Ad Code

Film terbaik tentang Persahabatan Manusia dan Anjing

Hello Moviegoers! Kali ini, Alohomora mau memberikan rekomendasi tentang persahabatan Manusia dan Anjing. Kenapa Anjing? Aku juga ga tau sih kenapa tapi cerita soal persahabatan manusia dan hewan itu paling banyak tentang Anjing, kalo kalian ada rekomendasi film persahabatan soal hewan selain Anjing, boleh spill di kolom komentar ya.

Berhubung Anjing itu adalah salah satu hewan peliharaan, film tentang Anjing tidak jauh dari film keluarga. Jadi, kalo kalian suka sama film tentang family matters ataupun pecinta Anjing, you'll love this list! Semua film ini membuat aku terharu dan menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir (Soalnya ada beberapa film tentang Anjing lain yang aku coba nonton dan aku terharu juga tapi aku cepetin gitu, soalnya ya jujur aja membosankan, wkwk).

Rekomendasi Film untuk Dog Lovers menurut Alohomora

1. Togo


Sebuah film tentang perjuangan seorang anjing dan Seppala dalam perjalanan untuk menyelamatkan umat manusia, yang tentu saja membahayakan untuk keduanya karena badai sedang melanda wilayah tersebut. Film ini menceritakan bagaimana awalnya Togo sebagai anjing kecil dibuang oleh pemilik sebelumnya karena dianggap tidak berpotensi menjadi penarik kereta salju yang rutin diperlombakan di kota mereka. Togo pun diberikan ke Seppala untuk dirawat, berjalannya waktu ternyata Togo justru anjing yang sangat aktif dan cerdas. Dia pun menjadi langganan juara penarik kereta salju waktu itu.
Hingga suatu hari, wabah difteri melanda kota Nome sehingga harus dikirimkan serum, tetapi cuaca sangat buruk. Pada saat ini, Togo sudah tak lagi muda, dia sudah berumur 12 tahun, hanya saja dia dan Seppala adalah kombinasi terbaik untuk kereta salju sehingga semua orang berharap pada mereka. Demi menyelamatkan umat manusia yang lebih banyak, mereka pun melakukan perjalanan itu. Kita akan disugukan bagaimana perjuangan mereka berdua, betapa cerdas dan kuatnya Togo sebagai seekor Anjing untuk melakukan yang terbaik bagi umat manusia. Serius, seru banget, menegangkan, sekaligus mengharukan. Apalagi, berita justru membuat anjing lain yang menjadi pahlawan, yaitu Balto, karena merupakan anjing terakhir yang membawa serum. Padahal dia hanya membawa 55 km saja! Sedangkan Togo harus melewati badai selama beratus-ratus km. Ini serius bikin kesel juga, aku emosi pas nonton. Well, tapi gapapa sekarang kita jadi tahu kisah yang sebenarnya melalui film ini.

2. Hachiko: A Dog's Story


Berawal dari seorang Pria yang  menemukan seekor anjing di stasiun kereta dan membawanya pulang. Keluarganya yang awalnya menolak, tetapi karena anjing ini memang baik dan menggemaskan pada akhirnya semua orang menyukainya. Anjing ini bernama Hachi, karena asal ceritanya memang dari Jepang, kalian bisa memilih untuk nonton versi jepang ataupun barat, sama bagusnya.
Hachi memiliki tradisi untuk selalu mengantarkan Tuannya hingga ke stasiun dan menjemputnya lagi ketika sore hari. Hal ini berlangsung selama bertahun-tahun hingga suatu hari, Tuannya tidak kembali pulang. Iya, Pria itu  meninggal dunia, tetapi Hachi terus  menunggu disana sepanjang malam dan selalu kembali keesokan harinya, berharap Tuannya akan kembali pulang. Semua orang di kota itu berupaya memberitahu Hachi, bahwa Tuannya tidak akan kembali lagi, tapi Hachi masih tetap menunggu hingga akhirnya dia pun sakit dan meninggal. Kesetiaan Hachi menginspirasi seluruh penduduk di kota itu, Shibuya, hingga dia pun dibuatkan patung sebagai penghormatan bahkan diperingati hari kematiannya.
Walaupun terkesan membosankan, seakan-akan kalian akan nonton film Anjing menunggu majikan di stasiun selama berjam-jam lamanya, tapi pada kenyatannya tidak membosankan sama sekali karena ada hal-hal yang terjadi ketika dia menunggu disana dan semakin lama kita pun ikut merasakan kesedihan dari seekor Anjing, Hachiko.

