Ad Code

Rekomendasi 10 Drama Korea di Netflix


Hello! Selama pandemi ini, aku dan orangtua aku jadi nonton drama Korea hampir setiap malam. Selain hiburan, ini juga bisa jadi quality time dengan keluarga dan menambah topik pembicaraan ketika lagi makan bareng!
Serial yang aku rekomendasi adalah serial yang menurut aku bagus. Definisi bagus itu adalah ketika nonton, aku tidak melakukan fast forward karena menikmati menonton setiap detiknya. Ini pendapat aku pribadi ya karena ada beberapa drakor yang bagus tapi mungkin belum aku tonton, atau ada yang bagus tapi ada yang kurang dari segi cerita. dsbnya (menurut aku ya, selera kita bisa berbeda soalnya).

So, here we go! 

Top 10 Drama Korea di Netflix versi Alohomora


1. Hot Stove League


Menurut aku ini wajib masuk jadi list paling pertama! Ceritanya fresh, alur cepat, kalian gak boleh skip nonton karena setiap scene ada info penting. Film ini juga inspiratif untuk masalah manajerial dan menghadapi tekanan toxic dari atasan. Drama ini dimainkan oleh Namkoong Min yang menurut aku udah khatam banget untuk peran sebagai manajer pemberontak, Lol.
Drama ini menceritakan tentang club baseball yang menerima kekalahan beruntun selama 4 musim, bisa kita bilang 'mereka payah'. Club ini akhirnya membuka lowongan untuk manajer yang diharapkan bisa memberi pembaharuan. Di sisi lain, ada seorang manajer yang ahli, baru kehilangan pekerjaan setelah berhasil membuat juara bottom team  dari olahraga lain. Juara kok dibubarin? Iya, soalnya Clubnya jadi punya nilai buat di jual. Jadi, serial ini akan membuat kita mengkuti perjuangan seorang manajer untuk membangkitkan sebuah club yang hopeless, sekaligus belajar decision making, loh. Selain itu, serial ini menurut aku memiliki ending yang realistis, bukan berasa nonton fairy tale, Lol.

2. Hometown Cha Cha Cha


Para penikmat drakor yang kecewa sama kisah cinta Kim Seon Ho di Start Up, bisa mutasi ke drakor ini. Dijamin kalian happy, bisa melihat cowok berlesung pipit sebagai Main Role. Drakor ini cocok buat ditonton sama keluarga, including orangtua, but not kids ya, Lol. Karakter di film ini baik semua, tapi tetap realistis. Jadi, konfliknya seperti kehidupan sehari-hari aja yang dengan anehnya tetap sangat menarik untuk ditonton.
Serial ini menceritakan mengenai dokter gigi yang dipecat dari klinik ternama di Seoul karena konflik dengan atasanya. Berhubung tingkat kegalauan sedang memuncak, dia memutuskan untuk berjalan-jalan ke pantai di sebuah desa kecil, disana dia terlibat beberapa kesialan yang membuatnya terinspirasi untuk membuka klinik disana dan tentunya bertemu pria penyelamat dengan lesung pipit yang manis. Konflik banyak terjadi karena kepribadian 'perkotaan' si Dokter Gigi dibawa ke pedesaan. Ini menurut aku related banget sih dengan kehidupan sehari-hari.

3. Hospital Playlist


Serial kedokteran biasanya akan ada satu atau dua orang dokter yang memerankan sebagai antagonis, tapi disini tidak ada. Semua orang memiliki karakter yang baik, kalaupun menyebalkan tapi tidak jahat dan merugikan sesama. Jadi, sama seperti Hometown Cha Cha Cha, drama korea ini menampilkan orang baik dan realistis dengan berbagai karakter masing-masing. Walaupun begitu, tetapi drama ini juga tetap menarik untuk ditonton. Apalagi jika kalian penikmat musik, ada beberapa lagu yang enak untuk kalian jadikan playlist. Serial ini memiliki 2 Season ya.
Film ini menceritakan 5 orang sahabat yang bertemu di acara perkenalan mahasiswa kedokteran, dengan spesialisasi bidang kedokteran dan karakter yang berbeda-beda. Mereka memiliki konflik kehidupan masing-masing yang disatukan menjadi sebuah cerita yang cukup apik. Di akhir film, biasanya di akhiri dengan jadwal mereka melakukan hobi, yaitu bermusik. Apakah ada cinlok diantara mereka berhubung ada 1 wanita disana? Tonton aja yuk!

