Suara Misterius Dari Langit adalah Terompet Sangkakala?

May 28, 2015
Jadi, kemarin gue menonton salah satu stasiun televisi Indonesia yang membahas mengenai 'bunyi misterius yang berasal dari langit'. Beberapa pakar dihadirkan, tapi semacam agak tidak jelas arah pembicaraan mereka sebenarnya kemana. Untuk yang belum tau, di YouTube banyak yang menyebutkan ini fenomena 'terompet sangkakala'. Fyi, video-video yang diunggah 'katanya' berasal dari beberapa belahan dunia dan tampaknya sih di waktu yang berbeda, antara lain Kanada, Amerika, dan Australia.
Suara misterius ini, oleh perekamnya diduga berasal dari langit, dimana bunyinya menyerupai bunyi terompet yang ditiup selama beberapa menit dan ber-dinamika. Darimana-kah asal suara tersebut? Apakah benar itu adalah suara terompet sangkakala pertanda hari kiamat? Keanehannya adalah tidak semua orang menjadi heboh dan rekaman berasal dari desa-desa (bukan kota besar). Gue pun penasaran mengenai gosip-gosip tersebut dan mencari tahu, cukup via google saja hahaha.
Well, berikut ini adalah dugaan darimana-kah suara tersebut berasal.
1. Malaikat Israfil (Peniup Terompet Sangkakala)
2. Luar angkasa (Alien, dsbnya)
3. Bumi
Pembahasan mengenai dugaan pertama.
Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa tiupan terompet sangkakala dilakukan 3 kali. Semua tiupan bunyi tersebut bisa terdengar bisa juga tidak (sejujurnya saya tidak tahu). Ada beberapa hal yang pasti dijelaskan di dalam kitab Al-Qur'an pada surat An-Naaziat dan surat Yasin. (1) Tiupan pertama menyebabkan gocangan pada bumi dimana akan memusnahkan makhluk hidup (segala yang bernyawa) kecuali yang dikecualikan, (dugaan gue sih yang dikecualikan itu manusia) (2) Tiupan kedua akan terdengar hingga langit ketujuh, dan semua akan musnah kecuali orang-orang yang dikecualikan (3) Tiupan ketiga akan membangkitkan semua yang telah mati untuk perhitungan amal (hari kebangkitan).
Adapun penjelasan dalam Injil terdapat pada kitab wahyu, tiupan sangkakala dilakukan sebanyak 7 kali. (1) Tiupan pertama akan turun hujam es dan api (tumbuhan dsbnya akan hancur) (2) Meteor akan jatuh ke dalam laut (makhluk hidup di laut sebagian besar musnah) (3) Makhluk-makhluk di danau/sungai akan dihancurkan (4) Matahari dan bulan menjadi gelap (5) Wabah serangga akan menyerang (6) Melepaskan tentara setan dan membunuh 1/3 manusia (7) Memanggil 7 malaikat dengan 7 cawan murka Tuhan. Well, kurang lebih begitu, melihat suara dan fenomena yang terjadi dapat dibilang bahwa dugaan pertama adalah salah.
Pembahasan mengenai dugaan kedua.
Apakah itu merupakan suara dari luar angkasa? Mungkin ada kode-kode atau pesan tertentu yang diberikan oleh Alien atau sesuatu yang hidup di planet lain? I think it's a big no! Why? Kenapa? Kan mungkin aja! Alasannya adalah (1) Suara/bunyi itu berasal dari rambatan udara (2) Kalaupun bisa, hal itu membutuhkan alat penghubung untuk merambatkan suara tersebut (3) di luar bumi tidak memiliki atmosfer yang berfungsi sebagai yah, anggep aja tidak ada udara di luar sana. Menurut sumber yang dibaca mungkin aja, tapi itu bukan berasal dari alien, tetapi kemungkinan jatuhnya meteor yang mengalami gesekan atau apa lah. Well, tapi menurut gue dugaan kedua adalah salah. Kayaknya gesekan meteor ke bumi tidak menyebabkan bunyi terompet.
Pembahasan mengenai dugaan ketiga.
Bisa dilihat bahwa menurut gue, dugaan bahwa bunyi itu berasal dari bumi adalah sesuatu yang paling masuk akal dan realistis. (1) Bisa jadi itu bikinan orang-orang supaya hits videonya jadi banyak (2) Bisa jadi fenomena alam atau dari bumi itu sendiri. Maksud dari yang kedua ini bisa jadi terjadi gempa skala kecil, menurut sebuah lembaga gempa bisa menyebabkan bunyi suara pecahan kerak bumi atau pengaruh dari lini daya listrik, radiasi elektromagnetik, tekanan tinggi gas, dan jalur komunikasi perangkat nirkabel. Bunyi terompet menurut gue lebih cocok disebabkan oleh sesuatu yang bersifat elektromagnet atau kimia daripada hal-hal seperti meteor kecuali ada beberapa negara yang memiliki bunyi peringatan akan adanya meteor jatuh, semacam bunyi alarm gitu kali (hihihi). Jadi kesimpulannya dugaan ketiga adalah kemungkinan besar benar. Walau tidak tahu juga apa sebenarnya yang terjadi.
Pray & Pray
Kesimpulan terakhir, alam itu memiliki rahasia yang sangat besar didalamnya dengan potensi yang besar pula. Hanya saja, apakah perilaku manusia dapat mengembangkan potensi di dalam bumi atau justru menghancurkannya secara perlahan? Semua dugaan yang berkembang tidak lah penting jika kita tetap berpikir bahwa sesuatu yang tidak bisa kita jelas kan tersebut semuanya adalah berasal dari manusia walau bisa jadi itu suara hanya permainan orang-orang yang ingin membuat trending topic baru. Ada hal yang lebih besar disana yang membuat alam semesta ini sekaligus kita di dalamnya, yaitu Tuhan. Intinya, segala fenomena alam sekecil apapun diharapkan membuat kita mengingat-Nya dan berusaha memperbaiki diri maupun keimanan kita.

No comments:

Powered by Blogger.