3. A Dog's Purpose


Film ini sangat menarik karena kalian akan melihat dari perspektif seekor Anjing, bahkan pas nemu aku komentar di otak "Kemana aja ya aku kok baru tau ini film", hahaha. Disini diceritakan bahwa Anjing yang telah mati akan reinkarnasi kembali menjadi Anjing lainnya dan memiliki tujuannya tergantung siapa majikannya. Berawal dari menjadi seekor Anjing peliharaan untuk seorang anak lelaki, bernama Ethan, hingga Ethan menjadi dewasa dan Anjing ini pun meninggal. Dia pun hidup kembali menjadi Anjing lain dan dipertemukan dengan majikan lainnya. 
Well, tetapi universe mengembalikannya kepada majikan awalnya, dimana kehidupan Ethan bisa dibilang sedang berantakan dan kesepian. Anjing ini pun mempunyai tujuan baru untuk membuat bahagia kembali majikan lamanya itu. Awalnya Ethan tidak menyadari bahwa roh yang ada pada Anjing itu adalah Anjing lamanya, tetapi semakin lama tingkah laku Anjing ini seperti mengingatkan masa lalu dan akhirnya dia pun sadar kalau itu dalah Anjing lamanya. Sepanjang film, kita akan banyak tertawa dan terharu. Disini tidak diceritakan hubungan antara Anjing dan Manusia saja, tetapi hubungan antar Manusia dan keluarga juga sangat kental, tentu dalam perspektif Anjing.

4. A Dog's Journey


Ini adalan sekuel dari A Dog's Purpose. Kita akan diperlihatkan kehidupan Anjing ini, sebut saja Bailey, setelah dia berhasil membantu Ethan memperbaiki hidupnya. Di film ini, Bailey memiliki majikan baru, yaitu cucu Ethan bernama CJ dan mereka berdua juga saling terkoneksi satu sama lain. Suatu hari, CJ dijemput ibunya untuk pindah ke kota besar, Bailey pun merasa sedih hingga akhirnya meninggal (Kalo meninggalnya kayaknya karena udah tua sih, bukan karena sedih, wkwk).
Seperti film pendahulunya, dia pun reinkarnasi menjadi Anjing lain, tetapi dia sudah punya tujuan sekarang, yaitu mencari CJ dan menjadi Anjingnya lagi. Dia pun berhasil menemukan CJ dan kita akan disuguhi kisah seorang anak dari single parent yang kurang perhatian dan bahkan dijauhkan dari kakek nenek yang menyayanginya. Bagaimana sang Anjing membantu anak ini untuk mampu melewati masa kritis di hidupnya sehingga tetap merasa bahagia.
Walaupun ini sekuel, tapi nilainya masih sebagus film sebelumnya karena kisah yang disajikan memberikan cerita kehidupan keluarga yang berbeda dan tentu saja masih dalam perspektif seekor Anjing.

5. Rescued by Ruby


Cerita ini merupakan kisah nyata yang mengharukan mengenai kegigihan seseorang untuk menggapai cita-citanya. Daniel adalah seorang polisi yang memiliki sindrom hiperaktif dan susah untuk fokus, tetapi dia pekerja keras dan sangat suka Anjing. Daniel berambisi untuk menjadi seorang elite K9 unit, unit yang bertugas dengan Anjing pelacak. Dia pun menemui kepala dari unit K9 dan berharap untuk diberikan kesempatan. Awalnya sulit, karena kepala unit tidak percaya bahwa Daniel bisa fokus dalam menjalankan tugasnya, terlebih lagi tidak ada budget untuk membeli Anjing baru. Well, tapi pada akhirnya dia diberi kesempatan tetapi dengan syarat untuk mencari sendiri Anjing yang akan dia latih.
Daniel pun ke tempat penampungan Anjing untuk meminta jenis anjing Shepherd, tetapi hanya ada anjing ras campuran. Dia pun diajak pemiliknya untuk melihat-lihat terlebih dahulu hingga Daniel pun bertemu dengan Ruby, seekor anjing campuran Shepherd x Border Collie. Daniel pun menyukainya dan mengadopsi Ruby. Ketika sampai di rumah dia pun menyadari bahwa Ruby adalah seekor Anjing yang sangat sulit diatur, sangat aktif, dan tidak bisa diam, tentunya bukan kriteria Anjing untuk K9 karena dibutuhkan untuk fokus. Awalnya, istrinya sangat tidak suka dengan keputusan Daniel untuk mengadopsi Anjing karena mereka akan memiliki anak kedua (sepertinya, masalah budget), tetapi begitu melihat Daniel dan Ruby bersama dia menjadi sadar, bahwa kedua Makhluk itu, memiliki kepribadian yang sama. Istrinya pun mendukung dan meminta Daniel untuk sabar dalam melatihnya dan tentu saja, keberhasilan akan mereka raih bersama dengan dukungan lingkungan sekitar yang punya positive vibes.
Cerita ini membuat kita menyadari bahwa jika kita berusaha tentu hasil yang baik akan datang. Ruby, sebagai seekor Anjing memberikan kapasitas terbaik dia untuk membantu Tuannya, bahkan memaafkan Tuannya walau Tuannya telah tidak mempercayainya dan bahkan memarahinya atas kesalahan yang tidak dia lakukan. Jadi kalau Anjing saja pemaaf masa manusia kalah?

