Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

December 10, 2013


Kali ini gue mau share tata cara membayar pajak kendaraan di samsat. Sebenernya cara pembayaran untuk mobil dan motor itu sama saja kok. Kenapa gue terinspirasi buat nulis ini? Karena ternyata kakak gue kemarin belom tau tata cara pembayaran pajak kendaraan bermotor (sekarang udah tahu lah pasti) sehingga gue pikir pasti ada juga yang belum tahu.

Apa aja sih yang dibawa kalo mau bayar pajak?
1. STNK
2. BPKB
3. KTP nama yang tercantum di STNK
4. Uang buat bayar pajak

Tenang, kalo bayar pajak ini gak pake pungli kok. Gak kayak ngurus STNK atau BPKB yang ilang. Setau gue bayar pajak ini bisa dilakuin sebelum deket waktu jatuh tempo. Soalnya waktu STNK gue ilang, gue ditawarin buat sekalian bayar pajak tapi gue tolak soalnya masih beberapa bulan sebelumnya jadi gue pikir entaran aja.

Nah pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah menuju loket administrasi gitu (rada lupa namanya apa), tapi kalo samsatnya dua lantai pasti ada dibawah kok. Ini adalah loket pertama yang harus dilewatin untuk nentuin apa yang mau kalian lakukan di samsat. Seinget itu ada 2 map, merah sama kuning. Merah untuk mobil, kuning untuk motor, gak tau sih kalo udah diganti lagi warnanya. Nanti itu bakal dikasih map-nya sama kertas untuk nunjukkin keperluan apa yang dilakukan. Nah setelah itu kalian ke loket BBN, tumpuk berkas habis itu tunggu dipanggil aja. Nanti bakal dipanggil dan deketin deh loket yang manggil kalian (beda tempat loket sama BBN tadi). Habis itu kalian siapin duitnya trus bayar dikasir. Administrasi beres, kalian bakal dipanggil buat ngambil STNK, bungkus STNK yang baru sama KTP. Selesai deh.

Supaya lebih jelas, begini urutannya...
1. Menuju loket administrasi(masukin berbagai keperluan ke dalem map).
2. Menuju loket BBN  membawa map dengan berkas (nanti diatur sama mas masnya).
3. Tunggu panggilan sampe agak berkarat dikit.
4. Menuju loket yang memanggil kalian.
5. Menuju kasir untuk melakukan pembayaran sejumlah pajak kendaraan kalian.
6. Tunggu panggilan lagi (kalo ini gak nyampe 2 menit).
7. Menuju loket yang memanggil
8. Silakan berkendara dengan hati tenang!

No comments:

Powered by Blogger.