Bromo

December 16, 2012
BROMO adalah sebuah gunung yang berada di Jawa Timur. Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam 4 wilayah, yakni kabupaten probolinggo, pasuruan, lumayang, dan kabupaten malang. Bentuk tubuh gunung bromo bertauan antara lembah dan ngarai ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunug Bromo mempunyai sebuah kawah sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran berupa lingkaran dengan jari-jawi 4 km dari pusar kawah Brom. 
www.belantaraindonesia.org
Bromo!
Bromo terkenal dengan lautan pasir yang pernah jadi tempat syutingnya pasir berbisik. Tinggal di Malang tanpa ke Bromo rasa-rasanya kurang lengkap ya. Bahkan gue baru kesana setelah 2 tahun tinggal disini untuk menimba ilmu, serasa cupu sekali kalo orang-orang ngomongin Bromo. Akhirnya gue berniat untuk ke Bromo waktu awal liburan semester 4. Sebenernya gak niat-niat amat sih, ini cuma pencetusan atas pembicaraan gue dengan ramdha yang ingin berpetualang. Akhirnya kita pun jadi kesana ditambah dengan 2 orang, sahabat gue, tabita dan pacarnya, rio.
Berhubung gue sama tabita habis sharing, jadi kita kumpul di mcd deket kampus sekitar jam 10 malem. Kita berangkat fix jam 12 malem menggunakan motor. Gue sama ramdha naik byson, tabita sama rio naik vario. Jadi kalo mau kesana gak perlu pake motor yang aneh-aneh sih. Perjalanan sekitar 3,5 jam, itu soalnya kita pelan-pelan sih kalo cowok-cowok doang biasanya lebih cepet kok. Jalan ke Bromo itu ada 4 jalur kalo gak salah, kmrn gue lewat pasuruan, jalanannya bagus-bagus aja sih. Kalo takut karena sepi, jangan takut! Pasti bakalan ada banyak orang lain di perjalanannya nanti.
Kalo ke Bromo ini naik motor bisa, naik mobil juga bisa. Kalo naik mobil nanti lo harus turun dan nyewa jeep gitu, Bayarnya kalo gak salah 250ribu bisa buat 6 orang. Kalo mahasiswa sih biayanya naik motor, itu juga menurut gue lebih praktis.
Mobil harus ganti jeep disini
Sekitar jam setengah 4 kita sampe di Bromo dan nunggu di gazebo tempat buat melihat pemandangan sunrise. Ah iya, kalo ke Bromo fix banget harus pake jaket super tebel. Gue pake 4 jaket dan masih kerasa dingin banget! Waktu itu kalo gak salah sekitar 4 derajat celcius. Berhubung ngantuk banget akhirnya gue ketiduran sampe jam setengah 5. 
Pas banget sunrisenya muncul dan sumpah bagus banget! Gue gak bawa kamera sih jadi gak gue foto. Jadi disebelah sisi kiri itu gue melihat matahari yang mau terbit, sedangkan disebelah kanan gue ngeliat bulan yang mau turun. Jadi kiri itu mulai terang, sedangkan kanannya masih gelap. Itu keren banget! Gue gak tau juga sih yang biasanya kayak gitu atau ngga, mungkin penempatan mereka waktu itu lagi pas banget. Kita juga serasa tinggal di negeri awan gitu soalnya pemandangan bawah itu awan semua, pokoknya kewl bangetlah. Its the best view for sunrise!
Pemandangan Sunrise
Setelah dari sana, kita bisa turun ke pasir-pasir itu. Jalannya jelek banget, batu kerikil semua jadi harus pelan-pelan. Di pasirnya juga rada susah sih karena naik motor, jadi solusinya ikuti jalurnya jeep yang udah ada soalnya kalo ngga pasti rodanya menyelam dalam pasir. Kalian juga sebaiknya pake masker ya kalo gak mau bersin berisi butiran pasir, lol :p
Lautan pasir
 Di tengah kawah nanti ada kayak kawah gitu, ya tempat meletusnya. Kalo mau ngeliat bawahnya kita harus naik anak tangga, entah berapa banyak, banyak banget soalnya zz. Sebelum naik ke anak tangga kita juga harus mengarungi pasir yang fix bikin pegel banget! Disini juga banyak kuda yang disewain buat orang-orang yang gak mau mengarungi pasir dengan berjalan kaki. Bayarnya gue rada lupa, kayaknya 50ribu deh. Gak ada duit, kita pun jalan kaki. Diatas ternyata gak ada apa-apa, ya bener-bener cuma ngeliat kawah aja. Biasanya kalo lagi rada bahaya, gak dibolehin naik keatas. 
Naik menuju kawah
Pemandangan lain juga bisa dilihat dari tempat lain, misalnya bukit teletabies. Katanya dari disini bagus banget juga pemandangannya, tapi berhubungan gue udah fix capek banget akhirnya kita langsung cus pulang. Gue lupa lewat mana, tapi kalo dari arah situ adalah 2 pilihan, jalan bagus tapi muter atau jalan jelek tapi cepet. Kalo jalan jelek itu kalo gak salah bakalan lewat coban pelangi. Gue cus dari sana udah jam 11 siang. Akhirnya di motor gue ketiduran bahkan -_____-"
Jalan-jalan ke bromo menurut gue capek, tapi worth it sih sama apa yang lo liat. Jadi recommended banget lah kalo ke Jawa Timur, wajib banget ke Bromo!
Ayo ke Bromo!

Powered by Blogger.