Mengurus STNK yang Hilang

July 30, 2011
Dari judulnya silakan kalian tebak saja tentang apa post kali ini.... Ya jelas berhubungan dengan legalitas kendaraan, seperti STNK dan nopol. Jadi kali ini gue akan menceritakan pengalaman gue membuat STNK baru yang notabenya hilang!
 
DSC00266
Awalnya gue cuma bikin surat keterangan hilang ke polres habis itu gue kirim ke Jakarta bersama dengan KTP asli gue, bagi yang belom tau motor gue atas nama gue yang ber-ktp di Jakarta tapi gue sekarang kuliah di Malang, tapi setelah bokap gue ke Samsat ciputat ternyata tidak bisa harus cek fisik bantuan. 
 

Sebelum kita lebih jauh mari kita beri pengertian apa itu Samsat? Sejujurnya gue juga baru nyari kepanjangannya pas gue lagi nulis, bisalah om google hehehe :p oke kembali ke laptop *tunggul style, Jadi Samsat itu adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Ada juga pengertian dari Tante wikipedia *sejak kapan wikipedia jadi wanita krikkrik* Samsat merupakan suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara baik melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ), dan dilaksanakan pada satu kantor yang dinamakan "Kantor Bersama Samsat". Mengertikan semuanya? oke fine kita lanjutkan.
 
Setelah itu, gue berniat buat mencari tau bagaimana caranya check fisik bantuan. Akhirnya gue browsing plus nanya sana sini. Berhubung sepertinya harus ada BPKP asli akhirnya gue meminta bokap gue mengirim kembali semua barang barang yang udah dikirim. Setelah sampai gue minta anterin Dyo ke Samsat Sukun di malang dengan memakai motor gue *iyalah gimana check fisiknya* ternyata tinggal lurus saja, capek sih tapi agak jauh dikit soalnya.
 
Akhirnya gue sampe Samsat Sukun, gue langsung disuruh ke tempat cek fisik. Habis itu kerena bingung gue masih muter-muter ke tempat fotokopian, tapi ternyata kalian hanya tinggal ngambil formulir check fisik habis itu pantengin deh di motor buat nunggu giliran plus nunjukin bpkp sama ktp asli *kalo diminta, gue saranin motor kalian dicuci dulu yaa <---ketauan jorok. Habis itu di kasih ke loket selanjutnya setelah berkasnya diisi habis itu disuruh nunggu. Kembali kesana jam 2, ternyata jam 1 udah tutup, cepet amat jam kerjanya. zzz
 
Besok paginya gue bangun pagi-pagi tanpa mandi tapi dengan makan akhirnya berangkat ke samsat, masih tutup aja ya loketnya. Gue pantengin didepan loket akhirnya dateng juga. Gue akhirnya minta berkas gue yang kemaren dan PUNGLI 100RIBU AJA YA WOY PLEASE BANGET! astajim yaudahlah gue pasrah –________–” Oke akhirnya gue mendapatkan surat keterangan yang gue ingin kan. 
 
Gue berada di Jakarta dan akan menuju Samsat Ciputat, Samsat Ciputat ini bagus sih gedungnya modern tapi agak kurang tentang petunjuk-petunjuk prosedur jadi kalian harus inisiatif buat nanya ke mas masnya. Oke gue sama bokap gue awalnya kurang inisiatif, akhirnya kita terlunta lunta geje dan bertanya sama pak polisi ‘pak mau ngurus stnk hilang gimana sp_a0049ya?’ ‘oh iya bikin surat keterangan lagi trus ke TU aja ya, mau ngurus sendiri?’ ‘hah? iya ngurus sendiri, jadi nanti blablabla ya pak?’ ‘iya mau ngurus sendiri ya?’ ‘iya pak’ oke udah ditawarin secara tersirat aja tuh tapi baiknya dia ramat oke it’s okaay. Jadi gue turun dan akhirnya gue nanya lagi ke tempat yang mirip constumer service. Setelah di check ternyata gue harus ngisi surat yang berisi bahwa stnk benar-benar hilang plus dikasih materai 6000 dan itu udah ada di fotokopian samsat plus melegalisir bantuan check fisik gue. Akhirnya setelah beberapa lama selesai juga 2 pekerjaan di atas, surat keterangannya 10ribu, pungli legalisir 10ribu. Habis itu gue ke TU setelah dimasukin nanti bakal dipanggil habis itu disuruh masuk ke dalem, dan oke ini pungli lagi 70ribu! cuma buat cap cap geje, habis itu gue disuruh masuk ke ruangan lagi yaa digodain dah gue sama mas mas gapapa deh gue jadi nunggunya diruangan ber-AC, soalnya mas mas setelah gue disuruh nunggu diluar. Habis itu gue di suruh ke loket BBN 2 (Bea/Biaya Balik Nama [walau kepentingannya bukan hanya balik nama], kalo gak salah), nunggu sebentar habis itu ke loket keterangan pajak dan balik lagi ke loket BBN 2. Sialnya harus balik lagi hari senin, waktu itu gue hari sabtu.
 