6. The Art of Racing in the Rain


Film ini juga memperlihatkan kita dari perspektif seekor Anjing. Pada film ini diceritakan kehidupan seorang pembalap Nascar, dari awal merintis karir hingga redup dan tidak membalap lagi. Kisah bagaimana dia membangun kehidupan keluarganya dengan menikahi gadis pujaan, mempunyai anak, memiliki masalah keuangan. Lalu, semua yang tampak masih bisa di handle bertambah runyam karena istrinya terkena sakit kanker. Berada pada pilihan untuk merawat anaknya sendiri atau memberikan ke kakeknya, sungguh kita akan menonton dilema yang menurut aku pribadi, cukup realistis.
Cerita yang membahagiakan, menyedihkan, dan mengharukan akan bercampur disini. Pilihan yang diambil sebagai kepala keluarga juga cukup realistis dan masuk akal. Mulai dari alasan sang kakek yang meminta untuk merawat cucunya hingga Daniel yang menolak, semua berdasarkan psikologis sebagai kakek dan ayah. Termasuk kemarahan dan emosi yang istrinya keluarkan di film ini, semua terasa "hal ini dan pilihan yang dilakukan para karakter itu sangat mungkin terjadi di dunia nyata".

7. June dan Kopi


Kali ini datang dari film dalam negeri. June dan Kopi adalah nama anjing dari sebuah keluarga dengan Ibu, Bapak, dan seorang anak perempuan. Bisa dibilang June adalah anjing ibunya dan kopi adalah anjing bapaknya. Bagian yang lucu adalah anjing ini beneran hanya menyambut tuannya masing-masing, hahaha. Jadi, June ga akan lari ke si Bapak dan Kopi hanya akan bergerak kalo ada Bapak. Hiingga akhirnya anak perempuan itu lahir, anjing-anjing itu pun ikut menjaga sang anak dan bermain bersama.
Suatu hari, keluarga itu hendak berlibur tetapi tidak diperbolehkan membawa Anjing sehingga mereka terpaksa meninggalkan Anjing mereka di rumah dengan meminta bantuan kepada tantenya yang suka juga pada Anjing. Begitu, keluarga tersebut meninggalkan rumah. June mencari cara untuk keluar dari pagar hingga kesempatan itu pun datang, June dan Kopi akhirnya berhasil keluar dari rumah tersebut. Mereka mencari jalan untuk menuju tempat berlibur berbekal pada, tentu saja bau majikan. Perjalanan mereka tidak mudah, mulai dari kelaparan hingga mau diculik untuk dijual. Di sisi lain, sang Anak yang sedang berlibur bermain dan tersesat di hutan, semua orang kebingungan. Hingga akhirnya, para Anjing pun sampai disana.
Film ini bisa aku bilang lumayan menarik buat nobar bersama anak-anak, karena ceritanya cukup ringan dan dikemas dengan cukup baik. Tidak kalah sama film hollywood, hehehe.


Itu dia rekomendasi film buat para penggemar Anjing atau pun penggemar film keluarga. Semoga bisa jadi watchlist kalian di kala senggang dan menikmati kelucuan para Anjing di film-film tersebut 😇

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Thanks kak atas rekomendasi film tentang persahabatan ini. Kebetulan banget emang lagi nyari nyari film untuk ditonton. Bisa ku jadiin list nih film2nya

    BalasHapus
  2. Aku baru nonton yang Hachiko doang, karena emang legend banget sih si Hachi ini. Hehe. Tapi aku penasaran sama film yang pertama. Bisalah masuk watchlist nanti.. Makasih ya kak sharingnya..

    BalasHapus
  3. Hachiko paling bikin aku meleleh bahkan ditonton berulang kali masih sukses bikin termehek. 🤭

    BalasHapus
  4. Wah.. sya suka bgt ada artikel ulasan kaya gini.. bagus bgt.. menambah wawasan & pengetahuan sya ttg teater film..

    Smoga blog nya semakin berkembang & banyak menerbitkan artikel bermanfaat kaya gini yaa.. trims

    BalasHapus
  5. Pas nih. Buat nemenin weekend di waktu puasa ini. Biar puasa nya gak terlalu kerasa.
    Next rekomendasi situs buat nontonnya ka.
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. sedih dan terharu banget ngebaca yang list pertama. aku takut nonton yg sedih2. Aku mau nonton yang rubyyyy aaaaaa makasih buat rekom nya mbaaa. aku bentar lagi mw masuk polri juga cucoklahhh nonton ruby. aku juga uda perna foto bareng anjing K9 nya polri loh hahahahahaa punya polda metro jaya bhuahahahahahaa namanya bingbing 😆

    BalasHapus
  7. Huwaaa, paling nangis kalo nonton film ttg persahabatan manusia dan binatang. Hachiko udahlah jangan ditanya pas nonton banjir air mata 😭😭😭

    BalasHapus

Ad Code