Belanja Online Pertama di Tokopedia

August 04, 2015


Jadi awalnya (agak spoiler), suatu hari aku iseng-iseng nyari aplikasi yang bisa menghasilkan uang di hp. Berhubung android aku memori internal-nya kecil, jadi lah gagal aku mengumpulkan pundi-pundi dolar. Cuma sekitar 5 dolar trus aku udah males, gara-gara harus rajin delete aplikasi. Nah, dari aplikasi ini juga aku disuruh download Tokopedia App waktu itu. Akhirnya aku download dan melihat barang-barang disana. Well, setelah aku liat website sejenis dengan Tokopedia. Aku memiliki kesimpulan bahwa Tokopedia memiliki seller yang harganya lebih murah. Akhirnya aku pun berniat membeli secret key STE di salah satu seller.
Setelah melakukan pencarian sekian jam, akhirnya aku menemukan harga termurah dan tampaknya seller ini terpercaya. Harganya cuma sekitar 145k, sedangkan yang lain 160k ke atas. Hal kedua yang aku liat adalah diskusi produk, apakah sellernya rajin jawab atau ngga, selain itu lihat juga kapan terakhir seller online.

Biar seger ada Chelsea Islan :)

REVIEW TOKOPEDIA

Bagaimana cara melakukan transaksi di Tokopedia?
Pertama kalian harus daftar di website (Tokopedia.com) atau aplikasi Tokopedia (Download di Android atau iOS). Dalam hal ini kalian diwajibkan untuk memasukkan nama, nomor telepon (aktif), email, password, jenis kelamin, dan tanggal lahir. Setelah itu, kalian konfirmasi (seinget aku sih email). Kalau sudah terdaftar maka langsung saja isi alamat di profil (bisa lebih dari satu alamat), jadi nanti ketika kalian membeli barang tinggal pilih alamat tujuan.
Setelah itu, silakan melakukan pencarian produk. Menyenangkannya, kita bisa dengan mudah melakukan filter ataupun sort (baik dari segi harga, maupun kota tempat seller berasal).
Kalau sudah mendapatkan barang yang cocok maka tekan beli dan selanjutnya silakan teruskan belanja atau langsung melakukan pembayaran lebih lanjut. Sebelum melakukan pembayaran, pembeli harus memiliki kurir dan paket yang akan digunakan dan langsung ditambahkan ke total pembayaran, setelah itu Check Out pesanan. Disini kalian bisa memilih jenis pembayaran yang kalian lakukan, kalau aku sih biasanya pake transfer biasa lewat mobile banking hehe (habis belum punya klikbca sih). *sebaiknya kalian catat atau printscreen dulu nomor rekening tokopedia dan total harga (beserta kode unik) karena selanjutnya nomor rekening tokopedia susah untuk dideteksi. (kalian simpan dulu di account nomor rekening yang kalian gunakan).
Setelah kalian membayar, maka untuk transfer bank (selain otomasi seperti klikbca atau entah apa programnya mandiri semacam klikbca gitu) diwajibkan untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Pada konfirmasi pembayaran, kita mengisi pemilik nama rekening, nomor rekening (tinggal pilih), jumlah yang di transfer, bank tokopedia yang kita tuju, dan berita yang kita tulis. Setelah itu, sebaiknya kalian upload foto bukti transfer, kalo semisal mobile cukup printscreen dari hp aja.
Nah selanjutnya tokopedia akan segera melakukan verifikasi pembayaran kita, biasanya sih gak sampai 2 jam juga sudah di verifikasi. Kalau kalian khawatir, saran aku sih mention di twitter tokopedia aja karena disana lebih fast response dibanding email :)
Setelah pembayaran kita diverifikasi maka tokopedia akan memberikan notifikasi ke penjual untuk segera memproses order kita. Disini kita tinggal menunggu barang sampai di rumah. Walau begitu, kita bisa tracking langsung dari website tokopedia itu sendiri, dimana kah barang kita berada (khusus JNE).
Kalau barang kita sudah sampai maka harus segera dilakukan pengecekan. Jika barang tidak ada masalah maka langsung konfirmasi barang sudah di terima dan dalam kondisi baik. Ada beberapa pilihan lain, yaitu komplain ataupun return. Ini akan membuat uang yang kita bayar tidak serta merta langsung masuk ke rekening penjual.

Apa saja jenis pembayaran yang bisa diterima Tokopedia?
Transfer Bank, KlikBCA, BCA Clickpay, Mandiri Clickpay, Mandiri e-cash, Transfer Bank (ATM, Mobile Banking, Internet Banking, dsbnya), Kartu Kredit (Visa, MasterCard, UCB), dan bahkan Indomaret). Beragam banget kan!

