Belanja Mystery Box di Yuna&co., good or not?

March 27, 2020
Sejujurnya aku ambil dari Yuna&co lalu aku ganti dengan badan aku, hahaha

Hello Gorgeous!

Kali ini aku mau share pengalaman aku belanja semacam mystery box untuk fashion di Yuna&co. Ada yang udah pernah coba? Bisa share di komen ya pengalamannya!

Aku udah pernah liat Yuna&co dari beberapa tahun yang lalu, kalian bisa cek langsung ke websitenya ya disini. Kalian juga bisa cari aplikasinya di Play Store atau App Store di smartphone kalian.

Setelah itu kalian bisa daftar menggunakan Facebook atau Email kalian. Nah, nanti kalian bisa memasukkan Referral Code Yuna&Co untuk mendapatkan diskon 30%, kalian bisa masukkan "ASTA24SL". Setelah itu, kalian juga harus melengkapi data-data kalian, seperti alamat dan Style Profile kalian.

Jadi, agar stylish bisa menyesuaikan dengan gaya yang kalian suka, kalian harus isi Style Profile. Nah, di Style Profile ada beberapa Section, yaitu Body, Fit, Style, and You. Penjelasannya kurang lebih sebagai berikut:

Body. Ini adalah section dimana mereka akan menanyakan soal bentuk tubuh, ukuran, serta proporsi tubuh kalian. Untuk pengisian data ini, aku saranin kalian harus punya meteran!
Fit. Ini adalah section pertanyaan fitting pakaian apa yang kalian suka apakah nge-pas atau sedang atau longgar. Oh iya untuk Section ini pertanyaannya boleh milih lebih dari satu, misal suka yg pas dan lurus.
Style. Ini adalah section dimana mereka akan kasih gambar berbagai jenis style, nah setiap gambar itu kalian harus kasih pendapat love it or hate it. Selain itu, kalian juga harus declare warna apa yang kalian suka/ benci, bahan apa yang kalian suka/ benci, style aksesoris, kebiasaan pake heels, kalian berani keluar dari style yang skrg atau tidak, dan juga kalian pake hijab atau tidak (untuk kalian yg berhijab, pertanyaan ini jangan sampe di skip yaaa!), dan sebagainya.

You. Section terakhir ini adalah pertanyaan yang berhubungan dengan kamu, misal seperti berapa budget yang biasa kalian habiskan untuk baju/ bawahan/ sepatu, kapan ulangtahun kalian (dua pertanyaan ini baru, sebelumya tidak ada), selain itu mereka jg menanyakan biasanya kalian kerja pake jenis baju seperti apa dan berikan preferensi style kalian melalui instagran atau board pinterest kalian (aku sampe niat dong bikin board, padahal sebelumnya aku gak pernah bikin board style). Diakhir kalian bisa kasih foto full body kalian dengan style yang paling kalian suka. Lalu juga ada section dimana kalian bisa menuliskan informasi tambahan, karena dipertanyaan sebelumnya tidak ada pertanyaan ukuran panjang telapak kaki, jadi aku tulis di bagian ini.

Looks promising ya kan. Apakah hasilnya memuaskan? Eh, order dulu dong baru bisa liat, hehe. Pembelian yang tersedia di Yuna&Co terbagi menjadi dua bagian, yaitu Custom dan Instant. Custom itu adalah kalian kayak bakal ada sesi khusus dengan stylist kalian, kalian akan isi beberapa pertanyaan seperti, apa tujuan dari outfit baru, dll. Untuk Instan, ini adalah yang aku order, dimana kalian lgsg pilih mau berapa item dengan kombinasi seperti apa saja (misal 3 pakaian, 1 sepatu).



Jadi untuk pembelian instan kalian ada beberapa pilihan, yaitu Basic, Mini, dan Deluxe. Perbedaannya adalah sebagai berikut:
Basic. Terdiri dari 4 item dengan akumulasi Price harga sekitar 900000. Harga 660000.
Mini. Terdiri dari 2 Item dengan akumulasi Price harga sekitar 500000. Harga 360000.
Deluxe. Terdiri dari 4 item dengan akumulasi Price harga sekitar 1300000. Harga 1000000.
Kalian perhatikan baik-baik yaa akumulasi Price barangnya 'katanya' segitu.