Berhubung gue belom lancar nyetir mobil akhirnya kakak gue, Anindita Puspawardhani menemani gue dengan membawa keponakan gue yang lucu, Gina. Oke rewel total dia! HAHAHA. Gue ke loket BBN 2 habis itu disuruh nunggu di loket panggil yang nantinya akan dipanggil. Gue nunggu-nunggu gak dipanggil-panggil, padahal banyak orang setelah gue ke loket BBN 2 udah dipanggil kesel gak tuh, muka gue udah asem banget ke mas mas panggilnya, kakak gue juga udah ngeliatin loket panggil bahkan ngeliatin didepan loketnya *agak malu maluin ya* tapi gapapa gue juga jadi ikutan deh trus mas masnya akhirnya jadi ngeliatin kita gue bales aja tatapannya dengan tatapan kesel dan malesnya gue sama mereka plus dumelan dumelan gue ‘please banget yaaa lamanyaaa aih curang nih curang' Akhirnya beberapa saat sebelum istirahat yang notabenya gue udah 2,5 JAM NUNGGU! Akhirnya ‘Ibu astari pramuwardhani’ gue maju dan masnya berkata ‘maaf ya mba lama’ ‘…..’ gue langsung ke loket selanjutnya pengesahan dan pembayaran kalo gak salah. Habis itu bayar 50ribu, kalo ini resmi jelas. Trus nunggu dipanggil lagi dari loket pengambilan dan STNK gue JADI DEEEEH! ALHAMDULILLAH. Oke gak lagi lagi gue ilangin nih STNK :p

Ringkasan.
Jadi yang perlu kalian siapkan adalah (1) Motor (2) KTP Asli & Fotokopi pemilik motor (3) Surat keterangan hilang polisi (4) uang kurang lebih 300000 rupiah [siapa tahu masih ada pungli] (4) BPKB Asli & Fotokopi (6) Materai (7) Waktu.
Urutan yang harus kalian lakukan (1) Buat surat keterangan hilang di polisi (2) Siapkan segala kebutuhan yang diperlukan (3) Cek bantuan fisik (4) Isi surat pernyataan benar-benar hilang (5) Legalisir surat pernyataan (6) Tata Usaha (7) Loket BBN 2 (8) Loket Keterangan Pajak (9) Loket BBN 2 (10) Kasir (11) Pengambilan STNK.
 
Begitulah pengalaman gue, mungkin sekarang udah agak berbeda tapi tidak terlalu banyak perbedaan. Intinya tanya aja petugas di customer service (biasanya di depan), mereka pasti menjelaskan kok dan sekarang sih seharusnya udah jarang pungli. Kalo tanpa pungli, kalian cukup bawa 50000 rupiah saja, but you know ya for the accidential fee just bring more XD.


5 comments:

  1. yey., susahnya ngrurus stnk ilang.,
    habis brapa ri ngurus otu smua ??

    ReplyDelete
  2. ya jumlahin aja angka2 diatas ahahaha sekitar 200

    ReplyDelete
  3. kok kayak tewur banget se mbakk -_-''

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang rada ribet, apalagi luar kota jadi bolak balik. Denger denger sih sekarang minta surat keterangan hilang juga diribetin gitu harus pake announcement di koran, tp gak tau juga sih. Semoga aja masih sama kayak dulu.

      Delete

Powered by Blogger.