Movie Review: The Gunman (2015)

April 02, 2015


Buat penggemar film action dan sedang ada waktu luang, mungkin film ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk hiburan di kala senggang. Yah, walaupun review di IMDB tidak terlalu bagus, yaitu 5.6/10, tapi cukup layak untuk ditonton kok.
Fyi, ada beberapa film dengan judul sama di tahun 1952 dan 2004, tapi ceritanya berbeda banget kok. Ceritanya ya mengenai drama, politik, crime, dan uang. Saran pertama, kalo agak ngeri sama darah dan berbau kekerasan, disarankan untuk tidak menonton film ini, daripada pusing ✌️

Sinopsis.
Awal cerita kita bakal disugukan dengan operasi tersembunyi pembunuhan bayaran. Latar dari film ini berada di Kongo dimana banyak terjadi pemberontakan yang ternyata diprakarsai oleh perusahaan penguasa tambang disana. Agen rahasia alias pembunuh bayaran ini adalah tim yang dibuat untuk melanggengkan kekuasaan perusahaan tersebut, selain menjaga daerah dan organisasi sosial (mungkin kedok aja ya), tapi tugas sesungguhnya adalah melatih para pemberontak dan memberi senjata bagi mereka. Operasi ini berakhir pada sebuah konklusi, menteri pertahanan Kongo ditembak mati oleh salah satu sniper tim pembunuh bayaran ini. Setelah operasi ini, para penembak diwajibkan untuk pergi beberapa tahun.
Ada 5 orang yang bekerja dalam tim pembunuh bayaran, yaitu Felix yang bekerja di kantor dan bertugas untuk menghubungkan perusahaan dengan tim, Cox yang bertugas sebagai tim leader dari tim ini yang merupakan penghubung teknis dengan tim, Reed & Reiniger & Jim penembak jitu yang bertugas untuk mengeksekusi orang-orang yang dianggap "mengganggu" keberlangsungan perusahaan. (Sedikit spoiler romansa, Jim memiliki pacar cantik yang bernama Annie, dimana Felix juga sangat menyukai Annie).
Time goes by, 8 tahun kemudian, Jim, salah satu dari penembak dan yang terhebat juga, kembali ke Kongo setahun belakangan dan bekerja pada organisasi sosial dimana tugasnya adalah membuat sumur. Suatu hari, terdapat beberapa orang Kongo yang berusaha untuk mencari dan membunuhnya. Panik, dia pun penasaran siapa yang menginginkan dia mati.
Pencarian pertama dia pulang ke London dan menemui Cox, untuk mencari informasi. Cox berkata bahwa dia tidak mengetahui apa-apa soal pencarian itu, dia pun menyuruh Jim untuk menemui Felix di Barcelona. Dengan bantuan dari teman lama, Stanley, Jim pun pergi ke Barcelona. Sedikit kaget karena pacarnya delapan tahun lalu, telah menikah dengan Felix. Dia pun mendatangi Felix dan memintanya untuk mencari informasi mengenai orang yang berusaha untuk membunuhnya.
Intinya, sebuah perusahaan yang berhubungan dengan operasi gelap itu sedang berusaha membersihkan segala aktivitas buruk di masa kelam karena ingin menangani proyek besar. Yah silakan ditonton dan ditebak sendiri, konspirasi dalam film ini.

Score: 2.5/5
Sejatinya dari awal bisa ketauan siapa yang akan menjadi penjahat, dsb. Tidak terlalu surprising. Mungkin hal yang bisa dianggap menarik disini adalah action-nya itu sendiri. Laga yang agak membuat kita mengerenyitkan dahi sedikit ngeri dan beberapa otot seksi, tapi ya itu bagian serunya perkelahian. Tidak epic, mungkin komentar yang pas.. Luma..yan.

Selamat menonton untuk penggemar action khususnya!
Powered by Blogger.