Apakah ada pembayaran yang otomatis di verifikasi?
Tentu saja ada. Pembayaran via KlikBCA, BCA Clickpay, Mandiri Clickpay, Mandiri e-cash, Kartu Kredit, dan Indomaret tidak memerlukan verifikasi manual. Hanya saja untuk Kartu Kredit dikenakan charge 2.5%, sedangkan untuk Indomaret Rp 2.500. Jadi verifikasi manual (maksimal 2x24 jam, tapi biasanya cepet kok asal data kamu diisi dengan benar dan detail) hanya ditujukan untuk pembayaran via Transfer Bank. Kalian juga bisa membayar melalui saldo di Tokopedia, jadi kalo kalian mau beli tinggal ambil saja di saldo yang kalian punya (saldo adalah hasil penjualan sebagai penjual atau transaksi yang ditolak).

Berikut ini adalah cara pembelian produk di Tokopedia.com
Adapun tahapan inti dari transaksi adalah sebagai berikut.
1. Memilih Produk
2. Klik beli dan Pilih Kurir & Paket Pengiriman
3. Klik Beli Produk Ini dan Pilih Cara Pembayaran (Contoh Menggunakan Transaksi Bank)
4. Klik Checkout dan Catat Nomor Rekening Tokopedia (Segera Lakukan Pembayaran, max. 3 hari)
5. Jika Menggunakan Transaksi Bank Maka Lakukan Konfirmasi Pembayaran
6. Setelah diisi seluruhnya klik Ya dan Upload Bukti Pembayaran (Tidak ada contoh, hehe)
7. Untuk Upload Bukti Pembayaran, dari halaman notifikasi kalian klik lagi 'Konfirmasi' nanti pilih yang Ubah Pembayaran, disana ada 'Upload Bukti Pembayaran' atau langsung ada pilihan 'Upload Bukti Pembayaran' gitu, aku rada lupa.

NB: Kalo kalian di handphone, silakan lakukan konfirmasi terlebih dahulu. Setelah klik OK, kalian masuk ke notifikasi konfirmasi, nah baru deh upload bukti pembayaran. Dua bulan ini, aku sih udah jarang banget upload bukti pembayaran, tapi tetep cepet kok verifikasinya kurang dari 2 jam.

Apa saja fitur unggulan di Tokopedia?
Beberapa fitur yang menghubungkan penjual dan pembeli, serta memudahkan transaksi.
Diskusi Produk. Fitur ini memungkin kalian untuk bertanya lebih lanjut dari produk yang ingin kalian pesan (misal warna yang masih available, jika tidak ada keterangan di informasi) dsbnya. Well, ini tergantung penjual mau menjawab atau ngga, jadi tau kan tingkat keramahan penjualan?
Inbox. Disini kalian biasa mengirim pesan pribadi kepada penjual terkait dengan produk yang kalian pesan. Misal ingin dibatalkan (padahal sudah membayar) atau masalah mengenai ongkos kirim, dsbnya.
Rekening Bersama. Buat yang masih awam mengenai online shop, ini merupakan fitur yang membantu kita agar uang kita aman dan menghindari kejadian tipu menipu perkara belanja online. Jadi, intinya Tokopedia adalah penengah antara pembeli dan penjual. Barang tidak akan dikirim jika uang belum dikirim dan uang tidak akan di terima penjual, jika tidak ada barang yang diterima sesuai dengan keinginan pembeli.
Review. Ini merupakan fitur yang membuat kita bisa membandingkan online shop mana yang sekiranya memiliki reputasi baik, tapi jangan terkecoh juga. Kalo aku sih lebih suka bandingin lewat diskusi produk, penjualnya aktif jawab dan ramah atau  ngga.
Wishlist. Kalau kalian belum mau beli dan hanya liat-liat karena masih masuknya budget untuk bulan depan, kalian bisa menaruh barang tersebut di wishlist (kayaknya ini cuma ada di website, belum ada di aplikasi). Kalau kalian udah mau beli tinggal ke wishlist dan klik beli deh. Cepat dan gak buang waktu buat nyari-nyari di Tokopedia.
Toko Favorit. Untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian toko ataupun update barang toko terbaru, gunakan fitur toko favorit. Ini berguna untuk mempercepat pencarian saja sih, tapi lumayan berguna apalagi kita mau re-order dan bisa aja kan lupa nama toko yang kemarin.
Layanan Pengguna. Jika perlu bantuan atau bertanya-tanya ke CS mengenai order dsbnya, bisa menggunakan fitur ini. Well, tapi tetep menurut aku sih mendingan ke twitter aja :)
Pusat Bantuan. Ini adalah fitur dimana nantinya CS akan membantu kalian untuk menyelesaikan masalah antara penjual dan pembeli ataupun masalah lainnya, tapi ini untuk kasus yang udah berat kayaknya.