4. Prison Playbook


Kehidupan penjara menyeramkan? Well, kehidupan penjara menjadi sangat menarik di film ini. Dengan perpaduan karakter yang apik dan sungguh kocak, aku sampe ngakak nontonnya karena banyak kelakuan bodoh yang menyenangkan dari mereka. Alur cerita di awal episode berjalan lambat, jadi kalian harus nonton di kala senggang. Anyway, setelah beberapa episode jalan cerita jadi cepat dan menarik, bahkan di akhir aku kayak, "Yah udah selesai ya" malah pengen liat mereka semua satu sel lagi. Yah, disini bisa dibilang banyak orang yang melakukan sesuatu karena unfortunate event, and everyone has their own story.
Cerita di mulai dari seorang pemain Baseball ternama yang terlibat perkelahian dengan seorang pria yang melakukan pelecehan kepada adiknya. Berhubung dia bukan hanya melakukan pembelaan tetapi melakukan pengejaran, ini membuat jaksa dan hakim memutuskan untuk mengajukan penahanan kepadanya. Saking terkenalnya dia, semua orang di penjara justru bahagia dan menyambut dengan antusias kedatangannya. Apakah kehidupan penjaranya akan tanpa masalah? Tentu tidak. Kita akan disuguhi bagaimana para tahanan struggle dengan kehidupan mereka, korupsi yang dilakukan para sipir, dan kehidupan penjara lain dengan cara yang menarik.

5. Romantic Doctor, Teacher Kim


Drama kedokteran yang paling banyak operasinya? Menurut aku drakor ini salah satunya. Setiap episode selalu ada operasi. Hebatnya urutan operasi, cara jahit, analisisnya menurut aku ini detail banget. Aku juga pernah liat Youtube, dokter yang komentar soal operasi yang ada di drama korea ini dan mereka bilang prosedurnya benar. Well, soalnya memang tidak sedikit drama yang kadang salah prosedur dalam penanganan pasien. Kalau di serial ini, ada karakter antagonis yang hadir dan inti dari drama ini memang mengenai persaingan protagonis dan antagonis. Drama ini juga, banyak memberikan fakta lapangan mengenai karakter dokter yang terkadang, tentu saja lebih mementingkan bisnis dan uang daripada aspek sosial. Drama ini memiliki 2 Season, untuk setiap Season memiliki detail cerita yang berbeda, walau dengan tujuan yang sama.
Bercerita tentang seorang dokter bedah jenius dengan 3 keahlian (triple-board) yang pernah bekerja di rumah sakit terbaik, tetapi karena hal politis yang menyebabkan hilangnya seorang nyawa pasien, membuat dia menghilang dan mengubah namanya. Setelah menghilang, dokter ini ternyata pindah ke sebuah rumah sakit kecil di kaki gunung. Disini karakter dokter tersebut di gali perlahan dengan kedatangan para dokter muda yang bermasalah ke rumah sakit tersebut. Itulah kenapa di judul ada "teacher Kim" karena memang sang dokter seperti guru bagi para dokter muda tersebut.

6. She Was Pretty


Kali ini giliran genre drama romantis. Awalnya aku skeptis nonton film ini karena ceweknya tidak secantik yang biasanya. Dulu pernah liat satu episode lalu stop, setelah beberapa bulan kemudian bingung nonton film apa, akhirnya mencoba untuk nonton film ini. Well, ternyata menarik juga ceritanya. Ceritanya ringan dan menyenangkan. Dari sisi psikologis juga cukup realistis, alasan terkait sikap yang mereka tuangkan di film.
Dimulai dari seorang wanita yang tampak kurang terawat, kesulitan dalam keuangan, dan selalu sial dalam pencarian kerja. Di sisi lain ada seorang pria muda, tampan, dan cerdas yang baru kembali dari Amerika untuk memperbaiki cabang kantor di Korea sembari mencari teman masa kecilnya. Sesuai dugaan, teman masa kecilnya adalah wanita yang kurang terawat itu tetapi ketika wanita itu melihat si Pria sudah berubah menjadi tampan sedangkan dia justru berubah menjadi jelek, si Wanita pun minder dan menyuruh temannya yang cantik untuk berpura-pura menjadi dia. Di saat yang bersamaan, akhirnya si Wanita beruntung dia mendapatkan pekerjaan! Sayangnya, itu membuat dia sekantor dengan Pria teman masa kecil yang tentunya tidak mengenali dia karena perubahan yang signifikan. Di sini kita akan disugukan drama yang kocak, sedih, dan menyenangkan.

