PHP (Pemberi Harapan Palsu)

April 11, 2014

Akhir-akhir ini kata PHP selalu terngiang dalam hidup gue, baik itu dalam artian sesungguhnya atau pun singkatan anak muda galau. Kali ini yang mau dibahas PHP yang kedua alias Pemberi Harapan Palsu. Kata orang sih pemberi harapan palsu ini adalah orang yang memberikan harapan tapi sayangnya itu semua hanya kepalsuan. Misalnya, ada orang ngajakin ketemuan trus dia gak dateng atau ada orang pdkt sama kamu trus dia jadian sama yang lain. Gue juga rada gak paham sebenernya ciri-ciri PHP kayak apa, karena gue juga dibilang seorang PHP (jomblo akut aja sok sok PHP cowok), padahal gue aja gak paham yang namanya PHP tuh kayak apa hahaha. Sejauh ini gue gak pernah tetiba jadian sama cowok lain, yaiyalah orang jomblo akut. Baiklah sebelum kita memulai membahas kehidupan PHP dalam hidup gue, gimana kalo kita kasih pengantar mengenai ciri-ciri PHP menurut beberapa blog.
Pukpukpuk aja kalo udah begini
Menurut Gadis, Cowok & Cewek PHP itu...
Menghubungi secara “musiman”. Cowok ini menghubungi kita sesekali aja dan sangat random. Dia bisa intens mendekati selama seminggu, setelah itu menghilang berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan seseolah ditelan bumi. Terus, suatu saat dia bakal kembali  hubungin kita dengan modus serupa.
Nggak menepati janji. “Nanti aku telepon, ya.”, “Kapan-kapan aku ke rumah kamu.” Walaupun dikatakan dengan cukup meyakinkan, namun ‘nanti’ (apalagi ‘kapan-kapan’) ini nggak pernah diwujudkan.
Jago ngomong dan flirting. Dia nggak canggung berdekatan dengan kita, bahkan bisa dengan lancarnya flirting. Caranya yang smooth dan lihai dalam mendekati, membuat cewek mudah tertarik. Tapi cuma sebatas itu saja, dia nggak pernah membahas perasaan dengan lebih serius. 
Akrab dengan banyak cewek. Dia dekat dengan banyak cewek. Ini bisa dilihat dari keseharian maupun lewat sosial media-nya
Sikap berubah-ubah. Hampir sama dengan pola dia yang nggak jelas dalam menghubungi kita, sikap dia pun nggak kalah random-nya. Bisa dalam sehari, dia akrab banget sama dia. Eh, keesokan harinya dia seolah amnesia dan melupakan momen tersebut. 
Sikapnya saat di depan teman-teman beda. Di depan orang-orang, dia nggak pernah menunjukkan kedekatan dengan kita. Apalagi menunjukkan rasa suka.
Nggak mengenalkan kita pada orang yang dekat dengannya. Yup, dia nggak pernah mengenalkan teman dekatnya atau keluarganya.
Dekat dengan orang yang naksir sama kita, meskipun kita nggak naksir.
Diantar-jemput sama cowok yang nggak ada hubungan spesial bukanlah hal yang aneh bagi kita.
Membutuhkan waktu lama untuk menentukan suka atau tidak dengan seseorang. Sampai harus jalan bareng dan dekat sampai berbulan-bulan.
Nyaman dengan zona pedekate, ketimbang berstatus.
Bisa perhatian dan bermanja-manja sama teman cowok.
Nggak berusaha menghentikan cowok yang mengejar, meskipun kita sendiri tahu bahwa kita nggak suka sama dia.
Menurut kita, nggak ada masalah dekat dengan beberapa cowok sekaligus. Saat belum ada status jadian, sah-sah saja berdekatan dengan siapa pun. (yak ini sangat menyindir gue)
Menurut masbocah.com, Cowok & Cewek PHP itu...