Bagaimana sistem di Tokopedia yang membuat pembeli dan penjual merasa aman?
Nah, sistem di Tokopedia ini menurut aku sih cukup aman. Baik dari segi penjual maupun pembeli. Jadi, jika kita membeli barang di toko yang ternyata pasif, ada batas maksimal order. Penjual diberikan waktu sekitar 3 hari untuk proses order tersebut dan 5 hari untuk melakukan pengiriman (entri resi). Jika penjual tidak melakukan setelah deadline hari tersebut maka uang yang telah kita transfer akan masuk ke dalam saldo akun kita yang dapat dicairkan ke rekening ataupun dipakai untuk belanja selanjutnya.
Patokan agar dana cair kepada penjual adalah konfirmasi dari pembeli bahwa barang telah diterima dengan kondisi baik dan sesuai (sebagai pembeli juga harus jeli dan jangan salah klik ya). Jadi, penjual tidak perlu khawatir harus menunggu kata 'delievered' dari ekspedisi yang terkadang tidak juga berubah karena seringkali tidak membubuhi tanda tangan penerima. Dilema juga sih memang kalau si pembeli gak sadar diri untuk segara update informasi, hehe.
Jika pembeli merasa bahwa barangnya rusak atau salah kirim atau kurang, dan sebagainya. Silakan klik konfirmasi telah diterima tapi pilih yang komplain atau return dengan begitu uang tidak akan di transfer ke rekening penjual. Aku sarankan untuk kirim pesan personal dulu kepada pembeli, sebelum kalian menuju pusat bantuan, dan gunakan kata-kata yang sopan ya. Bagaimana pun, penjual kan manusia biasa. Pasti penjual yang baik akan melakukan respon kalau kalian mengirim pesan pribadi (terutama untuk komplain).

Laporan Transaksi Pesanan yang Kita Lakukan
Fitur Lacak. Kebetulan Baru Kemarin Jadi Mungkin Belum di Entri Oleh JNE

Tokopedia dapet profit darimana ya?
Jadi harga di Tokopedia ini biasanya sih lebih murah daripada mall online lain. Hal ini dikarenakan Tokopedia tidak memungut biaya apapun bagi penjual (toko). Lalu dapet penghasilan darimana? Hmm, kalau menurut aku sih ya... Pertama dari bunga bank (Karena semua dana ditampung dulu di rekening Tokopedia dan tentunya tidak sedikit jumlahnya) . Kedua dari selisih ongkos pengiriman (terkait kerjasama dengan ekspedisi), kayaknya ini yang paling besar. Ketiga dari kode unik sewaktu kita melakukan pembayaran. Yah, ini baru dugaan tapi apapun itu, website ini sudah membantu kita untuk belanja online dengan aman kan? Hehe.

Apa tips untuk membeli di Tokopedia?
1. Cari produk yang kalian inginkan
2. Filter kota dari toko yang menjual produk tersebut
3. Sort harga yang termurah atau penjualan paling banyak
4. Silakan lihat dengan jeli profesionalisme penjual (baik kelakuan, kejujuran, dan produk)

Bagaimana cara menentukan penjual yang profesional?
Agar kalian tidak merasa tertipu ketika melakukan transaksi di Tokopedia, kalian harus jeli dalam melihat penjual. Kalian harus memilih penjual yang fast respon kepada pembeli (bisa dilihat di diskusi produk). Lihat juga bahasa dan jawaban yang diberikan oleh penjual. Selain itu, lihat juga apakah penjual ol setiap hari atau tidak (ada tulisan terakhir online, pilih yang terakhir online 'hari ini'). Setelah itu lihat review dari para pembeli, terutama jika ada yang memberikan review bintang 1 (berapa orang yang ngasih dan kenapa, kadang ada pembeli yang berlebihan soalnya). Beware ya sama produk palsu karena banyak juga seller yang jual palsu bilangnya asli, kalo misal alat elektronik murah masih gapapa, tapi kalo krim atau bahkan kapsul minum mending cari yang mahal dikit tapi asli. Kayak Gluta Panacea itu banyak banget yang jual, so far sih aku selalu dapet yang asli harganya itu paling murah 160k-170k, tapi liat-liat ada seller yang bilang asli padahal jelas-jelas itu palsu, gubrak banget deh. Andai kata dari review kalian belum puas, silakan klik pembeli yang sudah melakukan review dan kirim pesan untuk bertanya apakah produknya berkhasiat atau asli dsb.

