review
Aplikasi mobile-nya menurut aku kurang user friendly, lebih enak tokopedia atau lazada. Apalagi fitur-fitur yang ada di website, belum ada di mobile (misal untuk refund). Jadi pihak elevenia harus mengembangkan mobile-nya supaya update dan pengguna tidak perlu pindah-pindah dari mobile ke website, dsbnya.
Stok yang ada di elevenia, tidak update dan real time sehingga kejadian 'penundaan pengiriman' kemungkinan besar akan di alami oleh pengguna. Waktu kita beli, tulisannya 'tersedia' tapi ternyata stok kosong.
Program promosi yang ada di elevenia sering kali eror tanpa alasan yang jelas, misal voucher dari jam 2-5 pagi, tapi tulisannya 'belum di buka' padahal sudah jam 3. Harap segera di perbaiki, jadi tidak hanya 'promosi gadungan' kesannya.
Kelebihannya harga yang murah dan barang yang cukup beragam, tapi untuk pelayanan pelanggan masih kurang memuaskan dan harus ditingkatkan lagi.







Sumber: elevenia.co.id

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Benar gak usah beli di elevenia. Akun saya tidak dapat di buka, uang rugi beratus robu. Di hubungi cs banyak aturan padahal jelas saya pakai ecash! SHOP ONLINE BURUK! KALAH DENGAN TOKOPEDIA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gimana udah di urus ke mereka? semoga bisa balik ya duitnya. akhirnya saya belanja disini sih dan setelahnya gak ada masalah, cuma emang tokopedia lebih friendly user dari aplikasi dan websitenya :)

      Hapus
  2. Pembelian pertama di elevenia sih aman2 aja, gak nyampe seminggu barangnya udah dateng. Tapi yg pembelian kedua malah kena apes nih. Udah hampir seminggu dan barangnya masih belum nyampe2 jg. Ngomongnya udah dikirim tp belum diupload resi pengirimannya.
    Ya namanya jg online shop, harus pinter2 milih seller yg terpercaya

    BalasHapus
  3. lol mamix, iseng banget. Emang beneran itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran rii. Akhirnya kmaren melakukan pembatalan dan duitnya udah balik. Tp barang tetep dikirim. Wkwk

      Hapus
  4. Pertama kali belanja di elev seminggu lebih baru nyampe, betek kan. Kedua kali belanja, barang gak nyampe ke rumah, sebulan lebih setelah ngamuk ngamuk di email baru dibalikin dalam bentuk poin. Jawaban cs di email bikin esmosi, ga pernah kasih info detail, kata katanya ya gitu gitu aja, kaya mesin lah yang bales. Setelah poin balik, dibeliin ke barang lain. Udah 3 hari kerja (total sama sabtu minggu dan senin tgl merah jadi 6 hari) status masih order dalam proses, ya ampun aku belanja di shopee hari senin tgl merah, hari rabu sudah update resi dan dikirimnya hari selasa. Akhirnya pengajuan pembatalan, ga nyampe dua jam poin balik lagi. Udah malas banget belanja disitu, pengen tutup akun aja deh, jadi ngajuin penarikan poin. Janjinya dua hari kerja ya, semoga beneran balik dah tu duit. Kayakny elevenia bakal tutup deh kalo pelayanan ke konsumen di bawah standar banget

    BalasHapus
  5. Pertama kali belanja di elev seminggu lebih baru nyampe, betek kan. Kedua kali belanja, barang gak nyampe ke rumah, sebulan lebih setelah ngamuk ngamuk di email baru dibalikin dalam bentuk poin. Jawaban cs di email bikin esmosi, ga pernah kasih info detail, kata katanya ya gitu gitu aja, kaya mesin lah yang bales. Setelah poin balik, dibeliin ke barang lain. Udah 3 hari kerja (total sama sabtu minggu dan senin tgl merah jadi 6 hari) status masih order dalam proses, ya ampun aku belanja di shopee hari senin tgl merah, hari rabu sudah update resi dan dikirimnya hari selasa. Akhirnya pengajuan pembatalan, ga nyampe dua jam poin balik lagi. Udah malas banget belanja disitu, pengen tutup akun aja deh, jadi ngajuin penarikan poin. Janjinya dua hari kerja ya, semoga beneran balik dah tu duit. Kayakny elevenia bakal tutup deh kalo pelayanan ke konsumen di bawah standar banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sabar ya sis. kita sebagai konsumen juga harus jeli milih penjual. kalo jarang online mending gak usah di pesen hahaha, pasti lama nyampenya. kalo aku udah rada kapok sama barang yang promo, nanti pas pesen ujung2nya abis :(

      Hapus
  6. mbak sya juga mau mencairkan uang dari elevenia
    tapi sya mau nanyak dulu sama mbaknya,yg harus diisi di password bersama itu apa ya mbak?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. password bersama itu apa ya? kayaknya cuma masukin password account elevenia kamu deh

      Hapus
  7. klw boleh tau nama cabang apa yah?

    BalasHapus
  8. klw boleh tau nama cabang apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Cabang itu tempat kamu bikin rekening dari bank yang mau kamu transfer duit refund-nya. Bisa liat di buku tabungan.

      Hapus

Ad Code