Cepat datang, cepat pergi - Ini yang pertama. Mimin sering liat nih yang model begini. Baru kenal langsung cusss gencar tanya - tanya tentang kita alias kepo, sok - sok perhatian. Trus tiba - tiba "Tuing..!!" Ilang entah kemana kaya om jin. Biasanya sih ngilangnya karena nemu cewek ato cowok baru yang menurut dia lebih oke. Kalo udah begitu coret aja dari daftar. Nah itu yang pertama. Yuk kita lanjut ke paragraf berikutnya.
Baru kenal, udah bilang suka - Nah ini hampir sama kaya yang pertama itu, tapi yang ini lebih agresif lagi. Baru kenal sebentar, tau - tau bilang suka. Hadeeehh kelaut aja gan ( ¬˛ ¬"). Yang model begini nih yang bahaya. Soalnya, hampir dipastikan si dia suka ama kita karena fisik kita doank, entah karena punya tampang yang rupawan kaya mimin patrick #eh, tampang yang cantik, atau karena hal yang lain. Nah kalo udah begitu, bukan gak mungkin kan kita bakal cepet ditinggalin juga kalo dia nemu yang "bagusan dikit"? Pasti pemirsa tau kan maksud mimin?
Gombal sana sini - Yang ini biasanya cowok PHP nih. Gombalannya gak ketulungan dah. Contohnya nge-gombal kaya gini nih "Kamu cantik ya, seperti bidadari jatuh dari empang" - "Wah mata kamu biru! bagus deh. Pake kunci kontak ya? *Kontak lens..!! Щ(º̩̩́Дº̩̩̀щ)*" dan semacam itu lah yang bikin kita GR. Udah gitu gombalannya bukan cuma buat kita lagi. Hadeehh ╮("╯_╰)╭. Nah bagi yang sering digombalin macem itu, mending tendang Σ(゚∀´(┗┐ヽ(・∀・ )ノ aja dah tu orang. Karena hampir dipastikan dia udah pengalaman dan sering begitu ama cewek lain. Oke kita lanjut lagi ke paragraf berikutnya
Tebar pesona dengan gaya yang sok cute - Nah kalo yang ini biasanya juga cowok PHP, dan emang harus modal gede. Maksudnya itu modal tampang, modal popularitas (misalnya anak band dan kawan - kawan) dan sedikit modal gombalan. Siapa sih yang gak suka cowok populer? Anak band lagi. Pokalis lagi! (σ`▽´)-σ Ceilaaahh. Pasti punya kebanggaan tersendiri bagi cewek yang deket. Naitu yang biasanya dimanfaatkan. Kalo kita (cewek) dideketin atau digombalin ama dia, pasti serasa udah terbang tinggi banget alias ke-GR-an. Padahal belum tentu dianya beneran suka ama kita kan?
Janji setia tanpa memberi kejelasan status - Ini yang paling parah dari semuanya menurut mimin. Biasanya keseriusan itu ditunjukkan dengan komitmen. Buat cewe, komitmen yang paling tinggi peringkatnya adalah pernikahan. Iya toh? Nah kalo misalnya dia janji bakal setia ama kita tanpa komitmen seperti itu, bisa jadi dia cuma PHP. Kecuali si dia emang belum mampu buat bangun keluarga sih ya wajar. Tapi kalo udah punya ini itu dan tetep gamau nikah? Naitu patut dicurigai dah.
Menurut mas Shitlicious.com, Cowok & Cewek PHP itu...
Suka manggil sayang-sayang. Nah.. ati-ati sama orang yang kayak gini. Kalo misal kalian baru kenal, dan belom jadian, tapi dia udah manggil-manggil kamu dengan panggilan "Sayang", waspada aja.. Kalo suatu saat dia tiba-tiba pergi, itu baru namanya PHP. Karena panggilan "sayang" itu punya makna tersendiri bagi sebagian orang. Buat orang yang nggak ge'eran pun, bakal jadi ge'er kalo udah dipanggil "sayang" sama seseorang yang dia suka kan?
