Ad Code

Tombol Switch Kamera Depan Android Tidak Muncul?

Suatu hari aku membeli hp china (ZTE) yang bentuknya lumayan ok. Kebetulan mama aku udah beli juga sebelumnya dan gak ada masalah apapun. Kalo kalian bingung itu merek jual dimana, mereka bisa di beli online di berbagai merchant online shop. Well, tapi sedihnya... waktu di buka simbol kamera, tidak ada pilihan switch kamera depan! kajsdl#$!? Keuseul dikit. Habis itu di reboot dan ternyata balik lagi, oke lah lumayan lega.
Aku pikir masalahnya udah beres, cuma kesalahan setting awal aja. Kenyataannya, waktu hp aku reboot atau sekedar mati kehabisan baterai, itu switch hilang lagi! Waduh lelah juga hidup saya kalo mau selfie. Akhirnya aku nyari di internet permasalahan ini, ternyata banyak juga android yang bernasib sama kayak aku, terutama yang software base-nya, lollipop. Aku pun udah mencoba beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini.
1. Reboot (Berkali-kali)
2. Clear cache dan clear data (Berkali-kali)
3. Install ulang (Eh ini belum sih, soalnya perasaan aku mengatakan gak akan ngefek juga)
It should be like this
Apakah berhasil? Iya tapi untuk sesaat aja! Nanti lambat laun bakal ada tulisan kamera error, lagi dipake sama aplikasi lain, dan sebagainya. Akhirnya aku pun memutuskan untuk melakukan service di service center ZTE yang ada di daerah Roxy.
Curi-curi dengar dari mba CS, ternyata banyak juga yang ngalamin kayak aku. Bagusnya, berarti mereka udah punya solusinya. Awal perkiraan itu adalah kerusakan software, tapi ternyata kata mas-masnya ada itu adalah kerusakan hardware. Cuma aku gak nanya detail, mungkin motherboard ataupun sekedar flex cable (kabel penghubung kamera depan gitu kalo gak salah). Kebetulan waktu service-nya lumayan cepet, sekitar 3-4 jam.
Jadi, kalo kalian mengalami permasalahan kayak aku, terutama untuk hp yang masih baru, mendingan langsung kalian pergi ke tempat service center resmi pakai warranty yang masih berlaku. Kalau pun hp kalian harus diganti, mereka pasti tanggung jawab kok.
Setelah hp aku selesai di service, aku tes dengan melakukan reboot sekitar 3 kali dan melakukan pengecekan pada kamera setiap kali reboot. Kalau baik-baik saja, berarti udah ok. Ada baiknya juga untuk mengecek fitur-fitur lain di luar itu, supaya gak perlu bolak balik kesana kemari. That's all! Semoga hp kalian baik-baik saja yaaa :)

Tips khusus untuk pengguna ZTE dan/atau pembeli Lazada.com:
1. Kalian harus memastikan service center mana yang menerima ZTE kalian, bisa telepon.
2. Klaim garansi dari pembelian Lazada.com, kalian wajib meminta Invoice di Support@lazada.co.id.

*untuk meminta invoice kalian harus mencantumkan nomor order kalian.
 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code