Paspor Baru (II): Kantor Imigrasi Kelas I Malang

May 28, 2015
Persiapan dan pendaftaran online dapat dilihat klik disini.

Kantor imigrasi kota malang terletak di jalan R. Panji Suroso No. 4 Kel. Polowijen, Kec. Belimbing, Malang. Patokannya adalah kalau dari arah malang kota ke arah terminal arjosari, dibawah flyover kan belok kanan, setelah itu belok kanan lagi (boleh juga pake jalan lain) Sesuaikan saja dengan denah dibawah ini. Penyakit agak mager membuat gue baru jam 8 berangkat kesana, karena dingin (nyetirnya pelan-pelan) akhirnya baru sampai jam 9 kurang. Fyi, kantor imigrasi malang hanya buka hari senin-jumat, senin-kamis istirahat pukul 12.00-13.00 & tutup pukul 16.00 dan jumat istirahat pukul 11.00-13.00 & tutup pukul 17.00.



Flashback. Keperluan yang disiapkan antara lain.
1. KTP (Asli dan Fotokopi)
2. Akta Kelahiran/Ijazah (Asli dan Fotokopi)
3. Kartu Keluarga (Asli dan Fotokopi)
4. Keterangan Kerja/Kuliah (Bisa KTM) [Untuk yang berada pada kota di luar KTP]
5. Surat Rekomendasi Travel (Terutama yang mau melakukan penambahan nama) --> Khusus yang mau umroh, biasanya ini di minta kalo tujuan ke daerah Arab karena lagi rentan soal ISIS waku itu (Kalau liburan biasa, tidak perlu)
6. Materai 6000

Berikut ini adalah urutan yang harus kalian lakukan dalam pembuatan paspor.
1. Menuju customer care.
2. Menerima nomor antrian.
3. Melakukan foto.
4. Melakukan wawancara.


Denah (maap agak gak jelas) Kantor Imigrasi Malang
Tips.
1. Kalau kalian datang kurang pagi maka dapat dipastikan anda menunggu 4-6 jam.
2. Silakan pulang atau bersenang2 dahulu jika ada tempat tujuan yang cukup dekat.
3. Jika tidak ada, siapkan film di hp atau tab, buku, ataupun bekal/cemilan.
4. Jangan lupa menggunakan kemeja yang bukan berwarna putih dan berlengan.
5. Kalo bisa sudah fotokopi dan siapkan materai sebelumnya (bisa di koperasi sih).
6. Disini tersedia air mineral gratis, plus colokan buat charger (jadi bawa charger sendiri).
Customer Care.
Ini adalah bagian yang sama seperti customer service, mereka yang mengecek dokumen serta memberitahu apa yang harus kita lakukan. Fotokopi yang digunakan untuk dokumen hanya 1 fotokopian. Jangan ada yang tertinggal ya (KTP, KK, Akta/Ijazah, Surat keterangan kerja/sekolah/kuliah, Surat rekomendasi travel), bisa repot nanti. Nanti bakal dikasih lembar pendaftaran yang harus diisi menggunakan bulpen dan huruf CETAK (besar semua), serta ber-materai 6000, tentunya tanda tangan yang menimpa materai.
Formulir Pernyataan
Nomor Antrian.
Setelah dicek kalian akan menerima nomor antrian, ada beberapa jenis nomor antrian. A, B, C, D adalah antrian untuk foto dan wawancara yang membedakan adalah cara daftar yang dilakukan. Pada kantor imigrasi malang, pendaftar online biasanya mendapat antrian dengan huruf C. Sedangkan untuk huruf E adalah antrian pengambilan paspor. Apabila sudah mendapat nomor antrian, silakan menunggu dan jika mau ditinggal diperkirakan waktunya karena jika tidak hadir akan segera dilewati.

Foto Shoot.
Kalian akan ditanya kemana tujuannya, juga menunjukkan dokumen asli serta berikan map yang kalian pegang. Foto ini mau gimana pun bentuknya jarang sekali akan diulang. Jadi ya bagus atau ngga, terima aja ya. Setelah itu dokumennya akan di input.