Suka pake emoticon monyong. Ini juga patut diwaspadai kalo lo lagi BBM-an sama seseorang yang lagi deket sama elo. Belom jadian udah berani make emoticon cium-cium, menandakan kalo dia lagi mancing elo biar elo juga make emoticon yang sama, lalu elo ngasih lampu hijau. Dan, kalo dia endingnya ngilang gitu aja, tanpa dilanjutin PDKT-nya, itu lah wujud dari PHP.. Santet aja~
Suka ngegombal romantis. Kalo elo lagi deket sama seseorang, dan dia suka ngeluarin kalimat-kalimat "maut" buat elo, sehingga elo kelepek-kelepek karena terpesona, artinya dia emang udah ngasih harapan.. Palsu atau nggak harapannya, tergantung.. Dia ngilang atau lanjut sama elo.. :)
Menurut ciricara.com, Cowok & Cewek PHP itu...
Ramah - Banyak cewek yang memang pada dasarnya suka bersikap ramah terhadap orang lain, baik ke cowok maupun cewek. Cewek seperti ini patut diwaspadai. Jangan sampai menyalahartikan keramahannya sebagai lampu hijau bahwa ia tertarik untuk menjalin hubungan denganmu. Coba kenali lebih dalam dulu tentang dirinya, apakah keramahan dia terhadapmu itu spesial atau ia memang terbiasa ramah kepada siapapun yang ia jumpai.
Senang memuji - Cewek yang senang memuji kamu tidak selalu berarti ia ingin berhubungan denganmu. Bisa saja ia memuji karena kamu memang patut dipuji. Atau bisa jadi ia adalah playgirl yang gemar mendekati semua cowok yang menurutnya menarik. Salah satu ciri cewek playgirl adalah suka “menempel” cowok-cowok bermagnet sekelilingnya. Kalau kamu termasuk cowok tajir, bisa jadi taktik pujian itu hanya untuk mendapatkan traktiran makan malam atau baju baru. Waspadalah! 
Rela dicurhatin - Ada beberapa cewek yang mau menjadi “tempat sampah” dari pagi sampai pagi lagi bagi para cowok yang sedang galau. Artinya, cewek-cewek ini rela dijadikan tempat curhat ketika cowok sedang mengalami masalah. Namun, jangan salah terka. Banyak cewek yang menjadi tempat sampah tapi bukan berarti ia mau pacaran dengan cowok yang mencurahkan isi hati kepadanya. Bisa saja ia hanya mau menunjukkan rasa simpati dan mau membantu teman yang sedang bermasalah dengan ikhlas hati. Jadi, pandai-pandailah membaca situasi. 
Perhatian yang berlebihan - Ciri keempat ini yang paling susah dianalisis. Cewek PHP biasanya suka memberi perhatian yang lebih terhadap seorang cowok. Namun cewek yang benar-benar sedang serius melakukan PDKT pun juga kerap melakukan hal serupa. Saat seperti ini, kamu harus memiliki intuisi yang kuat untuk dapat membedakan cewek yang benar-benar tulus memberikan perhatian dan yang tidak. Jadi, gunakan intuisimu ketika menemui hal semacam ini.
HAHAHAHA
Cowok supel - Hati-hati dengan cowok yang memiliki teman banyak dan ada di mana-mana. Biasanya cowok seperti ini suka memberikan harapan palsu pada perempuan. Bila cowok seperti ini naksir pada salah satu perempuan, maka ia akan terlebih dahulu menelepon atau sms kamu. Ketika mengobrol dengan kamu pun tentunya ia akan menceritakan sesuatu yang menarik dan membuatmu selalu tersenyum. Cara yang dilakukannya itu hanya untuk sekedar ramah-tamah dan untuk membuatmu jatuh hati saja kepadanya. 
 Cowok kharimatik - Cowok kharismatik terkadang membuat sebagian perempuan ingin memilikinya. Namun, hati-hati juga dengan cowok yang seperti ini karena biasanya ia hanya tebar pesona saja kepada kamu. Tebar pesona yang dilakukannya tentunya akan membuat kamu terkesima dengan kharisma yang dimiliki cowok tersebut. Untuk itu, kamu harus tetap waspada agar tidak tertipu oleh kharismanya dan harus bisa membedakan mana karisma yang asli dan palsu. Bila tertipu olehnya, maka kamu akan diberikan harapan palsu.  
