Kuntum Farmfield

December 27, 2020

 Halo semua.

Aku mau kasih rekomendasi tempat wisata yang cocok banget untuk keluarga. Tempatnya juga tidak jauh dari pusat kota, Jakarta, dan tidak terkena dampak buka tutup puncak. Nama tempat ini adalah Kuntum Farmfield.

Source: Mrs. Dewi Ryan's Blog

Kuntum Farmfield terletak di Jl. Teras Hijau Residence Jl. Raya Tajur No.291, RT.01/RW.01, Sindangrasa, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor. Kalo kita liat nama jalan Raya Tajur maka terasa masih deket sama kota Bogor kan? Ya, memang masih deket banget dan aksesnya masih super easy. Letaknya juga deket komplek perumahan jadi tidak susah di cari sih, tinggal ketik di google maps, ikutin aja deh jalannya. Untuk detail lokasi kalian bisa klik maps dibawah saja yaaa.


Jadi waktu itu aku kesini karena mau menginap di Jambuluwuk Puncak, jadi sengaja cari tempat wisata yang ga terlalu jauh dan cocok juga buat anak-anak. Ketika pertama masuk, kita akan dikasih karcis di depan tapi bayarnya waktu keluar. Setelah itu masuk aja untuk parkir. Untuk tempat parkir lumayan leluasa karena pengunjung juga tidak bejubel sih.

Ketika masuk kita akan di cek suhu dulu (karena lagi pandemi huf) dan wajib pake masker. Lalu, harus beli tiket masuk terlebih dahulu, untuk anak > 2 tahun harus membeli tiket. Untuk harganya, yaitu 50k weekday dan 60k weekend. Diberikan juga beberapa pakan ternak yang ditukar menggunakan tiket kita, tapi nanti juga bisa beli kalau mau nambah. Untuk detail harga pembelian pakan dan lainnya bisa liat di gambar yang aku lampirkan yaa.


Dibagian depan, selain loket tiket, terdapat kafe dan tempat jual beli sayuran ataupun alat bercocok tanam. Untuk harga, aku kurang paham sih, lebih murah, normal, atau lebih mahal hehe. Cuma lumayan menarik, buat kalian yang setelahnya mau ke villa, bisa beli sayuran disini aja ga perlu bawa dari rumah, hehehe.



Setelah kalian beli tiket, kita akan masuk dengan menyerahkan tiket yg tadi sudah di beli. Lalu akan ada himbauan terkait protokol kesehatan karena masih dalam kondisi merebaknya virus corona. Di bagian bangunan waktu masuk, kalian bisa ambil topi petani buat dipinjem, supaya makin serasa jadi peternak gitu, hehe.


Topinya nanti dibalikin ya, jangan dibawa pulang


Ketika kalian masuk ke dalam farm, bagian pertama adalah kambing. Kalian bisa kasih makan kambing atau ngasih mereka susu. Disini ukurannya ada yg besar dan kecil, aku agak serem jg waktu mau kasih susu, soalnya takut berebutan! eh dan bener dong berebutan (tapi papa aku yg kasih soalnya aku ga tega liat mereka berebutan hahaha).





Lalu kita bisa lanjut masuk ke indoor. Disini kalian bisa beli makanan berbagai hewan juga, selain itu ada kandang hamster dan kadang kelinci. Super cute deh, jadi yg biasa trauma tikus, harusnya jd ga seberapa takut sih liat hamsternya, hehe. Kelincinya juga lucu lucu banget. Oh ya, aku nemu hamster pinokio! (apa itu dia lg sakit ya?)


Setelah puas dengan hamster dan kelinci, kita bisa lanjutkan perjalanan ke kandang sapi. Sapinya besar besar dan terlihat sehat, ada beberapa kandang yg lumayan berjarak aga jauh satu sama lain. Tentunya kalian bisa kasih makan juga, anyway better yg badannya lebih kuat ya haha takutnya jatoh kalo anak-anak ga kuat menahan tenaga baliknya sapi, hehe.

Setelahnya, ada unggas-unggas. Eh wait, kayak liat seseorang... Oh ada mba Nycta Gina yang berkunjung kesini jg sama keluarganya ternyata, pas plg lgsg cek ig, eh bener... tapi foto dia kok bisa artistik gitu ya, hahaha artis memang beda. Nah untuk unggasnya ada bebek, angsa, ayam, kalkun, dan ada kandang burung juga (cuma aku dan keluarga ga masuk ke kandang burung, ga tau kalo bisa dimasukin, mungkin kalian bisa coba ya).

Oh ya, ada suatu kejadian mencengangkan waktu aku berkunjung ke kandang angsa atau bebek ya, hehe memang agak ga update soal hewan, anggep aja entok deh... Nah jadi, waktu aku kesana, aku foto foto dan kiddos kasih makan hewan itu.. sampai aku sadar bahwa ada satu entok betina yang kakinya patah satu kayaknya... Awalnya, mau blg kiddos aja untuk ngasih makanan di deket nya si entok itu, eh tiba-tiba ada entok jantan dan maksa mau kawinin.... trus tiba-tiba juga semua jantan pada kerumunin dia! gila sih gimana ga sakit kakinya. Foto kejadian ini aku lampirin juga ya, silakan disimak, ew. Jadi ya kalo ada manusia yg kayak gitu, kalian ga lebih baik dari entok yaa..

Lalu, setelah selesai dari unggas, kalian akan menemukan tempat naik kuda, ini bayar lagi yaa. Kayaknya sih dewasa jg boleh naik, cuma biasanya anak kecil semua yang naik, hehehe.

Hehe ga adafoto kandang kudanya doang, jadi kasih foto aku di depannya aja ya

Next, ada kandang kodok, lalu ada kolam kolam berisi ikan.. Nah kalian bisa mancing dan challenge ambil ikan kecil. Tentu, aku tidak mencoba karena waktu itu ada challenge ambil ikan aja, sekeluarga ga ada yg bisa ambil udah sejam jg, hahaha, ga bakat hidup di hutan rimba.

So, overall tempatnya tidak terlalu besar, tapi tertata dengan cukup baik, hewan juga sangat terawat, menyenangkan juga di mata dan hati, cieilah. Aku merekomendasikan sih kalian liburan ke sini, soalnya ini juga ga terlalu jauh dari keluar tol, akses juga mudah, harga juga masih reasonable.

(-) Bangku untuk duduk-duduk kurang, kalo bisa diperbanyak, ini curahan hati ibu ibu yg geli sama hamster tapi harus nungguin anaknya di luar (iya, bukan aku ibu ibunya)

Yuk berkunjung kemari


No comments:

Powered by Blogger.