Skin Care Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Daily)

January 04, 2017



Hello Guys, aku mau share pengalaman aku soal jerawat dimana aku berurusan dengan mereka selama berbelas-belas tahun, lol. Sebelum Post ini, aku udah pernah bikin tulisan tentang jerawat dan skin care routine aku. So sad, aku mengalami break out parah lagi & skin care routine kemarin udah gak bisa menghalau pertumbuhan jerawat yang aku alami.
Well, note ya sampai hari ini aku masih ada bekas jerawat dan beberapa jerawat kecil. Di Post ini aku akan menampilkan beberapa foto before & after yang terjadi selama proses penyembuhan jerawat ini. Proses ini kurang lebih berjalan selama 9 bulan lebih dan ada beberapa tahap Skin Care Routine yang terjadi selama 9 bulan ini.

Skin Care Pertama
Skin Care pertama ini kondisinya aku baru stay lagi di Jakarta. Entah gimana kulit aku stress dan keluar jerawat. Awalnya di dagu, terus aku mikir “mungkin ini pms atau hormonal biasa” akhirnya aku biarin dan malah semakin parah. Mereka menyebar ke seluruh wajah. Jerawat Batu, Pustule, dan lain-lain menyebar jadi satu di muka aku. Pokoknya parah banget deh. Akhirnya mama aku nanya ke temennya, salah seorang dokter di Gresik, karena mama aku dokter jadi resep yang dikasih bisa aku tebus di Apotek.
  1. Biore Makeup Remover – Cleansing Oil Sheet (Optional - Clean Make up)
  2. Acnes Creamy Wash
  3. Racikan Cream Dokter
Resep Racikan Cream
  ·    Resorcinol 2%
  ·    Sulfur Precipitatur 2%
  ·    Clindamycine 2%
  ·    Vanishing Cream Ad 20 gram (Aku pake brand Home Snow)

Skin Care Kedua
Dari Skin Care pertama sebenernya muka aku udah mendingan banget, kadang ada jerawat pas pms doang tapi bekasnya masih banyak. Dari sini aku mulai iseng untuk ‘keluar’ dari obat dokter dan nyoba skin care drugstore untuk Jerawat Dewasa. Aku tertarik sama Hadabisei yang katanya sih ditujukan untuk jerawat dewasa. Aku beli Facial Cleansing Foam dan Facial Cream-nya. Harga Facial Cream-nya lumayan sekitar 100k untuk 50 gram.
  1. Kracie Naïve Facial Cleansing Foam (Green Tea)
  2. Kracie Hadabisei Clearing Facial Cream
Well, emang deh aku gak boleh bandel. Skin Care ini sama sekali gak cocok dan akhirnya malah bikin jerawat lagi yang kembali parah . Akhirnya Facial Foam sama Facial Cream masih banyak sisa dan gak aku pake sama sekali, ini hanya berlangsung selama 2 minggu :(

Skin Care Ketiga
Berhubung percobaan drug store gagal se-gagal gagal-nya sama kulit aku. Akhirnya aku kembali ke Cream dokter lagi. Hanya saja kali ini aku mau mempercepat penyembuhan dengan membeli Bioderma yang hits dan mahal itu. Aku rasa muka aku harus bener-bener bersih sebelum menggunakan Cream dokter tersebut.
  1. Biore Makeup Remover – Cleansing Oil Sheet (Optinal) 
  2. Acnes Creamy Wash
  3. Bioderma Sensibio Micellar Water
  4. Racikan Cream Dokter
Setelah dicoba lagi, ternyata jerawat aku udah gak terlalu mempan sama obatnya. Jerawat tetep aja numbuh dan lama banget sembuhnya walau akhirnya menyembuhkan sedikit tapi so long, keburu tumbuh jerawat baru. Well, aku takut buat campurin cream dari dokter dengan obat jerawat drugstore, akhirnya aku memutuskan untuk melepaskan cream dokter ini karena aku pikir emang udah gak mempan sama kulit aku.