Cowok suka gombal - Cowok pemberi harapan palsu adalah rajanya tukang gombal. Cowok seperti ini biasanya akan sms atau telepon kamu menggunakan kata-kata mesra dan tentunya akan membuat kamu jatuh hati kepadanya. Bila sudah jatuh hati kepadanya, maka harus diwaspadai karena lama-kelamaan mungkin kamu akan disakiti olehnya. 
Cowok pemberi perhatian lebih - Cowok pemberi harapan palsu juga suka memberikan perhatian yang berlebihan kepada perempuan yang ditaksirnya. Biasanya ia akan sangat sering untuk menghubungi kamu baik itu sms maupun telepon. Selain itu, ia juga akan lebih sering mengajak kamu untuk pergi makan atau ke bioskop. Namun, cowok pemberi perhatian lebih ini harus tetap kamu waspadai sikapnya bila ada tanda-tanda yang mencurigakan.
Well dari sekian banyak sih. Kayaknya gue pernah deh di PHP sama pria tapi gue gak sadar aja, karena menurut gue yang namanya pdkt itu adalah masa-masa bebas menyenangkan kalian. Kalian bisa aja deket sama banyak orang, flirting sana sini, tanpa terikat, jadi kalo semisal dia atau lo jadian sama yang lain yaudah bukan jodoh namanya. As simple as that, gak usah dibawa pusing. Walau cowok bilang sayang sejuta sayang, gombal seribu gombal, kalo kita gak geer, kalian gak bakal nyebut mereka php kan? hahaha. Ya bagaimana pun PHP memang menyakitkan dan harus dihindari.


Kenapa gue nulis ini? Karena gue dibilang "miss php" sama temen-temen gue. rrr. Setelah gue telaah, bisa jadi sih gue memang miss php hahaha! Berarti kadang php-ers itu suka gak sadar bung. Well, sebenernya sih gue gak ada maksud untuk php ataupun mainin perasaan orang. Bisa dibilang gue itu memang 1) manja 2) suka diperhatikan 3) supel. Nah dengan gue yang manja dan suka diperhatikan dengan cara wajar, ya menurut gue sih fine-fine aja, bodohnya gue itu suka gak peka. Gue gak peka kalo ada yang suka kecuali udah 'terang-terangan'. Alasan selanjutnya adalah gue males memulai hubungan kalo gue belum terlalu yakin sama cowok itu. Maksudnya sih, supaya gue lebih mengenal tapi ternyata perasaan gue tak kunjung datang. Walau begitu, kebanyakan gue bilang kok kalo gue belum mau pacaran dan sebagainya dan sebagainya. Buruknya lagi, gue suka banget temanan sama cowok karena mereka makhluk yang gak ribet dan kebanyakan sahabat gue sih bisa diandalkan.
Intinya sih ya kenapa gue terkesan selalu membuka diri untuk semua orang dan terlihat php adalah gue sebenernya mau banget membuka perasaan karena itu gue nyoba untuk 'suka' atau melihat apakah gue bisa tertarik sama mereka, tapi sayangnya mereka terlanjur geer, dan gue gak mau sekedar nyoba berhubungan serius kalo dari awal gue merasa kurang sesuai sama mereka. 