Dulu beberapa tahun yang  lalu, aku udah pernah liat soal Yuna&Co ini. Mereka dulu berani kasih brand apa yang akan dikasih untuk masing-masing pilihan, misal Basic dikasih brand zalora berrybenka, dll, sedangkan untuk Deluxe mereka akan kasih semacam mango, dll. Jadi kita sebagai pembeli juga tidak terlalu was-was karena brand-nya sudah terjamin gitu lah istilahnya. But, sekarang mereka udah tidak tulis lagi, jadi bisa totally random dan sepertinya kebanyakan brand local yang akan dikasih.

Setelah kalian order mereka akan kasih stylish untuk kalian. Nah, setelah order pertama ini, jikalau kalian merasa cocok dg stylishnya bisa lanjut untuk order selanjutnya, tapi kalo tidak cocok kalian bisa minta ganti kok..

Jadi waktu order kita bisa kasih keterangan tambahan, misalnya lagi cari baju kayak apa atau barang apa yang lagi kalian inginkan. Waktu itu aku lagi mau straight jeans yang bahannya semi stretch gitu dan aku suka warna pastel. Aku juga bilang aku tidak suka kerah yang aneh-aneh, tapi aku kurang info bahwa aku juga ga suka kerah yang menutupi terlalu tinggi. A few days later, aku di chat via Whatsapp sama stylish aku dan dia info kalo di mereka gak ada straight jeans, hanya ada boyfriend jeans dan itu tidak stretch sama sekali. Aku menghindari banget celana yang tidak stretch karena kalo menggendut jadi males pake, akhirnya aku blg tidak harus jeans, skirt juga boleh.


Aku order tanggal 20 Februari 2020 dan mereka kirim barang pada tanggal 27 Februari 2020. Kurir yang mereka pake adalah Sicepat karena ada kesalahan entah dipihak Yuna&Co yang tulis alamat tidak jelas atau Sicepat yang salah sortir barang aku nyasar ke tangerang, padahal harusnya ke tangerang selatan. Kalo kalian udah kelihat gelagat aneh, mending kakian lgsg telfon ke kurirnya supaya sama sama enak. Akhirnya barang aku sampai di tanggal 4 Maret 2020.