7. Crash Landing on You



Ini drama pertama yang di tonton bareng orangtua aku. Mereka, terutama mama, ketagihan. Bisa dibilang ini drama yang bikin mama aku jadi demam korea. Diperankan oleh cowok tampan berbadan bagus, Hyun Bin, membuat si Mama mencari film-film Hyun Bin lainnya, Lol. Walaupun endingnya agak ambigu, tapi drama ini cukup menarik untuk ditonton. Melihat perjuangan dua sejoli yang terhalang oleh negara.
Seorang wanita melakukan paralayang dan diterpai badai, membuat dia mendarat di Korea Utara. Ini cukup pelik karena Korea Utara dan Korea Selatan memiliki hubungan yang tidak baik. Beruntung bertemu dengan tentara tampan yang baik, dia pun dirawat dan dijaga oleh sang tentara berserta beberapa anak buahnya. Sembari mencari cara untuk memulangkan wanita tersebut, sang wanita pun menyamar menjadi wanita Korea Utara. Time goes by, mereka pun saling jatuh cinta.

8. Kingdom


Serial ini lumayan berbeda dari serial korea lainnya karena adanya kombinasi masa lalu yang berbau kerajaan beserta politiknya dengan zombie modern yang agresif, kalo zombie film jaman dulu kan yang loncat ala china di tempel kertas kuning diem ye kan. Perencanaan alur cerita juga sepertinya lumayan matang. Drama ini memiliki 2 season dengan 1 film tambahan, kalian perlu nonton filmnya juga karena sepertinya akan ada hubungannya ke season 3.
Kisah diawali dari seorang Raja yang sakit dengan penyakit yang aneh. Putra Mahkota yang khawatir akan Ayahnya ingin menjenguk, tetapi tidak diperbolehkan oleh Ratu yang sedang hamil. Ratu ini adalah ibu tiri dari putra mahkota. Ibu dari putra mahkota sudah meninggal sehingga posisi Putra Mahkota melemah dari sisi kekuasaan, tentu saja Ibu tiri ingin anaknya yang dalam kandungan mengambil alih posisi Putra Mahkota. Disisi lain, tba-tiba terjadi musibah aneh yang menimpa ke beberapa desa, satu desa mati semua. Tetapi, ketika hari telah malam, mereka semua hidup kembali. Apakah ini ada hubungannya dengan penyakit yang di derita oleh Raja? Kengerian, teka teki, politik kotor, ambisi menjadi satu dalam drama ini.

9. Start Up


Jaman sekarang pasti familiar sama sebutan Start Up. Kalau kalian bekerja di perusahaan Start Up atau sedang merintis atau  mungkin mau investasi di perusahaan Start Up, ada baiknya untuk nonton film ini. Di film ini kalian akan lebih paham mengenai posisi dan peran masing-masing orang, serta posisi. Start Up sendiri diartikan sebagai perusahaan rintisan yang berada di bawah 5 tahun, tetapi era sekarang terdapat pergeseran makna dimana Start Up adalah perusahaan baru yang menerapkan inovasi teknologi sebagai core bisnisnya. Film ini menarik sekali untuk ditonton karena selain menonton drama kalian dapat insight mengenai perusahaan rintisan serta inovasi bisnis.
Cerita berawal dari kisah masa lalu seorang gadis kecil yang tidak beruntung semenjak perceraian orangtuanya. Dia ikut Ayah dan Neneknya, sedangkan kakaknya ikut Ibunya dan memiliki Ayah tiri yang kaya raya. Hubungan kakak beradik itu semakin lama semakin jauh dan saling membenci satu sama lain. Di sisi lain, Nenek gadis kecil ini merasa kasihan melihat cucunya kehilangan sosok kakak dan teman sehingga meminta seorang pemuda menuliskan surat gadis kecil itu. Surat itu membuat gadis kecil ini bahagia dan merasakan cinta pertama. Drama pun mulai menarik ketika gadis kecil ini tumbuh dewasa dan memutuskan untuk mengikuti seleksi Sandbox. Sandbox ini sendiri dikonsep seperti Silicon Valley, sebuah lokasi yang mejadi markas berbagai perusahaan rintisan besar dunia.

10. The Good Doctor


Waktu itu aku lagi suka banget drama kedokteran, ini salah satu yang terbaik. Mengangkat kehidupan kedokteran yang tidak biasa, yaitu seorang dokter jenius yang memiliki gangguan autisme yang tinggi. Disini kita bisa melihat bagaimana dia berusaha menjadi dokter yang baik, meanwhile mengatasi berbagai masalah politis di sekitarnya, tentunya dengan dukungan mentor yang baik, serta kekasih yang mendampingi, hehehe. Mentornya ini diperankan oleh salah satu pemain favorit aku, Joo Sang Wook. Berhubung cerita ini memang menarik, Amerika membuat vesi baratnya, tapi menurut aku ini lebih bagus sih daripada yang barat.

Well, itu dia 10 rekomendasi drama korea di netflix versi Alohomora. Kalo kalian punya top 10 list drama korea, bisa share di kolom komentar yaa! Happy watching and stay safe :)

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code