Kapok gak belanja di Tokopedia?
Jelas ngga dong! Ini udah tiga kali aku belanja di Tokopedia. Nanti kapan-kapan aku bakal review mengenai toko-toko yang produknya aku beli deh. Walau ada verifikasi, tapi selalu cepat. Pernah sih agak lama, itu gara-gara aku transfer ke rekening Tokopedia satunya kayaknya (beda nomor rekening gitu), tapi akhirnya ke verifikasi juga kurang dari 24 jam. But, so far sih so good ya secara tracking barangnya cepet dan real time banget. Tentunya murah dibanding online shop lain (trust me, tiap liat produk selalu aku ketik di google dulu soalnya!). Pernah sih dapet produk palsu, kayak si masker salmon tapi berhubung murah jadi ya udah gak pernah aku pake, untungnya gak bikin iritasi sih, kudu lebih hati-hati deh. Happy Shopping, Pals!

Saran
Well, so far Tokopedia sudah bagus. Hanya saja mungkin lebih diperketat aturan mengenai produk yang telah kadaluarsa atau tidak sesuai dengan yang dikirim, karena kebanyakan seller berkata bahwa mereka 'no complain' sehingga lebih baik ada tolak ukur tertentu untuk kata-kata 'no complain' tersebut.
Untuk Penjual. Jadilah penjual yang ramah. Online shop yang aku beli di contoh itu adalah online shop yang bisa dibilang tidak ramah. Kenapa? Karena mereka sama sekali tidak menjawab diskusi produk dari orang-orang, bisa jadi hanya dihitung jari saja. Kenapa tetap membeli? Aku sih penasaran aja, produknya benar atau tidak dan selain itu murah hehe. Update: ada pembeli yang ngajak ngobrol gitu di diskusi produk, terus aku bilang "berdasarkan peraturan dia sih, harusnya dikirim nanti sore, aku yakin dia baca kok walau no respon" lalu di respon deh besoknya, kalo barang udah dikirim kemarin hihi. Kebanyakan penjual juga 'no complain', trus gimana kalau dari sananya udah gak bener kirimnya dong? Hehe. Mendingan semua diperiksa dulu barangnya sebelum kirim (kecuali memang berniat untuk menipu). Satu lagi, kalo misal barang kosong mending langsung di cancel aja, kasian sama pembeli kalo misal harus nunggu-in lama.
Untuk Pembeli. Jadilah pembeli yang cermat, teliti, dan bermartabat. Kalau bisa jangan menanyakan hal-hal yang tidak penting dan bersifat menuduh, misal 'sis ini palsu ya kok murah banget sih'. Kayaknya lebih baik kalo langsung nanya 'sis ini ori kah?' (eh gak semua penjualnya cewek sih hahaha, agan agan jadi sis juga deh keseringan). Ada juga yang paling sering adalah minta ketemu (COD), padahal di rule udah dikasih tahu bahwa transaksi hanya menggunakan Tokopedia (Mungkin demi cashback 2%/bulan itu ya, hihi) (Janganlah jadi pembeli yang 'males baca'). Kalaupun mau complain, jadilah pembeli yang punya harga diri (apa coba), maksudnya gak usah keseringan spam. Pertama kirim pesan baik-baik ke penjual dengan tulisan yang sopan (jangan maki-maki, dsb). Kedua jangan di klik barang sudah diterima dengan baik tapi klik complain, jadi kalaupun duit kalian gak balik, si penjual juga gak bakal dapet tuh duit hahaha. Nah, kalo gak ada respon atau responnya gak enak dari penjual, Ketiga baru kita masuk ke Pusat Bantuan agar dibantu lebih lanjut dengan CS Tokopedia. So far, selalu tanggap kok. Semoga saja bisa kelar masalahnya :) "intinya sih saling menghormati saja shaaaay"~

Ada pengalaman belanja disini? Share aja di komen yuk!

About Tokopedia
Website: https://www.tokopedia.com
Twitter Berita: https://twitter.com/tokopedia
Twitter Layanan Bantuan: https://twitter.com/tokopediacare
Facebook: https://id-id.facebook.com/tokopedia
Email: contact@tokopedia.com
Call Center: 021-53691015

4 comments:

  1. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. INV/20171015/XVII/X/110412*** itu kode apa sihh kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu nomor invoice kamu untuk pesanan yang kamu lakuin. invoice itu semacam faktur pembayaran

      Delete

Powered by Blogger.