Hmm tapi pas gue baca-baca ciri-ciri diatas gue pernah juga di PHP pria, tapi untungnya gue juga belum ada perasaan apa-apa (habis seumuran sih :p) waktu itu, jadi hati gue gak ada bunyi kretek-kretek di dalam. Anehnya waktu itu gue gak sadar kalo di PHP hahaha. Jadi gue kenal dia di salah satu sosial media semacam facebook gitu. Akhirnya kita kenalan dan tukeran id bbm dan skype. Lambat laun kita bbm-an setiap hari. Dia itu orangnya perhatian, suka bawel gitu deh dan memberikan nasihat-nasihat, sok dewasa, suka memuji semacam bilang cantik dan kawan kawan, dan terkadang bilang-bilang sayang. Entah kenapa gue tau dia cuma main-main, jadi gak gue seriusin. Berhubung secara fisik dia itu lumayan, jadi gue tanggepin aja. Nah sekitar 1 bulan kita chat, kadang skype, bahkan dia nelfon ke hp, tiba-tiba dia hilang trus jadian sama cewek lain. PHP! Trus gue? Gue biasa aja dan gak merasa di PHP juga, gue bahkan baru sadar akhir-akhir ini hahaha. Respek gue turun drastis ke dia karena pas dia udah jadian sama cewek lain itu, dia suka banget nelfon skype gue yang gak pernah gue angkat dan bertindak sok perhatian. Waktu itu dia bilang "kamu kemana sih? kok gak ada kabarnya? jangan ilang gitu dong", gue ketawa aja waktu baca. Gue suka heran deh sama cowok-cowok yang udah punya pacar tapi masih aja ngejar cewek lain, maklum ya agak sensitif nih sama yang bau-bau perselingkuhan. Fungsinya apa gitu? Ban serep?

Ada juga cerita lain. Jadi gue juga kenal di sosmed (anak sosmed banget ya gue), kita tukeran segala macam yang bisa dihubungin. Belom pernah ketemuan. tapi merasa cocok dalam segala hal. Lucunya omongan kita itu selalu terbuka. Dari mulai bilang tertarik sampai bilang suka, menurut gue kalo bilang suka dalam waktu yang relatif cepat adalah wajar karena suka itu hanya setengah tingkat diatas tertarik, jadi kalo kalian tertarik sama seseorang dan merasa cocok ya gampang aja buat naik setengah tingkat (suka menuju sayang itu yang bertingkat-tingkat). Tapi notabenya cowok ini suka menghilang terkadang, walaupun ketika gue sapa dia selalu membalas dan minta maaf. Cowok ini suka banget muji segala hal dan kadang gue merasa risih karena semacam beban di puji-puji berlebihan. Lambat laun dia suka banget manggil 'sayang'. Kadang suka ngegombal sangat menjurus, misal ngomongin istri-suami atau berbau status gitu. Looks like PHP? Ya, tapi gak ada yang tau dia itu sengaja PHP atau memang gak sengaja seperti gue biasanya. Gue gak tau juga omongan serius kita waktu itu beneran serius atau ngga. Dari beberapa chat yang gue telaah, ternyata gue PHP juga. Gue suka ngasih emote yang agak menjurus, memberikan perhatian berlebih, bahkan bercanda soal pacaran. Jadi gue gak ngerti sebenernya ini siapa PHP siapa atau mungkin kita berdua sebenernya gak ada yang PHP, cuma bingung aja harus melakukan apa karena belom pernah ketemu hahaha. Soal dia suka menghilang gue gak paham juga sih ya kenapa, mungkin gebetannya bukan cuma gue doang atau bisa jadi dia memang seperti ninja kayak yang dia bilang atau memang di luar jangkauan. Ya bagaimana pun, selama orang itu masih ada ketika lo tanyain menurut gue dia gak PHP karena sesungguhnya memang tidak ada PHP kalo tidak ada yang geer kayak cerita gue diatas tadi. Well, kalo ini akhirnya gue yang nemuin pria lain karena dia udah ga ada kabar, jadi gue anggep angin lalu, sampai suatu hari dia ngehubungin gue lagi dan menurut gue dia juga udah ada gebetan baru kok (walau bilangnya ga ada), tapi tetep sih kita sempet ngebahas juga tentang masa lalu itu hahaha.
