Membuat Fuzzy Logic di MatLab

January 05, 2014
Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Saat logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1), hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran.
Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk linguistik, konsep tidak pasti seperti "sedikit", "lumayan", dan "sangat". Logika ini berhubungan dengan set fuzzy dan teori kemungkinan. Logika fuzzy diperkenalkan oleh Dr. Lotfi Zadeh dari Universitas California, Berkeley pada 1965.
Logika fuzzy dan logika probabilitas secara matematis sama - keduanya mempunyai nilai kebenaran yang berkisar antara 0 dan 1, namun secara konsep berbeda. Logika fuzzy berbicara mengenai "derajat kebenaran", sedangkan logika probabilitas mengenai "probabilitas, kecenderungan". Karena kedua hal itu berbeda, logika fuzzy dan logika probabilitas mempunyai contoh penerapan dalam dunia nyata yang berbeda. Misal, suatu ruangan memiliki temperatur 60 F, dimana 60 F berada diantara dingin dan hangat. Jadi 60 F memiliki kebenaran 0.7 cold dan 0.5 warm. Untuk menentukan dia cold atau warm tergantung dari pemilihan rule-nya, jika AND maka dipilih yang mininum, jika OR maka dipilihan yang maksimum.
Grafik Fuzzy Logic Temperatur
Biasanya, Fuzzy logic memiliki minimal 2 input dengan 1 output. Jadi output tersebut bergantung pada 2 input, misal input yang digunakan adalah temparatur dan tekanan udara maka outputnya adalah pembukaan nozzle AC (kecil, sedang, atau besar).
Salah satu tools yang dapat digunakan untuk membuat Fuzzy Logic dengan sangat mudah adalah Matlab. Pada MatLab telah ada beberapa pilihan tools, salah satunya untuk fuzzy. Mesin inferensi yang digunakan pada fuzzy logic di Matlab adalah mamdani atau sugeno.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan Fuzzy Logic di Matlab:
1. Buka Program Matlab dan ketikan Fuzzy pada layar
2.       Setelah diketik maka di-enter dan akan muncul tampilan tool untuk fuzzy. 
3.   Untuk menambah input klik Edit  - Add Variable - Input maka Input akan bertambah. Untuk mengubah nama Input1/Input2/Output1 klik salah satu dari variabel tersebut setelah itu ubah nama di name dengan nama yang diinginkan. Pada kasus ini, berturut-turut adalah Temperatur, TekananUdara, dan Nozzle.
4.     Untuk mengubah isi-isi dalam Temperatur (seperti nama, batasan, dsb), double klik (misal) Temperatur. Masukkan range untuk grafik Temperatur, pada kasus ini range adalah 0-50. Klik bentuk grafik pertama yang paling kiri. Setelah Ubah nama ada name untuk penentuan (misal Dingin), tipe grafik (misal trapesium atau segitiga, dsb), dan parameter dari penentuan yang sedang dirubah (misal Dingin memiliki parameter [0 0 15 20]). Begitu pula seterusnya untuk Grafik kedua (Hangat) maupun ketiga (Panas).
5.   Setelah semua Input dan Ouput dirubah dan diperbaiki maka masukkan rule-rule untuk memberikan jawaban atau memproses Input untuk menghasilkan Output.
6.   Apabila Rule telah ditentukan pada dapat dilihat pada View – Rule untuk memasukkan Input dan melihat hasil rekomendasi yang diberikan.

Selesai! Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat J

No comments:

Powered by Blogger.