Skin Care Keempat
Usut punya usut akhirnya aku ganti Facial Wash aku ke Cetaphil yang katanya ampuh buat kulit berjerawat. Jadi si Cetaphil ini ada dua cara pemakaian, yaitu dibilas menggunaan air atau diusap dengan handuk bersih. Aku pernah nyoba dua duanya, tapi entah kenapa aku lebih cocok dibilas dengan air karena kalo aku diusap pake handuk bersih aja, aku jadi keluar beruntusan.
Aku ganti Micellar Water dari Bioderma ke Corine de Farme karena jauh lebih murah dan punya efek yang 11 12. Malah aku merasa Corine de Farme lebih lembab jadi gak bikin kulit kering gitu. Intinya sih yang penting sama-sama bikin bersih dan menghilangkan kotoran yang tidak kasat mata.
Disini aku ganti pelembab jadi Nature Republic yang Aloe Vera Shooting Gel, karena katanya Aloe Vera itu bagus buat calm jerawat/ iritasi. Liat di blog-blog lain juga banyak banget yang nge-review dan katanya bagus karena bisa dipake di bagian tubuh mana pun. Setelah aku pake, aku suka banget. Bener-bener bikin calming dan jerawat lama-lama kempes sendiri. Pokoknya enak banget, murah, bermanfaat, dan banyak dapetnya! 300 ml
Untuk obat jerawat, sebenernya ada dua, yaitu Benzolac 2,5% & Mediklin ungu. But, aku ngerasa Mediklin lumayan keras jadi aku mencoba lagi Benzolac 2,5% karena dulu sempet gak ngefek dan skrg lumayan ngefek. Aku jarang banget pake ini, karena aku ngerasa Nature Republic udah bisa ngeringin jerawat aku walau tidak langsung kering, jadi bertahap gitu.
  1. Biore Makeup Remover – Cleansing Oil Sheet (Optional)
  2. Cetaphil Gentle Cleanser
  3. Corine de Farme Micellar Water
  4. Nature Republic Aloe Vera Shooting Gel (Holy Grail banget!)
  5. Benzolac 2,5%

Skin Care Kelima
Great News, Jerawat aku udah mulai sembuh banget. Masalah selanjutnya bekas jerawat dan kusam. Lalu aku searching tentang scrub untuk kulit berjerawat dan menemukan St. Ives Blemish Control Apricot Scrub.
Sebenernya ini Scrub lumayan kasar, tapi walaupun kayak gitu scrub ini sama sekali tidak harsh di kulit aku. Malah dia mempercepat penyembuhan jerawat (entah bagaimana). Jadi aku pake St. Ives ini daily (!). Sebenernya ada yang bilang gak bagus kalo pake scrub daily, tapi entah kenapa di aku bener-bener gak masalah dan waktu aku liat Description-nya dia juga menyarankan pemakaian setiap hari dengan peringatan bahwa jika terjadi iritasi kurangi frekuensi pemakaian.
  1. Biore Makeup Remover – Cleansing Oil Sheet (Optional)
  2. Cetaphil Gentle Cleanser
  3. St. Ives Blemish Control Apricot Scrub
  4. Corine de Farme Micellar Water
  5. Nature Republic Aloe Vera Shooting Gel
  6.  Benzolac 2,5% (Rarely)

Skin Care Keenam
Finally, ini adalah Skin Care Routine terakhir yang sedang aku jalani sekarang. Jadi karena aku merasa Cetaphil tidak terlalu bagus di aku (bagus tapi kurang bagus untuk muka kusam dan sebagainya). Akhirnya aku mengganti Facial Wash aku. Jadi ada dua Facial Wash favorite aku sekarang, yaitu Kojiesan Lightening Soap dan Nivea Sparkling White. Untuk efek mencerahkan Kojiesan bener-bener juarak! Ini yang rutin aku pake sekarang karena sekalian juga aku mandi pake Kojiesan (dibedain ya untuk wajah dan badan). Kalo Nivea Sparkling White dia lebih lambat proses cerahnya tapi kalo habis cuci muka pake ini, rasanya lembut dan gak bikin kering. Kalo pergi atau di luar rumah aku prefer pake Nivea karena bisa dibawa kemana-mana.
Untuk Day/ Night Cream-nya sebagai treatment Scar aku pake Hiruscar Post Acne yang dari Singapore. Ini banyak banget yang review dan memang lumayan bagus, walau mahal. Memang gak instan sih, tapi lama-lama akan menunjukkan perbaikan. Jangan lupa pake sunblock juga ya, supaya kulitnya terjaga dari sinar UV dan Hiruscar-nya tidak sia-sia.
  1. Biore Makeup Remover – Cleansing Oil Sheet (Optional)
  2. Kojiesan Skin Lightening Soap/ Nivea Sparkling White
  3. St. Ives Blemish Control Apricot Scrub
  4.  Corine de Farme Micellar Water
  5. Nature Republic Aloe Vera Shooting Gel
  6. Benzolac 2,5% (Rarely)
  7. Hiruscar Post Acne (Singapore)
  8. Acnes UV Tint/ Skin Aqua Moisture Gel/ Biore UV Aqua Rich (Preferred)
*FYI, kalo misal bb cream/ foundation kalian sudah ada SPF maka tidak perlu memakai SPF lagi secara terpisah.

Update!
Nature Republic Aloe Vera Shooting Gel bisa dibeli di gerai-gerai Nature Republic ya sekarang. Althea juga udah buka lagi, jd udah bisa mulai order!