Jadi, kalian harus bisa bedain kalian itu di PHP atau geeran aja. Kalo kegeeran biasanya, si oknum suka menceritakan ke kalian tentang gebetan mereka, terlalu selow atau santai untuk ngajak jalan duluan, kalo cewek selalu mau nyapa lo duluan bisa jadi dia cuma nganggep lo temen, kecuali emang dari awal dia yang deketin lo, dan liat apakah dia memperlakukan lo sama dengan yang lain? Karena orang supel emang susah dibedain kapan dia naksir kapan dia ngga. 

Gue setuju sih PHP itu adalah ketika orang itu suka bilang-bilang sayang, gombalnya menjurus ke pacaran tapi pas lo tanyain dia ngalihin pembicaraan (padahal lo udah nanya dengan hati-hati banget dan serius, bukan mau jadi pacar gue atau ngga loh nanyanya hahaha), kata-kata "jalanin aja dulu" menurut gue belom tentu PHP karena gue kalo ngomong kayak gitu ya serius berarti gue tertarik cuma masih mau meyakinkan diri aja dan memang untuk meyakinkan diri itu gak sebentar. Kalo sekarang karena udah tua begini dan udah capek bermain hati, gue lebih suka to the point. Bukannya pacaran sih, tapi masih dalam tahap apakah ada ketertarikan yang sama diantara kalian, jadi mending langsung dikomunikasikan gitu tujuan kedekatan kalian itu apa. Kalo gak ada kan berabe, lagian biasanya gue tau sih mana yang deket sebagai temen mana yang ngga (gunkan feeling kalian). Jadi sebelum kalian merasa di PHP, coba ditelaah dulu kalian yang geer atau beneran di PHP oleh Sang Cassanova. Saran gue sih, untuk memperjuangkan seseorang itu, usahakan orang itu membuat lo nyaman dalam segala hal, ketika sweet, marahan, berantem, debat, melakukan keanehan, dan yang penting jadi diri lo sendiri, selain itu pilih yang mau kritik lo tapi bukan sekedar judging atau memaksa lo untuk berubah!

Last sentences untuk para cowok, sebenernya deketin cewek itu gampang apalagi kalo kalian memenuhi standar mereka, ketika kalian tau cewek ini tertarik sama kalian, tugas kalian adalah membuat nyaman, tapi jangan coba-coba membuat terlalu nyaman ketika mereka belom tertarik karena bisa berakhir pada friendzone. Membuat nyaman biasanya dari obrolan dan sikap yang gak overacting. Selain itu dengerin apa yang diucapin si cewek, misal dia minta supaya lo gak telalu deklarasi kalo lo suka, ya lo jangan berlebihan, seperti masang status pake inisial nama dia atau sesuatu yang berhubungan dengan dia, melakukan perlakuan yang sok ksatria padahal norak, pokoknya hindari sesuatu yang membuat risih. Kalo cewek curhat atau mengeluarkan pikirannya tentang sesuatu berarti dia nyaman sama lo. Perbedaan dia suka atau ngga adalah isi curhatnya, kalo dia cerita tentang cowok lain dan meminta pendapat lo gimana sebaiknya dia bersikap berarti itu bukan kode tapi bener-bener dia lagi suka sama cowok lain. Kalo semisal dia cerita tentang mantan atau cowok yang deketin dia dan dia looks like kurang interest sama perlakuan cowok-cowok itu, biasanya itu kode secara naluriah kalo mereka lebih nyaman sama lo daripada sama mereka atau bisa jadi lo lebih menarik daripada cowok-cowok yang deket sama dia. Kalo ini tinggal capcus aja deh bro. Goodluck! 'sesungguhnya setiap kalian PDKT disitu ada resiko PHP'
tidak semua orang yang pdkt sama kamu php, tapi tidak semua juga yang serius. everything has risk, life lesson.
Cassanova begitu menggoda

4 comments:

  1. Aku setuju tuh sama pendapat dari masbocah.com, tapi pendapat dari yang lain juga oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, tergantung perspektif orang aja lebih setuju yang mana :)

      Delete
  2. Waw... sebagai cewek gue setuju dari yang tertera diatas, ngerasain hal yang sama...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.