Wawancara.
Jika data kalian sudah di input maka map tadi akan diberikan lagi kepada kalian. Setelah itu, pe-wawancara akan memanggil nama kalian. Dari pengalaman saya sih, yang ditanyakan antara lain, (1) nama lengkap (2) tempat tanggal lahir (3) nama lengkap orang tua (4) mau kemana tujuannya (5) kapan berangkat. Setiap pe-wawancara memiliki pertanyaannya yang berbeda-beda, cowok di sebelah saya ditanyain kehidupan sehari-hari juga, rempong bingit. Jawab aja apa adanya. Setelah ditanyakan lolos maka akan diberikan surat tanda terima paspor yang diambil 3 hari kerja. Waktu itu, saya datang hari senin maka akan jadi hari kamis.

Pengambilan Paspor.
Untuk pengambilan paspor kalian boleh datang jam berapa pun, asal jangan dekat-dekat jam tutup. Kalian tinggal datang, tunjukkan surat tanda pengambilan ke satpam, nanti akan diberikan nomor antrian dan ini sangat cepat guys. Nama kalian dipanggil, datangi loket, tanda tangan, ambil, fotokopi satu lembar (disana ada koperasi kok), berikan lagi, dan silakan dibawa paspor tersebut, selesai! yipi.

Berhubung waktu hari senin saya tidak membawa surat rekomendasi travel, jadi saya akan melakukan penambahan nama setelah paspor selesai. (Saya mau ke Arab Saudi jadi harus tiga suku nama). FYI, semuanya gratis! Kalian cukup membayar 1 kali di BNI dan setelah itu tidak ada pungli, silakan bikin paspor sendiri, no calo ya XD
To be continue.

10 comments:

  1. kalo via elektronik pernah nyoba ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya via elektronik gimana ya mba? Saya sih daftarnya online tapi tetep kudu dateng kesana mba buat foto dan wawancara.

      kalo untuk e-paspor juga caranya sama aja, online hanya untuk pendaftaran dan bayar bisa di bank, tapi tetep harus dateng kesana juga mba xD

      ini setau saya sih, gak tau kalo ada cara baru via online :)

      Delete
  2. mbak kalo saya mau bikin paspor tapi untuk keperluan jalan-jalan di luar negeri di masa depan tapi nggak tahu kapan dan mau kemana gimana ya mbak? karena ini lagi mengincar tiket promo jadi nggak ada rekomendasi travel

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah kok. nanti pas wawancara tetep ditanya sih mau kemana, km bilang aja mau liburan ke singapore. kakak aku juga bikin kemarin walau belum mau pergi kemana-kemana.

      Delete
  3. Hi,

    sy KTP bukan Malang, kerja di Surabaya, bole ngga ya ngurus paspor di Malang?
    Skalian kuliner gitu, sama2 pake cuti 1 hari. Di Surabaya gila2an antriannya, tdk diimbangi pelayanan yg profesional. Kalau mau cepat hrs bayar lebih, 1 juta gitu, ya mana mampu gue....

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih bisa aja, kan milih kantor imigrasinya manual. cuma gak tau deh petugas imigrasinya problem atau ngga. biasanya pas wawancara sih yang ditanyain kenapa ada di malang, dsb.

      Delete
  4. kira kira brapa biayanya ,apa hrus lewat bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, biaya tergantung jenis paspor yang kamu pilih. paspor biasa/ e-paspor dan halamannya berapa, biasanya sih kalo yang biasa pilihnya 48 halaman, soalnya kalo 24 halaman biasanya buat tki.

      dulu sih sekitar 360k-400 ya yang pasport biasa 48 halaman.

      untuk pembayaran, di kantor imigrasi seinget aku sih ada kasir ya. mungkin bisa bayar disana. eniwei skrg lagi gak bisa daftar online, jadi kalo mau daftar lgsg dateng ke kantor imigrasi terdekat ya :)

      Delete
  5. surat rekomendasi travel itu wajib nggak ya, boleh nggak bawa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak wajib ya.. Ini kalo mau umroh aja sih yang harus lampirin.

      Delete

Powered by Blogger.