Selain itu kita juga harus banyak minum, makan sayur dan buah, serta jangan terlalu banyak makan-makanan yang banyak minyak. Paling penting, jangan terlalu dipikirin jerawatnya dan jangan menyentuh wajah dengan tangan (kecuali tangannya bersih). Sekian sharing aku tentang jerawat dan skin care routine yang aku gunakan, semoga bermanfaat ya. Oh iya, nanti kalo aku nambah skin care, misal essence atau serum pasti akan aku update lagi. Kalo kalian ada masker yang bagus juga boleh banget sharing ke aku. Thanks for Reading, Cantik :)


Sorry if disgusting picture (Red: My Face) will bothering you.


Dari muka aku waktu sebelum breakout sampai kondisi muka aku sekarang

Before After

17 comments:

  1. Beli nature republic aloe vera gel nya di mana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kamu bisa beli di id.althea.kr yaaa. Terakhir aku beli sekitar 48k. Gratis ongkir pembelian min. 299k~ Kalo beli di online shop lokal takut banyak yg fake soalnya dan gerai nature republic udah pada tutup di indonesia :(

      Delete
  2. Sist..bli St. Ives Blemish Control Apricot Scrub dmana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau aku sih di guardian/ century ada sis tp kalo kmrn aku beli online di shopee

      Delete
  3. Hay beli hiruscar post acne dimana ya? Thx ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, kmrn aku beli online di shopee sis, soalnya belum ada di indonesia. pilih aja yang paling laku sama tanya juga itu yang singapore atau malaysia xD

      Kalo mau tahu nama toko yang aku beli, tanya di contact form aja ya biar aku bales lgsg di email.

      Delete
  4. Cetaphil nya bagus gak buat jerawat say. Aku pakai creamy wash sudah hampir 1 thun lebih. Rencana mau pake cetaphil tpi masih bingung. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mutiia, bagus atau ngga bingung jg sih hehe. Aku gak merasa dia menyembuhkan soalnya sis. Cuma gak bikin jerawatan aja :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Nature republic itu beneran ngaruh nggak ya kak? soalnya akupun pake tapi beruntusan masih suka muncul gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku sih lumayan ngaruh sis, cuma emang gak yang cepet gitu. Hal-hal lain juga harus diperhatiin, misal bersihin wajah sampe bener-bener bersih, gak terlalu sering begadang, gak banyak makan-makanan berlemak. Anyway, kamu lagi pake produk apa aja?

      Delete
  6. sist beli nature republic aloevera nya yg asli di mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku di althea sis belinya, tapi sama indihome/ speedy di blockir, bisa coba download aplikasinya di app store/ play store

      Delete
  7. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG

    Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
    Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
    saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
    saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
    mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
    dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
    kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah menjelang beberapa hari datanglah
    tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
    dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
    dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH.Fhatulla Harun,
    konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
    dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH.Fhatulla Harun,
    ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
    dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
    sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
    segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
    terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
    penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
    saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari,
    syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
    saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
    7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN.
    Yang diberikan KH.Fhatulla Harun benar2 nyataSemua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN. dan ISLAMI serta tidak musyrik,
    Saya sangat berterima kasih kepada KH.Fhatulla Harun yg sudah bantu saya dan
    jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
    saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

    Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
    jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH.Fhatulla Harun krn ini pesugihan putih
    yang islami. dan persugian KH.Fhatulla Harun bisa di ikuti semua agama..
    dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor Beliau.085-217-085-317
    ATau Kunjungi Situs Beliau Klik=>> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semoga Jadi Pemenang Berikutnya, AMin . Wassalam.Kesaksian Kisah Nyata 2017

    ReplyDelete
  8. Thanks for sharing, nice post! Post really provice useful information!

    Anthaison.vn chuyên cung cấp máy đưa võng với dòng máy đưa võng ts đảm bảo là sản phẩm tốt nhất cho bé với dòng máy đưa võng ts cho bé.

    ReplyDelete
  9. Aku pake cetaphil, tp di aku gk begitu ngaruh. Ya emang sih jerawatnya bisa kering, tp beruntusannya selalu ada. Dan di kulit aku juga jdi kusem bgt. Gk buat cerah.
    Ya mungkin kembali ke kulit masing2 ya, cocok d kamu blm tentu cocok di aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii sis, iyaa mungkin kurang cocok. Tapi pas di hari keenam aku jg bilang kalo kurang bagus di aku karena yaudah begitu ajaa ga bikin lebih baik juga (tetep kusam, walau udah calm jerawatnya). Kayaknya bisa jadi waktu bersihin masih ada sisa-sisa sabun biasanya makanya jadi bruntus gitu, akhirnya aku malah pake nivea sparkling white dan cocok hehe, kadang ga perlu yg mahal yaaa hihihi.

      Delete

Powered by Blogger.