Aku super excited sama barang yang akan aku terima. Setelah aku buka, aku mendapatkan 3 baju dan 1 sepatu seperti yang aku pesan. But, kurang lebih ini looks-nya casual gitu. Sepertinya aku salah dalam memilih "baju yang biasa digunakan ke kantor" dimana aku memilih smart casual, maybe better aku pilih semi formal. Kalian akan mendapatkan note dari stylish kalian, reviewer lain dapet rincian harga, sedangkan waktu aku beli, aku tidak dapet semacam itu, selain itu ada kertas dan sticker untuk refund. Btw, untuk refund kalian sepertinya harus bayar ongkir sendiri. Untuk list baju yang aku dapet beserta harganya adalah sebagai berikut (Hasil google liat merk tag):
  1. Outer. Bayleaf.id. Price: 154000
  2. Shirt. Berrybenka. Price 249000
  3. Pants. Hedy Clothing. Price 105000
  4. Shoes. Octav. Price: 278000 
Kalo di total semuanya hanya 786000, kenapa aku bilang hanya? Well, mereka mention di estimasi harga barang yang didapatkan berkisar 900000, plus aku liat review orang-orang mereka dapet harga estimasi all itu bisa mencapai 1500000. Jadi aku sedikit kecewa, terlebih merknya hampir bener-bener lokal yang indie semua. Sebenernya bagus sih menaikkan merk lokal, cuma agak tidak sesuai ekspektasi aja di sisi ini. So, what do i love and hate it?
  1. Outer. Aku tidak terlalu suka sih outer bahan kaos dan memanjang begini, tapi aku juga tidak benci, biasa aja gitu. But, setelah aku pake aku pikir jadi seperti pake piyama karena bener-bener jadi looks casual banget. Untuk ukuran pas sih.
  2. Shirt. Aku suka motifnya dan bahan kainnya, adem banget katunnya. But, i hate kerahnya terlalu tinggi buat leher aku yg pendek dan berbahu sehingga lebar membuat dada aku keliatan besar, padahal aku juga udah bilang kalo bahu aku lebar. Menurut aku, bahu lebar itu tidak cocok mendapatkan kerah yg terlalu naik ke atas gini sih. Ini tidak aku kembalikan, tapi kerahnya aku permak jadi bentuk V hahaha.
  3. Pants. I love this pants! Bahannya scuba yg oke lah, tapi yang jelas nyaman banget dan pas di aku, padahal ini ukuran All Size. Ini adalah barang termurah dan I love it! I think want to buy more.
  4. Shoes. Aku lumayan suka. Aku dapet sepatu kungfu, super casual yang bisa di pake buat jalan-jalan dengan comfy.
Kalo aku liat, sebenernya style casual yang dikasih ini, lebih mirip sama style stylish-nya (Aku cuma liat foto stylish-nya sekilas sih, hehehe). Aku kasih foto style aku seluruh badan dan semuanya tidak ada yang se-casual ini. Lalu jika aku gabungkan seluruh baju, menurut aku (ini bener-bener preferensi aku aja ya, bisa jadi aku yang lebay) agak tidak cocok kombinasi antara outer dengan shirt-nya, karena shirt-nya looks formal sedangkan outer-nya so casual. Lalu kalo kalian liat dada aku jd looks big gitu dan jd bertumpuk tumpuk kesannya dan membuat aku tampak lebar gitu, mungkin memang lebar kali sih hahaha. Kalo kalian berbahu lebar kayak aku, menurut aku jangan pake kerah yg setinggi baju di foto (kecuali udah pake hijab), kita bakal looks big gitu, lebih bagus 5 cm dibawah leher minimal, atau sekalian ketutup sampe atas. Jadi sepertinya aku melakukan mix and match untuk item-item ini dan akan remake kerah shirt yg aku dapet, sesuai dengan yang biasa aku gunakan.

Bajunya aku ubah kerahnya jadi V-Neck
So, apakah aku mau mencoba lagi? Jika ada diskon 40-50% mungkin aku mau lagi.
Apakah mencoba dengan stylish yang sama? Sepertinya aku minta ganti, ini bener-bener preferensi aku aja yg mungkin merasa kurang cocok, dan penasaran jg sama stylish lainnya.

Cocok untuk siapakah website/ aplikasi ini?
  1. Orang yang tidak peduli fashion dan mau berubah menjadi lebih fashionable.
  2. Orang yang bosan dengan style saat ini, tapi bingung mau berubah seperti apa.
  3. Iseng mau nyoba mystery box fashion.
Jadi, menurut aku kalo kalian udah punya style sendiri, dengan barang yang di dapat untungnya sedikit, menurut aku tidak worth it. Kebetulan aku dapet diskon jadi total-nya hanya 420000, tapi kalo di harga normal 660000, better not. Kenapa? Karena kalian mendapatkan mystery box yang kalian tidak tau bakal suka atau tidak. Even kalian nulis se-detail apapun style yang kalian mau, stylish belum tentu bisa menyesuaikan ekspektasi kalian. Maka dari itu, kalo price harga cuma beda anggap-lah 100000 menurut aku sayang.

But, kalo kalian bener-bener blank, tidak punya style apapun dibenak kalian atau kalian bener-bener mau coba style baru atau tidak punya seseorang untuk suggest style, dsb, this website made for you guys. Don't forget to use this code for your referral ASTA24SL to get 30% discount!

Happy Styling :)
Powered by Blogger.