8kotak.com Pencuri Pulsa Otomatis?

March 10, 2015
Lagi enak enak browsing, gue ga sadar ada satu tab yang ternyata isinya aneh. Jadi gue lagi browsing pake ipad, nomer gue di ipad xl dan internet yang gue pake adalah internet dari android gue yang dijadikan hotspot, indosat. Entah bagaimana, gue ga merasa mengklik sesuatu atau pun iklan.
Setelah puas baca berita gue ngecek hp, ternyata ada sms yang bilang kalo gue beli konten 11k! (CS: 0215764122, Thanks telah membeli konten rp. 11.000. Bukan layanan berlangganan. Download konten dgn klik url:xxxx tarif gprs berlaku). He? Koten apa? Gue gak merasa ada approve apapun! Alhasil gue liat lah browser gue di ipad, ternyata ada tab yang isinya 8kotak.com, yang sama sekali ga pernah gue buka, jadi dia semacam ngebuka sendiri gitu. Bodohnya gue lupa ngecek pulsa indosat gue. Gue pikir itu adalah kecurangan dari indosat~

ANALISA I
Karena gue penasaran gue mau ngetik ke google "8kotak.com indosat" tp yang muncul "8kotak.com xl" ternyata udah banyak banget yang kesedot pulsanya gara-gara 8kotak.com ini. Awalnya gue ga percaya, mana mungkin gue kepotong secara kan ini di xl, masa dia tau nomer indosat gue sih, tapi ternyata dia tau! Dia ngedetact dari internet yang kita pake, walau sumber awalnya adalah xl. Kaget juga baca cerita orang-orang yang udah kena tipu beberapa kali, bukan kena tipu tapi pemerasan.
Finally, gue ga mau ambil resiko, akhirnya gue copot kartu xl di ipad gue dan mencoba wifi kafe sebelah (nyolong internet hahaha). Kenapa? Karena tadi dia udah menyebabkan gue masuk ke autolink ga jelas dan waktu gue pake paket internet XL 3G+ ROD yang 55k alias 1.8 atau 1.5 gigabyte, kuota gue abis dalam waktu sehari dan tanpa streaming! It such a strange thing karena beda banget sama indosat yang bisa ngasih gue berhari hari bahkan bisa dua minggu dengan 1.5 gb itu! Mungkin ini karena katanya cepet banget jadi cepet abis kuotanya, gue berpikiran positif aja lah.
But, dari beberapa review orang yang gue baca, xl memang punya banyak modus untuk meraup keuntungan, ga habis pikir sih. Banyak banget forum yang komplen ttg ini tp gak ada tanggapan serius dari xl, itu yang ngebikin gue super antipati.
Sebenernya tinggal di blocked kayak situs situs yang tidak sehat kan, apa susahnya, tapi ini terkesan sengaja makanya pengguna yang telah terkena jadi bertanya-tanya terhadap sikap xl.

ANALISA II
Beberapa hari setelah gue nge-post posting ini ternyata banyak banget orang yang masuk dari keyword "8kotak.com indosat". Dari sini gue baru ngeh mungkin 8kotak.com ini sudah merambah ke indosat juga. Amazing lah website ini, amsyong. Untungnya sih gue cuma kena sekali (ternyata agak berkali kali belakangan ini) ga sampe setiap web ke buka 8kotak.com kayak cerita pengguna xl yang gue pake di analisa I. Kalo search 8kotak.com bakal keluar detail dari domain mereka, jadi ternyata ownernya itu adalah S**** P***** yang dia bilang beralamat di Jalan Ke***** D***** I RT.0*/0* No. # Jakarta, 12520, selain itu nomer teleponnya adalah +68221***9024 (sensor ya ga baik mengumbar nama orang). Entah lah ini alamat dan nomer telepon beneran atau ngga. S**** P***** ini membawahi 2 website lain (yang paling terkenal) kalo semuanya sekitar 90 website, yaitu askf*ripurwo.com (yang udah forbidden) dan curh*ters.com (semacam website curhat yang harus registrasi). Kayaknya S**** P***** ini seseorang yang bekerja di bidang layanan media semacam langganan-langganan gitu deh. Waktu buka curh*ters.com dibawahnya ada promosi "ketik REG <spasi> Curhat. Kalo di telaah lagi, email admin-nya itu adalah j*r*my@z*ngmobile.com, dimana z*ngmobile itu adalah perusahaan media di Singapore, tetapi punya beberapa cabang termasuk Indonesia. Waktu gue search nama S**** P****** ini, ada Facebook-nya dan benar aja dia kerja di Z*ng Mobile. Kalo PT yang terpasang di 8kotak thanks itu, gue udah liat ada di list perusahaan resmi gitu, dia adalah penyedia konten provider memang, jadi agak banyak nih yang harus dihubungin untuk mengetahui siapa sesungguhnya pembajak itu. Kalo si S**** ****** itu menurut gue adalah orang yang dipesenin untuk membuat website. Akhirnya udah gue msg via Facebook daripada penasaran dan memakan lebih banyak korban huf. Jadi di analisa kedua gue adalah bahwa layanan provider Indonesia dibajak sama orang Singapore ataupun orang Indonesia yang bekerja di perusahaan Singapore (nah loh, bingung deh) hahaha.

TIPS
Mungkin satu-satunya tips adalah jangan browsing menggunakan provider maksudnya nomer telepon, prefer menggunakan wifi dan jangan buka website yang kurang meyakinkan. Kalo terpaksa ya jangan ninggalin pulsa banyak di hp, buat nelfon sms gunakan nomer lain yang tidak digunakan untuk browser. Selain itu kirim banyak-banyak keluhan di provider masing2 jika terjadi hal itu dan print screen! itu penting cyin. 

No comments:

Powered by Blogger.